Cara Membuka PDF yang Terkunci Password di Android, Laptop & PC - Cendekiapedia -->
Cara Membuka PDF yang Terkunci Password di Android, Laptop & PC

Cara Membuka PDF yang Terkunci Password di Android, Laptop & PC

Cara Membuka PDF yang Terkunci Password di Android, Laptop & PC

cendekiapedia.blogspot.com - Hello semuanya, pernah nggak sih kamu menemukan file-file PDF yang ngak bisa kamu buka atau ngak setelah kamu bisa buka ternyata ngak bisa kamu copy isinya?

Buka Password PDF

Toh padahal kamu sudah susah-sudah mencari file tersebut, entah guna persiapan tes masuk kerja, tes cpns atau bahkan ada tugas kuliah yang harus segera kamu kerjakan, sehingga harus repot-repot deh untuk menulis manual satu persatu kalimat yang ada.

Nah kalau kamu sobat Cendekiapedia mendapatkan problem seperti ini, kamu jangan sedih ya. Mas Hakim ada solusi untuk cara membuka pdf yang terkunci password baik langsung dari androidmu, laptop ataupun PC.

Sebelum keinti perbahasan, ada baiknya mas Hakim jelaskan apa itu PDF, kelebihan daan kekurangan file PDF, jenis PDF, kenapa file PDF ada yang diprivate dan inti pembahasan cara membuka file pdf yang terprivate.

PDF itu Apa?

Kamu sudah tahu belum apa itu PDF?

PDF atau Portable Document File adalah file atau berkas digital yang membuat kita bisa membaca dokumen elektronik di perangkat apapun, bahkan menggunakan browser sekalipun.

Dibuat pertama kali oleh Adobe pada tahun 1993, PDF memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan format berkas lain seperti .doc.

Salah satunya adalah banyaknya elemen yang bisa kamu tambahkan ke dalam PDF seperti gambar, tombol, video, link, hingga tanda tangan elektronik.

File PDF ternyata punya banyak segudang manfaat loh dibanding jenis extensi file lainnya, kamu tahu tidak? Lalu apa saja sih kelebihan file PDF itu.

Apa Kelebihan File Berformat PDF?

Pernah ngak kamu mengalami hal saat sudah mengetik file berformat doc dengan rapi pada laptopmu, tetapi saat kamu pindah pada laptop temanmu tiba-tiba berantakan? Tentu pernahkan? Atau malahan sering?

Nah format PDF pada file hadir sebagai solusi atas masalah tersebut, dengan hadirnya file PDF sobat Cendekiapedia maka kamu tidak perlu takut ketikan kamu berantakan lagi, dengan file berformat PDF maka ketikan/tulisan kamu akan tetap sama bentuk dan posisinya dimana saja kamu membukanya.

Bukan itu saja loh ternyata manfaat file berformat PDF, ada banyak lagi. Apa itu?

1. Nyaman. File PDF bisa dikatakan paling nyaman. Banyak sekali aplikasi diappstore yang kompitibel untuk mengakses jenis file ini, bahkan bukan hanya untuk mengakses tetapi sampai bisa mengeditnya juga loh dan tentunya aplikasi juga banyak yang free dengan segudang fitur.

2. Ringkas. Kenapa ringkas? File PDF sendiri ternyata punya size yang cenderung lebih kecil apabila dibanding format lainnya, bahkan file PDF sendiri juga bisa kamu kompres lagi sizenya bila kamu masih merasa kebesaran, sehingga tidak banyak memakan memori penyimpanan kamu.

3. Jarang sekali ada fie PDF yang eror saat diakses. Tidak seperti file doc yang terkadang eror sehingga tidak bisa diakses, file PDF hampir tidak pernah ada kata eror.

4. Keamanan. File PDF bisa dibilang sangat aman, mulai dari aman terjangkit virus dan juga aman sebab bisa kamu beri password sehingga file hanya kamu yang akan bisa mengaksesnya.

Apa Kekurangan File Format PDF?

Walaupun file format PDF terlihat sangat banyak kelebihannya, ternyata ada juga kekurangannya loh. Apa saja itu?

Yang paling mudah dan sering dirasakan adalah sulitnya mengedit file berformat PDF, file berformat PDF umumnya sangat sulit diedit sebab adanya format PDF bertujuan untuk mempermudah dibaca.

Jangankan merubah gambar yang ada pada file PDF, mengedit tulisannya langsung saja tidak semudah saat file masih berformat doc, iya kan?

Apa File PDF itu ada Jenisnya?

Hemmm kamu tahu tidak, ternyata yang namanya file PDF itu bukan hanya satu jenis saja loh! Ada beberapa jenis file PDF loh, antaranya Digitally Created PDFs, Scanned PDFs dan Searchable PDFs.

Bagaimana penjelasannya? Oke mari simak penjelasan masing-masing jenis file PDF dibawah ini.

1. Digitally Created PDFs

Bila kamu membuat file PDF dari awal, mulai dari membuat teks sendiri dan memberikan gambarnya sendiri maka file PDF ini termasuk dalam jenis file PDF Digitally Created PDFs. Dimana file PDF jenis ini terdapat unsur teks dan dan gambar yang disusun secara manual.

Bahkan saat kamu buka dengan aplikasi, maka teks dan gambar akan terdeteksi secara masing-masing loh. Sehingga bila kamu nantinya hanya butuh teksnya saja, bisa kamu langsung copy bagian teksnya, dan begitu sebaliknya.

2. Scanned PDFs

Nah sobat Cendekiapedia, kalau jenis file PDF ini kebalikan dengan yang nomor satu. Dari namanya saja Scanned PDFs maka kamu seharusnya sudah tahu kalau jenis file PDF ini berasal dari scan, dimana teks dan gambar yang ada menjadi satu sehingga tidak bisa kamu copy.

Tapi sebenernya bisa sih untuk mengambil teksnya saja, tetapi agak ribet sebab membutuhkan aplikasi lagi loh.

3. Searchable PDFs

Ada pun cara memgambil teks dari jenis file PDF Scanned PDFs adalah menggunakan aplikasi Optical Character Recognition atau sering disingkat sebagai OCR.

Cara kerjanya yaitu menscan teks yang ada pada file PDF jenis Scanned PDFs dalam bentuk teks yang biasanya langsung tersave pada file doc, maka nantinya bisa kamu edit sendiri.

Tapi bagaimana kalau artikel PDF kita tidak bisa diedit karena ada password-nya?

Kenapa Ada File PDF yang Dikunci?

Sebelum lanjut pada inti pembahasan cara membuka password file PDF, maka kamu sobat Cendekiapedia perlu mengetahui terlebih dahulu kenapa sih file PDF perlu dikunci atau diberi password? Apakah kamu sudah mengetahui alasannya?

Nah untuk alasannya ada berbagai macam sebenarnya, tergantung dari pembuat file PDF itu sendiri. Simplenya sih seperti guna untuk melindungi file tersebut dari pihak tidak bertanggung jawab.

1. Menjaga file PDF agar tidak ada plagiat, nah hal ini bisa saja menjadi sebab kenapa file PDF tersebut dipassword loh.

2. Lalu ada juga karena file tersebut hanya untuk kalangannya saja sehingga dibatasi aksesnya untuk pihak luar.

3. Ada juga kemungkinan file tersebut diberi password agar pihak luar tidak bisa leluasa untuk merubah isi kandungan yang ada.

4. Atau sebab karena sudah ada perjanjian antara pemilik naksah dengan editor sehingga file PDF tersebut diberikan password, hal ini juga bisa saja.

Cara Mengunci File PDF

Nah setelah kamu tahu alasan kenapa file PDF dipassword atau file PDF dikunci, maka kamu kemungkinan bertanya-tanya bagaimana sih cara mempassword file PDF itu?

Nah kalau iya, maka kamu harus tenang saja. Sebab disini akan dijelaskan secara lengkap bagaimana cara mempassword atau mengkunci file PDF kamu.

Cara Password File PDF di Windows

Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti Adobe Reader atau PDFmate yang gratis.

Caranya gampang banget kok loh. Setelah melakukan instalasi aplikasi dan membuka file PDF yang ingin diberi password, kamu cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Pilih menu File > Security > Open Password > Assign a Strong Password > Klik Build
  • Cara Mengunci PDF di MacOS (MacBook)
  • Bagaimana jika ternyata laptopmu merupakan MacBook dengan sistem operasi MacOS?
  • Kamu cukup perlu membuka file PDFmu dengan preview bawaan dari MacOSnya
  • Pilih menu File > Export as PDF
  • Setelah muncul window baru, pilih menu Encrypt option > Assign password > Save changes
  • Jika berhasil, file PDF-mu akan memiliki logo gembok pada thumbnail-nya

Cara Mengunci PDF di Android

Bagaimana dengan pengguna Android?

Banyak kok aplikasi pembuka PDF di Play Store. Salah satunya yang gratis adalah PDF Utility yang bisa kamu downloadnya.
  • Setelah selesai melakukan instalasi, kamu cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Pilih menu Password Protection > Pilih file PDF yang ingin diberi Password
  • Kamu akan membuat dua jenis password, antara owner password (password untuk menyalin, mencetak, atau memodifikasi konten) dan user password (password untuk membuka file). [sumber: jalantikus]

Cara Mengunci PDF di iOS

Kabar buruk untuk kamu pengguna handphone iPhone nih. Hingga saat ini, tidak ada aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memberi password file PDFmu.

Sebenarnya ada sih aplikasi bernama Pages, tapi aplikasi ini berat banget, geng! Smpai 500MB.

Cara Mengunci PDF Tanpa Aplikasi

Kamu enggak perlu sedih kalau iPhone-mu tidak punya aplikasi yang memberi password untuk file PDFmu. Kamu bisa kok, menggunakan website-website yang bisa dibuka melalui browser-mu.

Salah satunya adalah melalui unlock-pdf.com.

Kamu cukup mengunggah dokumen PDF-mu, lalu buat passwordnya. Setelah selesai, kamu bisa download file PDF-mu yang sudah dilengkapi dengan password.

Cara Membuka PDF yang Terkunci

Lalu, bagaimana seandainya jika kita lupa password yang sudah kita buat sendiri? Enggak usah panik yaaa, karena Jaka akan kasih kamu cara membuka PDF yang terkunci!

Tapi sebelumnya, kamu perlu tahu kalau PDF punya dua tipe password.

Dua Jenis Kunci pada File PDF

Jenis kunci yang pertama adalah user-locked atau disebut juga sebagai permission password. Password ini berfungsi untuk melindungi filemu dari tangan-tangan jahil yang hendak mengubah filemu.

Yang kedua adalah owner-locked atau open password. Proteksi jenis ini akan membuat orang yang tidak punya password sehingga tidak bisa membuka file PDFmu.

Kabar buruknya, kalau kunci yang ingin kamu buka bertipe owner-locked, tidak ada aplikasi maupun website yang bisa membukanya.

Cara-cara yang akan dibagikan di bawah ini adalah cara untuk membuka file PDF yang dikunci dengan metode user-locked.

Berbagai Situs untuk Membuka PDF yang Terkunci

Ada bejibun situs-situs yang menyediakan fitur membuka file PDF terkunci, seperti:
  • unlock-pdf.com
  • crackmypdf.com
  • smallPDF.com
  • foxyutils.com
  • online2pdf.com
  • sodapdf.com
  • ilovepdf.com

Sebenarnya, cara yang harus dilakukan untuk setiap situs sama.

Kamu perlu mengunggah file PDFmu ke dalam situs tersebut. Nantinya, situs tersebut akan memproses dan menyimpan file PDF baru tanpa password.

Dapatkan soal CPNS

Nah disini akan dijelaskan cara membuka password atau kunci file PDF pada web unlock-pdf.com, sebab sejatinya cara untuk semua situs adalah sama loh. Tetapi karena sebab saya berhasil unlock password file PDF dengan situs ini, maka akan saya jelaskan berdasarkan pengalaman dari situs ini.

1. Untuk awalnya jelas kamu persiapkan file PDF yang hendak kamu buka passwordnya ya sobat Cendekiapedia, bisa dari hasil download sendiri atau pemberian temanmu.

2. Selanjutnya kamu bisa membuka situs unlock-pdf.com, dan tunggu sampai situs benar-benar terbuka.

3. Lalu arahkan kursor atau pencet tombol “Pilih File” pada sebelah tulisan step 1.

Pilih File

4. Selanjutnya maka kamu akan diarahkan kedalam folder dimana kamu harus mencari file PDF tadi yang hendak kamu unlock passwordnya. Jika sudah klik file tersebut dan oke saja.

Masukkan file 

5. Selanjutnya klik ‘Unlock File!” tunggu proses upload fie selesai sampai 100%, atau bar warna hijau full, setelah proses selesai maka akan otomatis terdownload sendiri file PDF yang sudah tanpa password tersebut.

Unlock file


Waaaaalaa maka lega hatimu karena sudah bisa leluasa membuka file PDF tadi baik untuk mengerjakan tugas kuliah, belajar soal psikotes atau bahkan belajar soal-soal SKD dan SKB CPNS loh.

Akhir Kata

Nah maka sekarang kamu sudah bisakan membuka file PDF yang terkunci atau terpassword? Dengan cara diatas kamu juga tidak perlu mendownload aplikasi lagi yang kemungkinan akan memperberat kinerja ponsel androidmu, laptopmu atau juga PCmu.

Sekian dulu tulisan cara membuka password file PDF dari ponsel android, laptop dan PC, mas Hakim pamit, semoga bermanfaat! Jangan lupa share tulisan ini dan tulis komentarmu dikolom komentar yak.

Penulis @hakimlfc13

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

5 Responses to "Cara Membuka PDF yang Terkunci Password di Android, Laptop & PC"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Saya sudah coba masukkan PDF file ke unlock-pdf.com ternyata untuk membuka file yang sudah diunduh dari situs ini tidak bisa pakai yang gratis, harus bayar $19.9. Lalu Saya coba lagi di situs yang berikutnya, ternyata harus memasukkan password file tersebut! Ada mungkin 5-6 situs Saya coba, semuanya meminta password (kecuali unlock-pdf.com.
    Ya Allah ya Rabbi, ampunilah kami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menggunakan fitur recovery (pemulihan) pada web unlock-pdf menang dikenai biaya. Tapi kalau untuk remove (menghilangkan) password itu fiturnya FREE, dijelaskan kok diwebnya..

      Delete
  3. Sama-sama, semoga senantiasa bermanfaat isi blog cendekiapedia ini..

    ReplyDelete
  4. tetap tidak bisa direcovery. jadi benar2 tidak tau apakah benar tulus free memberikan materi atau tidak semua dibikin ribet

    ReplyDelete

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel