Cara Membatalkan dan Mengajuan Kembali NUTPK - Cendekiapedia -->
Cara Membatalkan dan Mengajuan Kembali NUTPK

Cara Membatalkan dan Mengajuan Kembali NUTPK

cendekiapedia.blogspot.com - Cara membatalkan dan mengajuan kembali NUTPK. NUPTK sendiri merupakan singkatan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang merupakan Nomor Induk bagi seorang Pendidik atau Tenaga Kependidikan.

Cara Membatalkan dan Mengajuan Kembali NUTPK
NUPTK

NUPTK diberikan kepada seluruh PTK baik PNS maupun Non-PNS sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.

NUPTK terdiri dari 16 nomer unik yang tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan berpindah tempat mengajar, perubahan riwayat, stastus kepegawaian, atau terjadi perubahan data lainnya.

NUPTK merupakan syarat bagi seorang guru untuk dapat megikuti berbagai program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Terutama terkait pemberian tunjangan profesi guru

NUPTK dapat dibatalkan atau ditunda penerbitan Nomor Unik PTKnya apabila memenuhi kondisi sebagai berikut:
  1. PTK yang bersangkutan sudah tidak aktif lagi sebagai PTK
  2. PTK yang bersangkutan memiliki lebih dari satu NUPTK
  3. PTK tidak mencantumkan data-data dengan benar, terutama untuk data-data yang sifatnya penting dan wajib untuk diisi ( Tempat Tugas, Nama, Jenis Kelamin, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Agama, Alamat, Riwayat Pendidikan dan Data Keluarga).

Pembatalan NUPTK dapat dilakukan atas inisiatif Operator NUPTK Pusat dengan sebab salah satu di atas, atau karena usulan dari Operator Tingkat Provinsi atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Nah sedangkan untuk mengajuan kembali NUPTK bisa dilakukan dengan mengklik Klaim NUPTK, dengan begitu guru/PTK yang dulu pernah punya NUTPK tetapi mungkin telah nonaktif bisa kembai aktif.

Nah begitu ya sobat Cendekiapedia pembahasan terkait cara membatalkan dan mengajuan kembali NUPTK, mas Hakim berpamitan dulu semoga tulisan ini bermanfaat.

Penulis @hakimlfc13

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

3 Responses to "Cara Membatalkan dan Mengajuan Kembali NUTPK"

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel