Menambah Peserta Didik pada Aplikasi Dapodik PAUD Terbaru - Cendekiapedia -->
Menambah Peserta Didik pada Aplikasi Dapodik PAUD Terbaru

Menambah Peserta Didik pada Aplikasi Dapodik PAUD Terbaru

Menambah Peserta Didik pada Aplikasi Dapodik PAUD Terbaru

cendekiapedia.blogspot.com – Selamat malam Bunda dan Operator PAUD dimanapun berada, nah kali ini mas Hakim akan membagikan cara menambah peserta didik pada Aplikasi Dapodik PAUD versi 3.5.4 atau bisa dipakai pada aplikasi dapodik manapun.

Sebelum melanjutkan pembahasan ada baiknya yang beum install patch dapodik terbaru bisa membaca [cara install patch dapodik terbaru tanpa kehilangan data], nah bagi yang sudah bisa melanjutkan kembali ketopik pembahasan ini.

Ketahuilah Bun, banyak sekali keselahan kecil yang berakibat fatal dalam penambahan peserta didik pada aplikasi dapodik, kesalahan ini luput sehingga saat disimpan selalu tidak bisa untuk meng-save.

Tetapi Bun, tenang saja disini mas Hakim akan membagikan cara menambah peserta didik pada Dapodik dengan cara lengkap tetapi sangat mudah untuk dipraktikkan.

Apa Sajakah yang Perlu Siap dalam Mengisi Peserta Didik Padodik?

Nah Bun dan Bapak Operator PAUD, sebelum memutuskan untuk menambah atau juga mengisi peserta didik setalah pembaharuan patch adalah kartu keluarga peserta didik dan juga akta kelahiran dari peserta didik tersebut.

Akta dan kartu keluarga ini merupakan data pokok yang nantinya akan kamu isikan pada kolom-kolom bagian peserta didik diaplikas Dapodik PAUD loh.

Setelah kamu menyiapkan kedua dokumen tersebut, maka selanjutkannya Bunda dapat segera membuka apikasi Dapodik PAUD terbaru yang telah diinstal terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Mengisi Data Peserta Didik pada Dapodik PAUD?

Nah Bun, dalam mengisi data atau menambah peserta didik pada Aplikasi Dapodik maka diperlukan dokumen seperti yang sudah mas Hakim jelaskan sebelumnya, selanjutnya bukalah aplikasi Dapodik dan masukkan emial serta password yang telah didaftarkan.

Setelah menunggu loading selesai, maka kamu akan dihadapkan oleh tampilan awal beranda aplikasi dapodik yang berisi ringkasan mengenai kondisi lembaga pendidikan yang dikelola.

Untuk step demi step selanjutnya akan mas Hakim jelaskan sebagai berikut, caranya sebagai berikut:

1. Setelah aplikasi terbuka dan kamu dihadapkan pada tampilan awal aplikasi Dapodik PAUD, maka lanjutnya adalah langsung kebagian TAB> Perserta Didik dan silahkan klik yang terletak dibagian kanan.

Tambah peserta didik

2. Setelah menunggu beberapa saat maka akan muncul data siswa semester tahun lalu yang telah kamu masukkan, nah untuk menambah peserta didik baru maka TAB> Tambah lalu klik.

3. Selanjutnya bila sudah terbuka, maka akan dilanjutkan dengan mengisi biodata siswa pada bagian data pribadi dengan cara mengisi nama, tanggal lahir, agama dan memilih jenis kelamin sampai bagian akhir. Dan paling penting adalah jangan sampai melewatkan kolom isian berwarna merah, sebab itu wajib untuk diisi. Bila sudah maka klik> Close and Save.

Tambah peserta didik

4. Maka selanjutnya adalah ubah data detail peserta didik, caranya adalah klik arahkan pada nama siswa yang baru kamu tambahkan tadi. Lalu lanjut klik> Ubah PD Detail dan tunggu hingga loading selesai.

Tambah peserta didik

5. Selanjutnya akan muncul TAB> Edit Peserta Didik – Nama Siswa, nah disini kamu akan disuruh melengkapi detail peserta didik lagi, perlu diingat bila ada kolom berwarna merah maka kolom tersebut wajib kamu isi. Nah bagian untuk wali bisa kamu isi nama orang tua peserta didik kembali tidak masalah. Terakhir Klik> Save.

Tambah peserta didik

6. Yang terakhir adalah melengkapi data periodik siswa pada TAB> Data Rincian. Disini pada bagian data periodik peserta didik kamu diharuskan mengisi data berat badan peserta didik, tinggi badan, jarak rumah, tinggal dengan siapa, dan berangkat dengan cara bagaimana serta estimasi waktu tempuh dari tempat tinggal kelokasi sekolah. Setelah semua terisi maka kamu bisa Klik> Close and Save.

Nah mudahkan Bunda untuk mengisi atau juga menambah peserta didik pada aplikasi Dapodik? Bila masih ada pertanyaan atau ada yang kurang paham bisa ditanyakan dikolom komentar blog Cendekiapedia ini.

Akhir Kata

Sekian dulu pembahasan mas Hakim terkait pengisian atau menambah peserta didik pada aplikasi Dapodik, nah selanjutnya akan mas Hakim tuliskan cara membuat dan menambah siswa kerombel yah. Jangan lupa bantu share dan dukung mas Hakim agar terus memberikan informasi bermanfaat yang lainnnya.

Penulis @hakimlfc13

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

1 Response to "Menambah Peserta Didik pada Aplikasi Dapodik PAUD Terbaru"

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel