Skema Penyaluran Dana BOS Terbaru Bikin Gaji Guru Naik, Alhamdulillah Simak Rinciannya - Cendekiapedia -->
Skema Penyaluran Dana BOS Terbaru Bikin Gaji Guru Naik, Alhamdulillah Simak Rinciannya

Skema Penyaluran Dana BOS Terbaru Bikin Gaji Guru Naik, Alhamdulillah Simak Rinciannya

cendekiapedia.blogspot.com - Skema penyaluran dana BOS formal diubah oleh Pemerintah Republik Indonesia. Kini, dana tersebut segera dikirimkan ke rekening sekolah, tidak ulang melalui rekening kas umum daerah. 


Perubahan kronologis distribusi ini dijalankan untuk menaikkan efektivitas penggunaan dana BOS oleh sekolah. Selain itu, sistem pencairan juga menjadi lebih cepat. 

Kebijakan terakhir ini disambut baik oleh pihak sekolah. Andi Umar Patta, Kepala Sekolah SMKN 10 Makassar menyatakan pengiriman dana BOS segera ke sekolah membawa dampak sekolah dapat leluasa membawa dampak rencana dan memakai anggaran. 

"Harapan kita dengan penyaluran dana BOS segera ke sekolah, pencairannya lebih pas waktu. Semua (rencana) pembelanjaan sesuai dengan harapan kita," kata Andi kepada detikcom, Selasa 

Selain mengubah jalan distribusi, pemerintah juga menetapkan kenaikan batas maksimal alokasi anggaran untuk gaji guru honorer menjadi 50 persen. Dengan adanya ketentuan tersebut, hampir dipastikan para guru honorer meraih kenaikan gaji dari yang di terima sementara ini. 

"Sudah tentu tersedia kenaikan gaji (guru honorer) sesudah kebijakan ini. Sementara kita buatkan hitung-hitungannya, yang tentu bakal naik," tegas Andi. 

Alur birokrasi pendistribusian dana BOS ini juga dapat mempercepat dukungan gaji untuk guru honorer. Saat ini, kata Andi, guru honorer meraih gaji tiap-tiap tiga bulan, sesuai dengan sementara pencairan dana BOS. 

"Kalau pada mulanya kita bayarkan cash, harapan kita (dengan kebijakan baru, gaji) dapat disalurkan melalui rekening. Lebih cepat dan untuk pertanggungjawaban kita untuk pelaporan," ujar Andi tentang dukungan gaji guru honorer. 

Pembaruan kebijakan penggunaan dana Bos ini juga bakal menaikkan kualitas pendidikan untuk siswa. Untuk siswa SMK, dana tersebut digunakan untuk menyediakan peralatan dan bahan praktik yang memadai. 

Selain itu, anggaran dari dana BOS juga dialokasikan untuk pembangunan layanan dan prasarana sekolah. Tujuannya supaya siswa meraih layanan yang lebih lengkap dan nyaman sepanjang belajar di sekolah. 

"Penggunaan dana bos ini untuk beberapa kegiatan, (antara lain) pengembangan profesi guru, perawatan layanan dan prasarana, pengadaan barang ajar, kebutuhan ekstrakurikuler. Itu perlu tersedia semua. Itu sudah ketentuan baku dari pemerintah," papar Andi.

Edit @hakimlfc13
Sumber detik

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "Skema Penyaluran Dana BOS Terbaru Bikin Gaji Guru Naik, Alhamdulillah Simak Rinciannya"

Post a Comment

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel