Cara Menjalankan Patch Dapodik PAUD Offline Versi 3.5.4 pada Dapodik PAUD Offline Versi 3.5.0 - Cendekiapedia -->
Cara Menjalankan Patch Dapodik PAUD Offline Versi 3.5.4 pada Dapodik PAUD Offline Versi 3.5.0

Cara Menjalankan Patch Dapodik PAUD Offline Versi 3.5.4 pada Dapodik PAUD Offline Versi 3.5.0

Cara Menjalankan Patch Dapodik PAUD Offline Versi 3.5.4 pada Dapodik PAUD Offline Versi 3.5.0

cendekiapedia.blogspot.com - Selamat pagi para Bunda PAUD dan para Operator PAUD dimanapun berada. Nah kali ini blog Cendekiapedia akan berbagai cara menjalankan patch dapodik PAUD v.3.5.4 pada dapodik v.3.5.0 pada laptop masing-masing.

Dapopaud 2019/2020

Perlu diketahui bahwa aplikasi dapodik v.3.5.4 digunakan untuk semester genap tahun 2019/2020 yang menggantikan aplikasi dapodik v.3.5.0 yang telah digunakan pada semester ganjil 2019/2020.

Aplikasi dapodik ini mempunyai keunggulan bisa digunakan secara offline atau tanpa koneksi jaringan, maka bagi yang sudah terlanjur menggunakan dapodik online bisa mengubahnya terlebih dahulu pada menejemen paud.

Oke bagi yang baru pertama kali menggunakan aplikasi dapodik PUAD offline ini, bisa mengunduh file aplikasi dapodik PAUD v.3.5.0 terlebih dahulu sebelum nantinya menjalankan patch aplikasi dapodik PAUD v.3.5.4.
Link unduh aplikasi dapodik versi 3.5.0 [KLIK DISINI], setelahnya lanjut unduh patch aplikasi dapodik versi 3.5.4 [KLIK DISINI] Bun.

Sebelum kita lanjut pada cara menjalan patch dapodik paud versi 3.5.4, terlebih dahulu mas Hakim akan menjelaskan apa itu patch.

Apa itu Patch Dapodik PAUD?

Patch merupakan bagian dari kode perangkat lunak (software) yang dapat diterapkan setelah Program atau Aplikasi Induk di instal, guna memperbaiki bug atau masalah dari aplikasi tersebut. Selain itu, patch berfungsi untuk memperbaharui versi program saat diinstal.

Jadi, dapat disimpulkan Patch Dapodik PAUD Offline adalah program lunak tambahan yang digunakan untuk memperbaharui versi dari dapodik paud offline semester ganjil (update versi terbaru).

Cara Menjalankan Patch Dapodik PAUD Versi 3.5.4

Setelah kita mengetahui apa itu patch, maka mas Hakim akan melanjutkan bagaimana cara menjalankannya. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan terlebih dahulu laptop atau PC lembaga PAUD sudah terinstall aplikasi dapodik PAUD Offline versi 3.5.0 yang digunakan pada semester ganjil 2019/2020.

Dapodik

Untuk link unduh sudah disediakan mas Hakim diatas, atau bisa ikuti link berikut [Aplikasi Dapodik PAUD v 3.5.0].

2. Bagi yang sudah terinstall bisa lanjut tahap nomor 5, bagi yang belum maka langkah selanjutnya adalah registrasi pada aplikasi Dapodik PAUD Offline v3.5.0 yang sudah terinstall tadi.

3. Setelah tahapan-tahapan diatas berhasil dilakukan, maka kita akan masuk di halaman login Aplikasi Dapodik PAUD versi Aplikasi 3.5.0 seperti gambar dibawah ini. Pada versi ini kita sudah tidak bisa lagi akses halaman utama Dapodik PAUD, karena sudah dilakukan cut off semester ganjil 2019/2020.

4. Close tap Aplikasi Dapodik PAUD versi 3.5.0 yang telah selesai Bunda registrasi dan login tadi.

5. Setelah tertutup/close maka langkah selanjutnya adalah menjalankan Patch Aplikasi Dapodik Versi 3.5.4 terbaru.
Bagi yang belum memiliki Patch Aplikasi Dapodik Versi 3.5.4 Offline maka bisa cek link diatas tadi, atau ikuti link ini untuk mengunduhnya [Patch Aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.5.4].

6. Carilah file patch aplikasi dapodik PAUD versi 3.5.4 yang telah kamu unduh.

7. Bila sudah kamu temukan, maka silahkan >Klik Kanan, lalu pilih >Run Administrator, kalau >Klik Keep Run.

8. Selanjutnya, masuk ke halaman Setup-Dapopaud v.3.5.4 seperti gambar dibawah ini, silahkan klik atau centang pada "I accept the agreement" >Klik Next.

Cara install dapodik
9. Selanjutnya, masuk di tahapan Installing Dapopaud v.3.5.4, silahkan tunggu beberapa menit hingga proses installasi berhasil dengan tanda proses loading warna hijau selesai.


Install dapodik paud

10. Proses installasi telah berhasil dilakukan, silahkan >Klik Finish.


Dapopaud

11. Silahkan akses localhost:9000/login atau klik pada Icon Dapodik PAUD. Halaman Aplikasi Dapodik PAUD sekarang sudah update ke versi Aplikasi 3.5.4. Artinya, kita telah berhasil melakukan Patch Dapodik PAUD Offline v.3.5.4.

Login

12. Selanjutnya, silahkan rekan Login Dapodik PAUD menggunakan username dan password pada dapodik paud offline semester ganjil, apabila akun login tidak diganti.

13. Apabila berhasil login, maka kita akan masuk di halaman Beranda Dapopaud atau Dapodik PAUD versi 3.5.4.

Dapopaud

14. Langkah selanjutnya adalah proses pengisian data dapodik seperti biasanya, baik mengisi data guru, data siswa, data sarana prasaran dan lainnya sampai selesai.

15. Dalam pengisian sering-seringlah cek tombol Validasi pada aplikasi dapopaud untuk mengetahui bagian data yang belum terisi atau masih kurang.

Sinkron dan Validasi

16. Setelah berhasil melakukan Pengisian Dapodik PAUD Offline Semester Genap 2019/2020, jangan lupa untuk melakukan Sinkronisasi Dapodik PAUD.

Akhir Kata

Nah sekian penjelasan mas Hakim terkait cara menjalankan patch dapodik paud versi 3.5.4 semoga bermanfaat bagi bunda-bunda PUAD dan operator PAUD dimanapun berada, semoga sehat dan sukses selalu.

Penulis @hakimlfc13

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

1 Response to "Cara Menjalankan Patch Dapodik PAUD Offline Versi 3.5.4 pada Dapodik PAUD Offline Versi 3.5.0"

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel