Mengapa Pengajuan NUPTK Tidak Segera Diapprove Ditjen GTK? - Cendekiapedia -->
Mengapa Pengajuan NUPTK Tidak Segera Diapprove Ditjen GTK?

Mengapa Pengajuan NUPTK Tidak Segera Diapprove Ditjen GTK?

cendekiapedia.blogspot.com - Mengapa pengajuan NUPTK tidak segera diapprove Ditjen GTK? Bapak/ibu guru semua Indonesia, berita berkenaan terbitnya calon Penerima NUPTK sebagian waktu lalu sesungguhnya memadai melegakan. 

Sebab, passalnya telah tidak kembali berfungsinya Padamu Negeri, para bapak/ibu guru yang belum punya NUPTK bingung bagaiamana cara meraih NUPTK di th 2020-2021 ini.

Kegelisahan itu kini akhirnya terjawab. NUPTK tidak kembali diajukan seperti dulu, melainkan bakal ada Info resmi berasal dari Ditjen GTK bahwa guru selanjutnya telah masuk dalam kategori Calon Penerima NUPTK. Setelah itu, baru kemudian kamu melengkapi semua berkas yang diminta sebagai syarat administratif.

Apa saja syarat pengajuan NUPTK itu? Setidaknya ada tujuh perihal yang mesti kamu siapkan untuk bisa meraih NUPTK, yaitu:

  • Kartu Tanda Penduduk.
  • Surat Keputusan Guru Tetap Yayasan (SK GTY) bagi Swasta/Surat Keputusan (SK) berasal dari Bupati/Walikota/Gubernur bagi guru yang mengajar di sekolah Negeri.
  • Surat Keputusan Penugasan berasal dari Sekolah atau yayasan yang isinya bahwa PTK selanjutnya terlalu ditugaskan mengajar di sekolah (SKPBM).
  • Ijazah SD atau sederajat.
  • Ijazah SMP atau sederajat.
  • Ijazah SMA atau sederajat.
  • Ijazah S1/D4 atau sederajat.

Semua kelengkapan administrasi selanjutnya mesti dipenuhi oleh Calon Penerima NUPTK. Jika ada satu syarat saja yang tak dimiliki maka bisa dipastikan kamu tidak bakal disetujui dalam penerimaan NUPTK. 

Mengapa demikian? Karena dukungan NUPTK saat ini sesungguhnya terlalu ketat dan mesti mencukupi kualifikasi yang ditentukan.

Solusi Gagal Mengajukan NUPTK

Setelah memastikan semua data di atas terpenuhi, cara pertama yang mesti dijalankan adalah lakukan scan pada dokumen tersebut. Hasil scan disimpan dalam format pdf, jangan yang lain karena tidak bakal bisa di upload. Kemudian, silakan hubungi operator dapodik sekolah agar segera mengupload data kamu ke VERVAL PTK (website calon penerima NUPTK berada).

Sampai di sini, bapak/ ibu guru baru merampungkan step pertama. Progres Status Penerima NUPTK bakal maju satu langkah. Selanjutnya, bapak/ ibu guru mesti mengirim ketujuh data di atas kepada operator Dapodik Dinas. Dukumen yang kamu kirim bukan kembali hasil scan, melainkan fotokopi yang dilegalisir oleh pihak berwenang.

Mengapa mesti demikian? Sebab penerbitan NUPTK mesti melalui sebagian tahap. Salah satunya diapprove oleh Dinas Kabupaten/Kota setempat. Agar segera diapprove maka bapak/ ibu guru mesti mengirim data fisik kepada operator Dinas. Semakin cepat bapak/ ibu guru mengirim maka tambah cepat pula data bapak/ ibu guru diapprove.

Usai diapprove Dinas, Status Penerima NUPTK bakal kembali maju satu cara kembali (lihat di vervalPTK). Sampai di sini, data bapak/ ibu guru telah hingga ke Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Namun setelah proses pengajuan hingga ke Ditjen GTK, terlihat sebuah pertanyaan besar. Mengapa Pengajuan NUPTK Tak Segera Diapprove Ditjen GTK?

Pertanyaan ini banyak dilontarkan oleh bapak/ ibu guru dan operator dapodik sekolah di berbagai forum fasilitas social. Apa yang ditanyakan mereka sesungguhnya terlalu wajar, mengingat data selanjutnya telah “parkir” di bagian Ditjen berminggu-minggu, berbulan-bulan apalagi bertahun-tahun.

Mengapa perihal itu bisa terjadi? Di sini bakal berupaya menjelaskan berkenaan pertanyaan tersebut.

Penerbitan NUPTK semuanya Kewenangan Ditjen GTK, Perhatikan Validitas Data.
Perlu bapak/ ibu guru ketahui, kebijakan Penerbitan NUPTK semuanya berada di bawah Ditjen GTK. Diterima atau tidak adalah kewenangan berasal dari mereka sepenuhnya.

Mengacu pada Mekanisme Resmi Penerbitan NUPTK yang dikeluarkan oleh Ditjen GTK, faktor validitas data sesungguhnya jadi kunci utama. Ketika hingga di Ditjen GTK data bakal di check sedetail mungkin. Hal ini dijalankan untuk memastikan kebenaran data PTK terkait.

Dan Perlu bapak/ ibu guru ketahui bahwa data yang di check terlalu banyak, karena meliputi dokumen berasal dari Guru tingkat PAUD hingga dengan jenjang SMA sederajat. Tentu ini memerlukan waktu yang memadai lama.

Pertimbangan Rasio Guru

Rasio atau jumlah perbandingan Guru dalam sebuah sekolah jadi faktor selanjutnya. Di sini Ditjen GTK bakal memandang data Guru sekolah selanjutnya melalui Dapodik. Dari situ, bakal bisa dilihat apakah guru yang jadi Calon Penerima NUPTK telah sesuai dengan rasio yang dibutuhkan atau belum. Kembali lagi, penilaian ini berada di Ditjen GTK.

NUPTK Bisa Saja Diterbitkan Tahun Selanjutnya

Kewajiban Guru Dan Pegawai yang Harus Diketahui Terkait Pengimputan Data Aplikasi DAPODIKCara Menambah PTK Baru/ Guru Honorer Pada Aplikasi Dapodik 2021 Dengan MudahCara Tambah PTK Baru (Honorer) Pada Aplikasi Dapodikdasmen.

Ini hasil konsultasi saya dengan Operator Dapodik Kabupaten. Bahwa tidak semua Calon Penerima NUPTK meraih NUPTK pada th 2020 2021 ini. Bisa saja mereka meraih NUPTK pada th. setelah itu (Bisa 1 tahun, 2 tahun, dan seterusnya). Semua itu didasarkan pada kelengkapan syarat administratif dan kebijakan yang telah ditentukan Ditjen GTK.

Perhatikan Status Penerima NUPTK

Selama belum ada pemberitahuan penolakan berasal dari Ditjen GTK yang disertai alasannya, maka status bapak/ ibu guru tetap jadi calon penerima NUPTK. Maka bersabarlah dan terus berdoa agar cepat diterima.

SOLUSI AGAR PENGAJUAN NUPTK BAPAK/ IBU GURU CEPAT DI-APPROVE DITJEN GTK

Agar data Calon Penerima NUPTK bisa segera diapprove Ditjen GTK mencermati hal-hal selanjutnya ini:

  • Gunakan data yang valid, jangan hingga ada data yang keliru upload atau datanya di upload manfaatkan smart foun atau HP, itu tidak dibolehkan. 
  • Perhatikan selalu progres status penerima NUPTK (untuk perihal ini silakan berkoordinasi dengan operator dapodik sekolah).
  • Pastikan data yang bapak/ ibu guru upload tadi sesuai dengan yang berada di Dapodik. Hal ini terlalu mutlak karena semuanya didasarkan pada Dapodik
  • Berdoalah, karena menurut admin www.dapodik.co.id bahwa doa itu terlalu penting

Kebijakan penerbitan NUPTK semuanya berada di bawah kewenangan Ditjen GTK. Kita tidak bisa memaksakan permintaan begitu saja. Tugas bapak/ ibu guru sebagai Calon Penerima NUPTK dan operator dapodik Sekolah hanya melengkapi data administrasi yang diperlukan. Semoga saja apa yang bapak/ ibu guru harapkan untuk segera meraih NUPTK bisa secepatnya terwujud.

Penulis @hakimlfc13

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "Mengapa Pengajuan NUPTK Tidak Segera Diapprove Ditjen GTK?"

Post a Comment

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel