Webinar 13 Pemanfaatan Chat GPT serta AI dalam Pembalajaran dan Pembuatan Aksi Nyata PMM - Cendekiapedia -->
Webinar 13 Pemanfaatan Chat GPT serta AI dalam Pembalajaran dan Pembuatan Aksi Nyata PMM

Webinar 13 Pemanfaatan Chat GPT serta AI dalam Pembalajaran dan Pembuatan Aksi Nyata PMM

cendekiapedia.blogspot.com - Pernah tahukan istilah AI, pernah tahukan ChatGPT? Atau Bapak/Ibu Guru mungkin sudah ada yang pernah menggunakannya? Nah kali ini konten yang akan Cendekiapediablog tidak jauh dari hal tersebut.


Lebih tepatnya adalah Pemanfaatan Chat GPT serta AI dalam Pembuatan Aksi Nyata PMM, untuk lebih jelaskan langsung saja ikuti intruksi di bawah ini.

Silahkan untuk mengklik link di bawah ini, semua kegiatan difasilitasi oleh Komunitas Cendekiapedia yang didukung oleh kombel terkait.



Silahkan manfaatkan sebaik mungkin fasilitas yang ada. Dalam Webinar 13 Webinar 12 RKH Disetujui Kepala Sekolah? Langkah Lanjutan yang Perlu Dilaksanakan akan dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2024 pada jam 17.30-22.30.

Untuk daftar hadir tersedia diakhir webinar dan sertifikat akan disediakan oleh panitia (bila ada).

Platfrom Merdeka Belajar adalah inisiatif pendidikan yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Jika kita berbicara tentang pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam konteks platform Merdeka Belajar, berikut adalah beberapa manfaat yang dapat dihasilkan:

Personalisasi Pembelajaran: AI dapat digunakan untuk menyusun kurikulum dan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan setiap siswa. Dengan analisis data individual, platform dapat memberikan rekomendasi konten yang paling relevan untuk setiap siswa.

Evaluasi Pembelajaran: Sistem AI dapat memberikan penilaian otomatis terhadap kinerja siswa, termasuk ujian dan tugas. Ini memungkinkan guru dan siswa mendapatkan umpan balik yang cepat dan memungkinkan adanya perbaikan secara real-time.

Monitoring Progres Siswa: AI dapat membantu dalam memantau progres belajar siswa sepanjang waktu. Dengan analisis data, guru dan orang tua dapat dengan mudah melihat perkembangan siswa dan memberikan dukungan tambahan jika diperlukan.

Asisten Virtual untuk Guru: AI dapat berfungsi sebagai asisten virtual bagi guru dengan menyediakan sumber daya pendidikan tambahan, rekomendasi metode pengajaran, dan alat untuk membuat pengajaran lebih menarik.

Pengembangan Keterampilan: Platform dengan AI dapat dirancang untuk mendukung pengembangan keterampilan 21st century seperti pemecahan masalah, kreativitas, kritis berpikir, dan kolaborasi melalui berbagai metode pembelajaran inovatif.

Adaptasi terhadap Gaya Belajar: AI dapat mengenali gaya belajar individu dan menyajikan materi pembelajaran dengan cara yang paling efektif sesuai dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing siswa.

Dukungan untuk Siswa dengan Kebutuhan Khusus: Sistem AI dapat dikustomisasi untuk memberikan dukungan tambahan kepada siswa dengan kebutuhan khusus. Ini dapat mencakup alat bantu pembelajaran yang sesuai atau modifikasi materi untuk memenuhi kebutuhan individu.

Analisis Data Pendidikan: AI dapat digunakan untuk menganalisis data besar dalam pendidikan, memberikan wawasan tentang tren pembelajaran, efektivitas kurikulum, dan kebutuhan pembelajaran yang dapat disesuaikan.

Pelatihan Guru: AI dapat mendukung pelatihan dan pengembangan profesional guru dengan menyediakan konten pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan individu, membantu mereka terus berkembang sesuai dengan perkembangan terkini.

Fasilitasi Pembelajaran Jarak Jauh: Dalam situasi pembelajaran jarak jauh, AI dapat menyediakan platform yang interaktif dan mendukung proses pembelajaran online, memungkinkan siswa untuk tetap terlibat dan mendapatkan pengalaman pembelajaran yang bermakna.
 
Bila Bapak/Ibu Guru sudah selesai membaca materai di atas, maka bisa langsung mengisi daftar hadir lewat tombol di bawah :


Setelah mengisi daftar hadir dan menyelesaikan tugas upload file, E-SERTIFIKAT Webinar bisa didapatkan dengan klik tombol di bawah :


Perhatian, untuk E-SERTIFIKAT tersedia dua/tiga hari kemudian.

Pemanfaatan AI dalam platform Merdeka Belajar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, memberikan pendekatan yang lebih adaptif, dan mendukung guru serta siswa dalam mencapai tujuan pendidikan. Penting untuk memastikan bahwa penerapan teknologi ini tetap memperhatikan etika, keamanan data, dan aksesibilitas untuk semua.

Penulis @hakimlfc13

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "Webinar 13 Pemanfaatan Chat GPT serta AI dalam Pembalajaran dan Pembuatan Aksi Nyata PMM"

Post a Comment

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel