100 Soal dan Kunci Jawaban PPPK 2021 Try Out 1 - Cendekiapedia -->
100 Soal dan Kunci Jawaban PPPK 2021 Try Out 1

100 Soal dan Kunci Jawaban PPPK 2021 Try Out 1

cendekiapedia.blogspot.com - Salam sejahtera para guru yang akan melaksanakan seleksi PPPK 2021, nah kali ini blog Cendekiapedia akan memberikan Contoh 100 Soal Latihan PPPK Guru beserta Jawaban.

100 Soal dan Kunci Jawaban PPPK 2021 Try Out 1
PPPK

Soal ini bisa kamu pelajari dan semoga memberikan manfaat bagi guru-guru yang akan tes PPPK 2021 nantinya, tidak perlu khawatir juga sebab diakhir tulisan mas Hakim juga lampirkan link soal dalam bentuk pdf juga.

61. Treatment ( perlakuan ) dalam pelaksanaan pembelajaran pengayaan dapat dilakukan melalui beberapa metode antara lain yaitu dalam bentuk belajar mandiri dan belajar kelompok. Salah satu bentuk belajar mandiri merupakan kolaborasi dari program remedial dan pengayaan adalah...

a. Tugas proyek dan pemadatan kurikulum
b. Tugas proyek dan penelitian ilmiah
c. Tugas sebaya dan penelitian ilmiah
d. Tugas sebaya dan pemadatan kurikulum
e. Tutor sebaya dan pengembangan latihan

Kunci Jawaban A

Belajar kelompok, yaitu sekelompok peserta didik yang memiliki minat tertentu diberikan pembelajaran bersama di dalam maupun luar jam pelajaran; bentuk proyek dan penelitian ilmiah

Belajar mandiri, yaitu secara mandiri peserta didik belajar mengenai sesuatu yang diminati

Pemadatan kurikulum adalah pemberian pembelajaran hanya untuk kompetensi/materi yang belum diketahui peserta didik. Dengan demikian tersedia waktu bagi peserta didik untuk memperoleh kompetensi/materi baru, atau bekerja dalam proyek secara mandiri sesuai dengan kapasitas maupun kapabilitas masingmasing




62. Penilaian berbentuk penugasan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik menghasilkan karya tertentu yang dilakukan secara berkelompok

adalah ....

a. Penilaian proyek

b. Penilaian portofolio

c. Penilaian jurnal

d. Penilaian kinerja

e. Penilaian diri

Kunci Jawaban A

Penilaian Proyek: P keterampilan, menyelesaikan proyek tertentu, dilakukan berkelompok

Penilaian portofolio : P keterampilan, kumpulan karya siswa

Penilaian Jurnal : P Sikap, Unsur Utama

Penilaian kinerja : P Keterampilan, fokus pada proses dan hasil

Penilaian diri : P Sikap, Unsur Penunjang




63. Suatu acuan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, sehingga dapat membantu proses belajar peserta didik secara optimal ....

a. Deskripsi mata pelajaran

b. Pengalaman belajar

c. Silabus mata pelajaran

d. Struktur pembelajaran

e. Kompetensi Dasar

Kunci jawaban C

Silabus sebagai pedoman pengembangan perangkat pembelajaran lebih lanjut, mulai dari perencanaan, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian.

Kompetensi Dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusun indikator kompetensi.

Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum

Pengalaman belajar (learning experience) adalah sejumlah aktivitas siswa yang dilakukan untuk memperoleh informasi dan kompetensi baru sesuai dengan tujuan yang dikehendaki.

Deskripsi mata pelajaran adalah hal hal yang menyangkut pelajaran tertentu, susunan materi dan karakterstiknya.




64. Perhatikan berikut!

1. Membuat soal

2. Menyusun kisi-kisi

3. Analisis silabus

4. Membuat kunci jawaban

5. Menyusun pedoman penskoran

6. Menyusun lembar jawaban

Urutan langkah-langkah menyusun soal tes yang benar adalah....

a. 3, 2, 1, 6, 5, 4

b. 3, 2, 1, 6, 4, 5

c. 3, 2, 1, 5, 6, 4

d. 1, 2, 3, 4, 5, 6

e. 6, 5, 4, 3, 2, 1

Kunci Jawaban B




Langkah-langkah menyusun kisi-kisi soal

1. Analisis silabus

2. Menyusun kisi-kisi

3. Membuat soal

4. Menyusun lembar jawaban

5. Membuat kunci jawaban

6. Menyusun pedoman penskoran

65. Prosedur yang digunakan dalam penilaian menggunakan tes adalah ....

a. Menentukan tujuan penilaian, apakah untuk penilaian harian, tengah semester, akhir semester atau penilaian akhir dalam satuan pendidikan

b. Menentukan aspek keterampilan atau nilai-nilai yang diintegrasikan

c. Menyusun rubrik pengamatan

d. Merumuskan indikator pencapaian aspek keterampilan

e. Menetapkan skor tiap-tiap tingkatan

Kunci Jawaban A




A. Penilaian pengetahuan

B. Penilaian keterampilan

C. Penilaian keterampilan praktik

D. Penilaian keterampilan

E. Penilaian keterampilan

66. Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah discovery learning. Salah satu langkah model tersebut siswa diberikan kesempatan mengolah data dan informasi yang telah diperoleh melalui berbagai aktifitas. Untuk pembelajaran hubungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem, maka hasil pengolahan data yang akan disajikan oleh siswa adalah …

a. Tabel hubungan kelompok tumbuhan dan hewan

b.Tabel kelompok makhluk hidup sesuai dengan perannya di dalam ekosistem

c. Skema rantai makanan dan jaring makanan dalam suatu ekosistem

d. Gambar hubungan timbal balik antar makhluk hidup dalam ekosistem

Kunci Jawaban C




67. Bapak Roni adalah guru Mata pelajaran X. Hari itu ia mengajar bahasa Indonesia dengan fokus “Membaca”.

Setelah melaksanakan kegiatan awal dengan baik, Pak Roni masuk ke inti pelajaran.

Pak Roni mengingatkan agar siswa memperhatikan contoh cara membaca teks “ Bergotong royong” dengan suara jelas selama 2 menit.

Siswa menyimak dengan seksama, tidak ada satu pun yang rebut.

Setelah selesai Pak Roni menyuruh siswa satu persatu ke depan kelas untuk membaca.

Jenis membaca yang diajarkan Pak Roni adalah ….

a. Membaca pemahaman

b. membaca dalam hati

c. Membaca nyaring

d. membaca permulaan

Kunci Jawaban C




68. Untuk melaksanakan penilaian terhadap peserta didik dalam keterampilan proses IPA, nilainya bisa didapatkan dengan cara …

a. Memperlihatkan gambar-gambar hewan yang ada di Indonesia

b. Menjelaskan materi IPA yang akan dipraktekan

c. Menunjukkan habitat laut dan habitat darat

d. Menugasi peserta didik melakukan praktikum IPA

Kunci Jawaban D




69. Pembelajaran kontektual dalam IPA pada siswa kelas I SD, khususnya pemodelan harus mengakomodasi karakteristik perkembangan peserta didik.

Pemodelan yang sesuai untuk kegiatan mengidentifikasi bagian-bagian anggota tubuh adalah…

a. Mengamati gambar tubuh manusia

b. Memperagakan tubuh diri sendiri

c. Memasangkan kartu kata dengan anggota tubuh

d. Tanya jawab nama bagian-bagian anggota tubuh

Kunci Jawaban B




70. Budi seorang anak berusia 7 tahun dan sedang belajar bahasa Indonesia. Ketika guru mengajarkan membaca permulaan, Budi mengikuti dan berusaha menguasai huruf-huruf yang dibacanya. Kegiatan yang dilakukan oleh Budi adalah ...

a. Mendengar

b. Melihat

c. Imitasi

d. Menghafal

Kunci Jawaban C




71. Pelaksanaan pendidikan nilai selain dapat melalui taksonomi Bloom dkk, dapat juga menggunakan jenjang afektif berupa ....

a. Penerimaan nilai (receiving), penaggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (organization), individualissai nilai (characterization).

b. Penerimaan nilai (receiving), penaggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (transfering), karaterisasi nilai (characterization).

c. Penerimaan nilai (receiving), penaggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (organization), karaterisasi nilai (characterization).

d. Penerimaan nilai (receiving), penerapan nilai (emphaty), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (organization), karaterisasi nilai (characterization).

Kunci Jawaban C




72. Cerita atau kasus dapat dijadikan contoh dalam pembelajaran PKn. Media yang efektif dalam menyajikan cerita atau kasus adalah ….

a. Media audio

b. Media visual

c. Media gambar

d. media audiovisual

Kunci Jawaban D




73. Hasil penilaian dan evaluasi terhadap proses belajar mengajar dapat dimanfaatkan sebagai ....

a. Bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya

b. Penentuan ranking kelas

c. Bahan mengisi rapor siswa

d. Penentuan ranking sekolah

Kunci Jawaban A




74. Untuk memfasilitasi siswa menemukan pengetahuan tentang makanan sehat secara konkrit dan bermakna. Sesuai tahap perkembangan siswa

a. Mengamati power poin

b. Gambar makanan sehat

c. Kartu makanan

d. Mengamati berbagai makanan sehat

Kunci Jawaban D




75. Ali ketika diadakan ulangan akhir semestersecara diam-diam dia menyontek. Guru mengalami kesulitan mengatasi hal ini. Tindakan yang tepat dilakukan guru, kecuali

a. Membiasakan siswa berperilaku jujur

b. Guru menjelaskan pada siswa untuk bekerja sendiri

c. Menyontek merupakan perbuatan tidak baik dan harus dihindari

d. Memberikan peluang siswa menjelaskan mengapa dia menyontek

Kunci Jawaban D




76. Jika rumusan indicator “terampil mengkomunikasikan hasil kerja dalam bentuk laporan kegiatan,” maka aspek-aspek penilaian untuk menilai indicator tersebut adalah….

a. Sistematika laporan, isi laporan , data obyektif

b. Sistematis, komunikatif lancar, intonasi, dan ekspresif

c. Sistematika laporan, keberanian, intonasi, dan ekspresi

d. Sistematika, isi laporan, keberanian, intonasi, dan ekspresi serta onyektif

Kunci Jawaban C




77. Untuk membelajarkan kompetensi dasar “mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampua awal/prasarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan….

a. Membuat karangan diskriptif

b. Membaca kalimat sederhana

c. Melengkapi kalimat belum selesai

d. Menyusun kalimat sederhana

Kunci Jawaban D




78. Berdasarkan pendekatan saintifik, siswa melakukan eksperimen untuk menemukan hubungan volume tabung dengan volume kerucut dengan cara…..

a. Memilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggi sama, kemudian kerucut diisi pasir dan diisikan pada tabung sebanyak tiga kali.

b. Memilih alat peraga tabung dan kerucut, kemudian kerucut diisi pasir dan diisikan pada tabung sebanyak tiga kali

c. Memilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggi sama, kemudian tabung diisi pasir dan diisikan pada kerucut sebanyak tiga kali

d. Memilih alat peraga tabungdan kerucut, kemudian tabung diisi pasir dan diisikan pada kerucut sebanyak tiga kali

Kunci Jawaban A




79. Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah discovery learning. Salah satu langkah model tersebut adalah identifikasi masalah. Pada tahap tersebut, siswa diberikan kesempatan mengidentifikasikan sebanyak-banyaknya masalah yang relevan dengan bahan pelajaran. Untuk pembelajaran hubungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem khususnya rantai makanan danjaring-jaring makanan, maka kegiatan identifikasi masalah yang paling benar adalah…..

a. Siswa berdiskusi untuk menentukan rumusan masalah

b. Siswa berdiskusi untuk merumuskan hipotesis

c. Siswa berdiskusi tentang jawaban masalah

d. Siswa berdiskusi untuk membuat pertanyaan

Kunci Jawaban A




80. Pak Kama mengadakan ulangan dengan KD menentukan hasil operasi bilangan bulat. Dari 32 siswa ternyata 22 siswa yang tidak tuntas KKM. Apa yang sebaiknya dilakukan pak Karna...

A. mengadakan pengayaan kepada 10 siswa

B. mengadakan remedial untuk 22 siswa di bawah KKM

C. melakukan pembelajaran ulang dengan media dan metode pembelajaran berbeda

D. melakukan pengayaan untuk seluruh siswa

E. memberikan tugas mandiri kepada 22 siswa yang tidak tuntas

Kunci Jawaban C

Pembahasan

Aturan remidial jika persentase peserta remidial

0% - <20% bimbingan individu/tugasmandiri/ tutor sebaya

20% - <50% bimbingan dalam kelompok belajar

>50% pembelajaran ulang

Prosentase tidak tuntas = 22/32 x 100% = 69%




81. Guru mengadakan penilaian yang mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan dan mencakup semua aspek kompetensi baik afektif kognitif dan psikomotorik itu adalah prinsip penilaian...

A. Beracuan kriteria dan menyeluruh

B. Beracuan kriteria dan Sistematis

C. akuntabel dan menyeluruh

D. objektif dan menyeluruh

Kunci Jawaban A

Menyeluruh berarti penilaian mencakup semua aspek kompetensi Beracuan Kriteria artinya penilaian berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan




82. Hasil pengolahan nilai Bahasa inggris oleh Pak Rudi menampilkan bahwa dari 32 siswa kelas 7 ternyata 28 siswa memperoleh nilai di atas atau mencapai KKM. KKM yang di tetapkan untuk pelajaran Bahasa inggris adalah 70. dan 4 siswa mendapat nilai dibawah KKM yang ditetapkan.

Dari ilustrasi diatas penilaian yang demikian disebut penilaian...

a. Penilaian acuan Patokan

b. Penilaian acuan norma

c. Penilaian obyektif

d. Penilaian terpadu

e. Penilaian menyeluruh

Kunci Jawaban A




PAP merupakan suatu cara menentukan kelulusan siswa dengan menggunakan sejumlah patokan Didasarkan pada batas kelulusan (KKM).

Penilaian Acuan Norma (PAN) adalah penilaian yang dilakukan dengan mengacu pada norma kelompok atau nilai-nilai yang diperoleh siswa dibandingkan dengan nilai-nilai siswa lain dalam kelompok Terpadu, berarti penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen kegiatan pembelajaran.

Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian mencakup semua aspek kompetensi Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas tanpa dipengaruhi oleh subjektivitas penilai

83. Dalam memberikan nilai pada penilaian harian Pak Aan Guru bahasa Jawa melakukan pengkategorian. Siswa yang skor tesnya dibawah 40 maka mendapat nilai 70, skor antara 40 sampai 50 mendapat nilai 80 dan skor diatas 50 maka diberikan nilai 90. Hal tersebut adalah penilaian jenis...

a. Penilaian acuan Patokan

b. Penilaian acuan norma

c. Penilaian obyektif

d. Penilaian terpadu

e. Penilaian menyeluruh

Kunci Jawaban B

PAP merupakan suatu cara menentukan kelulusan siswa dengan menggunakan sejumlah patokan Didasarkan pada batas kelulusan (KKM).

Penilaian Acuan Norma (PAN) adalah penilaian yang dilakukan dengan mengacu pada norma kelompok atau nilai-nilai yang diperoleh siswa dibandingkan dengan nilai-nilai siswa lain dalam kelompok Terpadu, berarti penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen kegiatan pembelajaran.

Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian mencakup semua aspek kompetensi Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas tanpa dipengaruhi oleh subjektivitas penilai




84. Langkah langkah menulis soal tes uraian sebagai berikut kecuali....

A. Melakukan analisis KI dan KD serta indikator

B.mendefinisikan tujuan-tujuan pembelajaran dan lingkup bahan ajar yang mestinya diungkap.

C. menyusun kisi-kisi.

D. membuat atau menulis soal

E. Membuat pedoman penskoran.

Kunci Jawaban A




Langkah langkah menulis soal tes uraian

1. mendefinisikan tujuan-tujuan pembelajaran dan lingkup bahan ajar yang mestinya diungkap.

2. menyusun kisi-kisi

3. membuat atau menulis soal sekaligus dengan kunci jawaban.

4. mengorganisasikan tes menurut tipe-tipe soal yang dibuat.

5. membuat petunjuk pengerjaan soal dan penskoran.

6. mengadakan uji coba

7. merevisi soal.

85. Pernyataan yang betul untuk tes formatif adalah...

A. Nilai maksimum adalah nilai jumlah adanya soal

B. Nilai minimum adalah sejumlah adanya soal

C. nilai maksimum butir soal benar adalah 1

D. Nilai minimum butir soal benar adalah 1

Kunci Jawaban C

Tes formatif dimaksudkan untuk memantau sampai sejauh mana peserta mencapai kemajuan belajar. Kemajuan belajar dinilai dari perkembangkan siswa menguasai setiap indikator kompetensi. Indikator butir soal yang benar kita nilai 1 yang belum benar kita nilai 0. Maka nanti akan terlihat kompetensi yang belum tercapai.




86. Perhatikan tabel dibawah ini.

Nilai P, Q, R, S berturut turut adalah....

a. 87;70;92;79

b. 87;75;92;79

c. 87;75;92;82

d. 88;66;92;75

Kunci Jawaban B




KD 4.1 karena hanya 1 jenis penilaian maka P = 87

KD 4.2 ada 2 penilaian tapi dalam satu jenis penilaian yaitu praktik maka pilih yang paling baik. Jadi Q = 75

KD 4.3 hanya ada satu penilaian maka R = 92

KD 4.4 memiliki 2 jenis penilaian yang berbeda maka hasil akhir penilaian adalah rata rata dari 75 dan 82 yaitu 8

87. Berikut adalah tugas dan kewenangan satuan pendidikan dalam penilaian hasil belajar peserta didik kecuali....

a. Menetapkan Standar ketuntasan belajar yang harus dicapai peserta didik

b. Menetapkan kriteria kenaikan kelas

c. Menetapkan kriteria kelulusan peserta didik

d. Melakukan penilaian akhir dan ujian sekolah

e. Menjadi panitia pelaksana ujian nasional tingkat satuan pendidikan

Kunci Jawaban E




Panitia pelaksana ujian nasional tingkat satuan pendidikan ditetapkan oleh dinas pendidikan.

88. Karakteristik silabus pada implementasi penyempurnaan kurikulum 2013 adalah...

a. Berisi aspek yang lengkap sehingga mempermudah pendidik dalam menyusun Rencana pembelajaran

b. Hanya menyajikan 3 aspek yakni kompetensi dasar, materi pokok dan kegiatan pembelajaran

c. Fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi pembelajaran

d. Disajikan sederhana sehingga mudah

e. Kurang detail sehingga kurang memberikan peluang kreativitas guru

Kunci Jawaban A




89. Perkembangan teknologi memungkinkan pembelajaran tidak lagi dilakukan tatap muka di dalam kelas akan tetapi juga bisa dilakukan secara virtual atau jarak jauh dengan prinsip prinsip pembelajaran berbasis teknologi. Pembelajaran model ini berbasis web dan bisa di akses menggunakan jaringan internet dimanapun dan kapanpun siswa berada. Pembelajaran yang demikian disebut pembelajaran...

a. Blended learning

b. E learning

c. Learning by doing

d. Self learning

e. Effisien learning

Kunci Jawaban B




Elearning adalah pembelajaran yang dilakukan secara daring berbasis web atau sejenisnya.

Blended learning adalah merupakan kombinasi antara pembelajaran dalam jaringan dan luar jaringan

90. Seorang guru sebelum melaksanakan pembelajaran mempersiapkan perangkat pembelajaran . setelah menyusun indikator pembelajaran lalu menyusun tujuan pembelajaran. Hal ini termuat dalam....

a. Silabus pembelajaran

b. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

c. Rencana penilaian pembelajaran

d. Analisis KI dan KD

e. Program semester

Kunci Jawaban B




Indikator dan tujuan pembelajaran adalah komponen dari rencana pelaksanaan pembelajaran. Pada silabus tidak terdapat indikator dan tujuan pembelajaran.

91. Silabus dan RPP adalah pedoman bagi guru dalam melaksankan pembelajaran yang berupa rencana pembelajaran. Perbedaan antara silabus dan RPP(rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah ....

a. Silabus berisi kompetensi dasar dan RPP berisi kegiatan belajar yang diarahkan untuk mencapai kompetensi dasar

b. Silabus berasal dari pengembangan standar isi dan standar kompetensi lulusan dan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

c. RPP dibuat oleh setiap guru dan silabus dibuat oleh tim guru

d. RPP dibuat oleh guru sedangkan silabus dibuat oleh satuan pendidikan

e. Silabus berisi rincian kegiatan pembelajaran sedangkan RPP berisi pendekatan penilaian hasil belajar.

Kunci Jawaban A

Silabus berisi kompetensi dasar dan RPP berisi kegiatan belajar yang diarahkan untuk mencapai kompetensi dasar

KI dan KD dikembangkan dari standar kompetensi lulusan.

Silabus dikembangkan dari KI dan KD sementara RPP mengembangkan KD kedalam indikator pencapaian kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran.

RPP disusun oleh masing masing guru sedangkan silabus dikembangkan oleh kemendikbud.




92. Dari hasil penilaian guru diperoleh beberapa siswa mencapai kriteria ketuntasan belajar dan ada juga yang belum mencapai kriteria ketuntasan belajar. Dari hasil oleh nilai tersebut dapat dijadikan sebagai bahan guru untuk melakukan tindak lanjut pembelajaran.

Yang merupakan pemanfaatan hasil penilaian guru adalah....kecuali

a. Memperbaiki program pembelajaran

b. Menyelenggarakan program pembelajaran bagi siswa yang hasilnya rendah

c. Menyelenggarakan pengayaan bagi siswa yang hasilnya tinggi.

d. Mengadministrasikan hasil penilaian

e. Menyusun laporan hasil penilaian

Kunci Jawaban




Tujuan dari analisis hasil penilaian adalah

1. Memperbaiki program pembelajaran

2. Menyelenggarakan program pembelajaran bagi siswa yang hasilnya rendah

3. Menyelenggarakan pengayaan bagi siswa yang hasilnya tinggi.

4. Menyusun laporan hasil penilaian

93. Pada sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tertulis contoh rumusan indikator kompetensi “menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras”, jika pendidik ingin menyusun menjadi tujuan pembelajaran maka rumusan yang tepat adalah....

a. Setelah melaksanakan proses pembelajaran melalui praktik, siswa dapat mejelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, komponen proses dan komponen output.

b. Setelah melaksanakan pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, siswa dapat mejelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar.

c. Siswa dapat menjelaskan operasi sistem dan komponen perangkat keras meliputi komponen input, proses dan output secara benar

d. Menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras komponen input, proses dan output tanpa melihat catatan

e. Setelah melaksanakan pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi materi kondisi operasi sistem dan perangkat keras dan komponen perangkat keras secara benar tanpa melihat catatan

Kunci Jawaban B




Tujuan pembelajaran meliputi komponen

A (audience) dalam hal ini siswa

B (behavior) dalam hal ini perilaku peserta didik yang diukur misalkan menjelaskan kondisi operasi sistem dan perangkat keras

C (Condition) dalam hal ini kondisi yang diperlukan agar perilaku yang diukur dapat tercapai misalkan setelah melaksanakan pembelajaran melalui...

D (degree) adalah tingkatan perilaku misalkan dengan benar, dengan teliti, dengan tepat, dengan akurat dll

94. Guru setelah pembelajaran langsung memberikan penilaian praktik terhadap siswa dan mengumumkan hasilnya untuk siswa. Bagaimana pendapat anda tentang hal ini...

a. Bagus karena guru tersebut telah menerapkan prinsip transparan

b. Bagus karena guru dapat mengetahui mana siswa yang sudah bisa dan mana siswayang belum bisa

c. Kurang setuju karena seharusnya penilaian yang dipakai adalah proyek atau produk

d. Kurang setuju Seharusnya sebelum menilai guru membuat rubrik penilaian dulu agar hasilnya dapat terukur sesuai kriteria

e. Mengumumkan hasil penilaian di depan kelas menyebabkan siswa yang lemah kemampuannya akan merasa malu

Kunci jawaban D




Dalam menilai praktik langkah utamnya adalah membuat rubrik penilaian yang berisi serangkaian kegiatan yang akan diamati sejak awal sampai akhir.

95. Dalam menentukan jumlah alokasi waktu pada Kompentensi dasar Bu Dina selalu memperhatikan aspek aspek dibawah ini kecuali....

a. Jumlah minggu efektif

b. Jumlah dan keluasan KD

c. Kedalaman dan tingkat kesulitan KD

d. Tingkat kepentingan KD

e. Jangka waktu penggunaan media.

Kunci Jawaban E




Hal hal yang perlu diperhatikan pada saat menentukan alokasi waktu KD adalah

1. Jumlah minggu efektif

2. Jumlah dan keluasan KD

3. Kedalaman dan tingkat kesulitan KD

4. Tingkat kepentingan/urgensi KD

96. Penentuan alokasi waktu pada silabus berdasarkan....

a. Program tahunan

b. Program semester

c. Analisis minggu efektif

d. Kedalaman materi

e. SKL dan Standar Isi

Kunci Jawaban C




Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar di silabus didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar

97. Jika pada silabus terdapat diksi “ memecahkan masalah sampah” hal itu terdapat pada komponen....

a. Materi pembelajaran

b. Kegiatan pembelajaran

c. Kompetensi Dasar

d. Indikator pencapaian kompetensi

e. Penilaian

Kunci Jawaban C




Materi tidak memimiik kata kerja operasional(KKO)

Kegiatan pembelajaran meliputi langkah pendahuluan, Isi, penutup

Kompetensi dasar memiliki KKO

Indikator pencapaian kompetensi (IPK) bukan merupakan komponen Silabus

98. Kumpulan tugas siswa yang akan dijadikan bahan untuk menyusun laporan hasil belajar kepada orang tua di sebut penilaian...

a. Jurnal

b. Portofolio

c. Raport

d. Produk

e. Kinerja

Kunci Jawaban B




Jurnal = catatan pendidik didalam dan diluar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik

Portofolio= kumpulan tugas, karya, yang dihasilkan peserta didik sebagai bahan penilaian

Produk = jenis penilaian keterampilan dalam menghasilkan produk

Kinerja = penilaian yang mengakomodasi kompetensi proses dan produk hasil

Raport = 𝑙𝑎𝑝𝑜𝑟𝑎𝑛 𝑎𝑘ℎ𝑖𝑟 ℎ𝑎𝑠𝑖𝑙 𝑏𝑒𝑙𝑎𝑗𝑎𝑟 𝑡𝑖𝑎𝑝 𝑠𝑒𝑚𝑒𝑠𝑡𝑒𝑟

99. Perhatikan teknik teknik penilaian berikut!

1. Observasi

2. Pertanyaan langsung

3. Laporan tertulis

4. Laporan diri

5. Tes tertulis

Teknik penilaian sikap yang tepat adalah...

a. 1, 2, 3

b. 1 , 3, 5

c. 1, 2, 4

d. 1, 2, 5

e. 1, 4, 5

Kunci Jawaban C




𝑇𝑒𝑘𝑛𝑖𝑘 𝑝𝑒𝑛𝑖𝑙𝑎𝑖𝑎𝑛 𝑠𝑖𝑘𝑎𝑝

1. Observasi (pengamatan)

2. Penilaian diri

3. Penilaian antar teman

4. Jurnal

Pertanyaan langsung (interview)




100. Penilaian yang tepat untuk mengukur kemampuan siswa dalam membuat produk produk teknologi dan seni seperti makanan , pakaian, hasil karya seni (patung, lukisan, gambar) adalah....

a. Penilaian sikap

b. Penilaian produk

c. Penilaian praktik

d. Penilaian proyek

e. Penilaian portofolio




Kunci Jawaban B

P. Produk : membuat produk

P. Kinerja menunjukkan kinerja/ melakukan serangkaian kegiatan

P Proyek : Tugas berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data Portofolio : kumpulan tugas, karya, yang dihasilkan peserta didik

Demikianlah 40 Soal PPPK 2021 | Soal Kompetensi Teknis Beserta Penjelasan Jawabannya untuk Calon Guru PPPK 2021. Silahkan bagikan kepada teman dan saudara Anda semoga bermanfaat dan menjadi bahan belajar untuk persiapan mengikuti seleksi PPPK.

A. Insight
B. Kognitif  (👈 jawaban)
C. Conditioning
D. Connectionism

Bagi yang mencari versi PDFnya bisa unduh file soal-soal ini melalui link dibawah ini:

Sekian dulu tulisan 35 Soal Latihan PPPK Guru beserta Jawaban, semoga bermanfaat bagi kawan-kawan guru dan mampu meluluskan seleksi PPPK 2021, amiin.

Penulis @hakimlfc13

cpns 2021
cpns 2021 kapan
cpns 2021 guru
cpns 2021 kapan dibuka
cpns 2021 lulusan sma
cpns 2021 bulan apa
cpns 2021 maret
cpns 2021 kesehatan
cpns 2021 formasi
cpns 2021 apakah ada
cpns 2021 akan dibuka
cpns 2021 ada
cpns 2021 adakah
cpns 2021 awal maret
cpns 2021 apa saja
cpns 2021 akuntansi
cpns 2021 apoteker
cpns 2021 bkn
cpns 2021 bulan
cpns 2021 batal
cpns 2021 bulan berapa
cpns 2021 bulan maret
cpns 2021 bidan
cpns 2021 brebes
cpns 2021 cilacap
cpns 2021 cnn
cpns 2021 cumlaude
cpns 2021 cara daftar
cpns 2021 cakim
cpns 2021 contoh soal
cpns 2021 tjahjo kumolo
cpns 2021 ciamis
cpns 2021 ditiadakan
cpns 2021 dosen
cpns 2021 dibuka bulan maret
cpns 2021 dibatalkan
cpns 2021 dokter
cpns 2021 d3
cpns 2021 dan pppk
cpns 2021 detik
cpns 2021 ekonomi
cpns 2021 esdm
ebook cpns 2021
ebook cpns 2021 pdf
cpns 2021 formasi guru
cpns 2021 formasi sma
cpns 2021 farmasi
cpns 2021 formasi umum
cpns 2021 formasi kesehatan
cpns 2021 formasi perawat
cpns 2021 februari
cpns 2021 guru sd
cpns 2021 grobogan
cpns 2021 guru honorer
cpns 2021 gagal
cpns 2021 guru pai
cpns 2021 guru tk
cpns 2021 guru bahasa inggris
cpns 2021 honorer
cpns 2021 hukum
cpns 2021 hakim
cpns 2021 hoax
cpns 2021 hari ini
cpns 2021 harus ada toefl
cpns 2021 harus toefl
cpns 2021 hanya pppk
cpns 2021 info
cpns 2021 ipk
cpns 2021 ijazah sma
cpns 2021 ilmu komunikasi
cpns 2021 instagram
cpns 2021 indramayu
cpns 2021 imigrasi
cpns 2021 instansi
cpns 2021 jateng
cpns 2021 jurusan apa saja
cpns 2021 jepara
cpns 2021 jadwal
cpns 2021 jpnn
cpns 2021 jakarta
cpns 2021 jalur cumlaude
cpns 2021 januari
cpns 2021 kemenkumham
cpns 2021 kota semarang
cpns 2021 kebumen
cpns 2021 kudus
cpns 2021 kemenkes
cpns 2021 lulusan smk
cpns 2021 lulusan sma/smk
cpns 2021 lulusan s1
cpns 2021 lulusan d3
cpns 2021 liputan 6
cpns 2021 lowongan
cpns 2021 link
cpns 2021 magelang
cpns 2021 menpan rb
cpns 2021 mahkamah agung
cpns 2021 manajemen
cpns 2021 menpan
cpns 2021 maret formasi
cpns 2021 ma
cpns 2021 ntt
cpns 2021 nilai skd 2019
cpns 2021 ntb
cpns 2021 ngawi
cpns 2021 nganjuk
cpns 2021 nilai skd
cpns 2021 online
cpns 2021 okezone
cpns 2021 oktober
pendaftaran cpns 2021 online
soal cpns 2021 online
tes cpns 2021 online
daftar cpns online 2021
cpns 2021 pendaftaran
cpns 2021 perawat
cpns 2021 pertanian
cpns 2021 pati
cpns 2021 pemalang
cpns 2021 pppk
cpns 2021 pekalongan
cpns 2021 pdf
cpns 2021
cpns 2021 rekam medis
cpns 2021 resmi
cpns 2021 rejang lebong
cpns 2021 riau
cpns 2021 resmi dibuka
cpns 2021 radiologi
cpns 2021 kemenpan rb
cpns 2021 sma
cpns 2021 semarang
cpns 2021 smk
cpns 2021 sragen
cpns 2021 syarat
cpns 2021 surakarta
cpns 2021 s1
cpns 2021 salatiga
cpns 2021 tenaga kesehatan
cpns 2021 tidak ada
cpns 2021 telegram
cpns 2021 tenaga teknis
cpns 2021 terbaru
cpns 2021 tanggal
cpns 2021 temanggung
cpns 2021 teknik sipil
cpns 2021 untuk sma
cpns 2021 untuk smk
cpns 2021 untuk guru
cpns 2021 untuk umum
cpns 2021 untuk honorer
cpns 2021 umum
cpns 2021 untuk perawat
cpns 2021 untuk lulusan smk
viracun cpns 2021
cpns 2021 wonogiri
cpns 2021 web
cpns 2021 wonosobo
cpns 2021 wajib toefl
cpns 2021 website
wacana cpns 2021
waktu cpns 2021
cpns 2021 yogyakarta
cpns 2021 youtube
cpns 2021 yang dibutuhkan
cpns 2021 kapan buka
tes cpns 2021 kapan dibuka
pembukaan cpns 2021 kapan
cpns tahun 2021 kapan dibuka
lowongan cpns 2021 kapan
kapan cpns 2021 dilaksanakan
kapan cpns 2021 akan dibuka
cpns 2021 aceh
cpns 2021 ada atau tidak
cpns 2021 bali
cpns 2021 formasi apa saja
cpns 2021 passing grade
cpns 2021 khusus honorer
cpns 2021 jawa timur
cpns 2021 jogja
cpns 2021 jawa barat
cpns 2021 jember
cpns 2021 kemenag
cpns 2021 kalsel
cpns 2021 kompas
cpns 2021 kemenkeu
cpns 2021 kemendikbud
cpns 2021 lampung
cpns 2021 medan
cpns 2021 malang
cpns 2021 penyuluh pertanian
cpns 2021 pupr
cpns 2021 papua
cpns 2021 palembang
lowongan cpns 2021
kapan rekrutmen cpns 2021
cpns 2021 sipir
cpns 2021 surabaya
cpns 2021 segera dibuka
cpns 2021 sidoarjo
cpns 2021 tamatan sma
cpns 2021 tangerang
cpns 2021 tidak jadi
cpns 2021 untuk lulusan sma
cpns 2021 untuk s2
kapan ujian cpns 2021
cpns 2021 guru matematika
cpns 2021 guru bahasa arab
cpns 2021 guru bahasa indonesia
cpns 2021 guru bk
cpns 2021 guru biologi
cpns 2021 1 juta guru
kuota cpns guru 2021
lowongan cpns guru 2021
cpns 2021 guru paud
penerimaan cpns 2021 guru
syarat cpns 2021 guru
tes cpns guru 2021
penerimaan cpns guru tahun 2021
cpns 2021 batal dibuka
kapan cpns 2021 dibuka kembali
kapan pendaftaran cpns 2021 dibuka
penerimaan cpns 2021
pppk 2021 untuk honorer
pppk 2021 jalur umum
pppk 2021 untuk umum atau honorer
pppk 2021 formasi
syarat pppk 2021
syarat pppk 2021 guru
pppk untuk umum 2021

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "100 Soal dan Kunci Jawaban PPPK 2021 Try Out 1"

Post a Comment

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel