45 Soal dan Kunci Jawaban PPPK 2021 Try Out 5
Tuesday, August 24, 2021
Comment
cendekiapedia.blogspot.com - Salam sejahtera para guru yang akan melaksanakan seleksi PPPK 2021, nah kali ini blog Cendekiapedia akan memberikan Contoh 35 Soal Latihan PPPK Guru beserta Jawaban.
PPPK |
Soal ini bisa kamu pelajari dan semoga memberikan manfaat bagi guru-guru yang akan tes PPPK 2021 nantinya, tidak perlu khawatir juga sebab diakhir tulisan mas Hakim juga lampirkan link soal dalam bentuk pdf juga.
KUMPULAN SOAL TES KOMPETENSI TEKNIS PEDAGOGIK TRY OUT 5
#Soal 1
Dalam proses pembelajaran, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap sebagai berikut, kecuali.....
A. Mendorong peserta didik untuk membuat keputusan sendiri
B. Memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan
C. Mengusahakan suasana belajar yang menyenangkan
D. Memasukan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya
JAWABAN : Pembelajaran yang efektif merupakan kegiatan mengajar yang dapat mencapai tujuan sesuai pada perencanaan awal dan peserta didik dapat menyerap materi pelajaran secara efisien. Oleh karena itu memberi balikan dan pengayaan bukan jawaban yang tepat karena tindakan tersebut adalah dindakan lanjutan setelah tujuan pembelajaran tercapai atau tidak tercapai
#Soal 2
Kriteria atau acuan dan pedoman dasar dalam menentukan pencapaian minimal hasil belajar peserta didik dinamakan.....
A. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
B. Standar Batasan Minimum Kelulusan
C. Ambang Batas Minimum Lulus
D. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
JAWABAN : Kriteria atau acuan dan pedoman dasar dalam menentukan pencapaian minimal hasil belajar peserta didik merupakan definisi dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)
#Soal 3
Aspek yang berkaitan dengan perasaan, emosi, sikap, dan derajat penerimaan maupun penolakan terhadap suatu obyek peserta didik.....
A. Afektif
B. Kognitif
C. Psikomotorik
D. Emotif
JAWABAN :
Ø Afektif = Aspek yang berkaitan dengan perasaan, emosi, sikap, dan derajat penerimaan maupun penolakan terhadap suatu obyek peserta didik
Ø Kognitif = aspek yang berkaitan dengan kemampuan intelektual siswa dalam berpikir, mengetahui dan memecahkan masalah
Ø Psikomotorik = aspek yang berhubungan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu
Ø Emotif = aspek yang berhubungan dengan emosi
#Soal 4
Kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan untuk suatu mata pelajaran maupun kompetensi dalam mata pelajaran tertentu harus dimiliki oleh peserta didik disebut.....
A. Kompetensi Dasar
B. Standar Kompetensi
C. Indikator
D. Kompetensi Lulusan
JAWABAN :
Ø Kompetensi Dasar = Kemampuan untuk mencapai kompetensi inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran
Ø Standar Kompetensi = Kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan untuk suatu mata pelajaran maupun kompetensi dalam mata pelajaran tertentu harus dimiliki oleh peserta didik
Ø Indikator = Ukuran, karakteristik, ciri-ciri, proses yang menggambarkan ketercapaian suatu Kompetensi Dasar
Ø Kompetensi Lulusan = kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan
#Soal 5
Berikut ini adalah prinsip-prinsip dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kecuali.....
A. Memperhatikan perbedaan individu
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
D. Keterkaitan dan keterpaduan isi dan silabus
JAWABAN : Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
Perbedaan individual peserta didik & Partisipasi aktif peserta didik.
Berpusat pada peserta didik
Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
#Soal 6
Yang tidak termasuk dalam beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh guru professional adalah.....
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Profesional
D. Kompetensi Keahlian
JAWABAN : kompetensi yang harus dimiliki oleh guru professional adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial
#Soal 7
Komponen Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) terdiri atas beberapa hal berikut ini, kecuali.....
A. Identitas mata pelajaran
B. Standar Kompetensi
C. Kompetensi Dasar
D. Kompetensi Peserta Didik
JAWABAN : Komponen Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) terdiri atas
Ø Identitas sekolah
Ø Identitas mata pelajaran
Ø Kelas/semester
Ø Materi pokok
Ø Alokasi waktu
Ø Tujuan pembelajaran yang dirumuskan
Ø Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
Ø Materi pembelajaran
Ø Metode pembelajaran
Ø Media pembelajaran
Ø Sumber belajar
Ø Langkah-langkah pembelajaran
Ø Penilaian hasil pembelajaran
#Soal 8
Berikut ini adalah beberapa inovasi pendidikan yang pernah dicetuskan oleh pemerintah, kecuali.....
A. Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA)
B. Guru Pamong
C. Sistem Belajar Jarak Jauh
D. Sekolah Mandiri
JAWABAN : inovasi pendidikan yang tidak pernah dicetuskan oleh pemerintah adalah sekolah mandiri
#Soal 9
Undang-undang yang mengatur tentang system Pendidikan nasional adalah.....
A. Undang-undang RI Nomor 9 Tahun 2003
B. Undang-undang RI Nomor 11 Tahun 2003
C. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003
D. Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2003
JAWABAN :
Ø Undang-undang RI Nomor 9 Tahun 2003 = Wewenang pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian Pegawai Negeri Sipil
Ø Undang-undang RI Nomor 11 Tahun 2003 = perubahan atas undang-undang RI no 53 Tahun 1999
Ø Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 = Undang-undang yang mengatur tentang system Pendidikan nasional
Ø Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2003 = Perhitungan anggaran negara 2001 dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa
#Soal 10
Peraturan Menteri Pendidikan nomor 20 Tahun 2007 mengatur tentang.....
A. Standar Penilaian Pendidikan
B. Standar proses belajar mengajar
C. Penilaian berbasis kelas
D. Sertifikasi Guru
JAWABAN :
Standar Penilaian Pendidikan = Peraturan Menteri Pendidikan nomor 20 Tahun 2007
#Soal 11
Kedudukan dosen sebagai tenaga profesional ditetapkan dalam.....
A. Bab II pasal 3 UU Guru dan dosen No. 14 Tahun 2005
B. Bab II pasal 2 UU Guru dan Dosen No. 4 Tahun 2005
C. Bab II pasal 3 UU Guru dan Dosen No. 20 Tahun 2005
D. Bab II pasal 2 UU Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005
JAWABAN : Kedudukan, fungsi dan tujuan dosen ditetapkan dalam Bab II pasal 3 UU Guru dan dosen No. 14 Tahun 2005
#Soal 12
Prinsip profesionalitas yang harus dimiliki dosen maupun guru sesuai UU Guru dan Dosen adalah sebagai berikut, kecuali.....
A. Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealism
B. Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu Pendidikan, keimanan, ketaqwaan, dan akhlak mulia.
C. Mampu mengenal karakteristik setiap peserta didik di sekolah maupun setiap mahasiswa pada perguruan tinggi.
D. Memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang Pendidikan sesuai dengan bidang tugas
JAWABAN :
Profesi guru dan profesi dosen merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan berdasarkan prinsip sebagai berikut:
memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme;
memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia;
memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas;
memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas;
memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan;
memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerja;
memiliki kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat;
memiliki jaminan perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas keprofesionalan; dan
memiliki organisasi profesi yang mempunyai kewenangan mengatur hal-hal yang berkaitan dengan tugas keprofesionalan guru.
#Soal 13
Yang termasuk kewajiban seorang guru dan dosen adalah....
A. Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan mengabdi kepada masyarakat.
B. Memperoleh penghasilan diatas kebutuhan minimum dan jaminan kesejahteraan sosial.
C. Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi.
D. Memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas dan hak atas kekayaan intelektual
#Soal 14
Yang tidak termasuk aspek evaluasi kurikulum adalah....
A. Evaluasi hasil implementasi kurikulum
B. Evaluasi implementasi kurikulum
C. Evaluasi dokumen kurikulum
D. Evaluasi komprehensif
#Soal 15
Kegiatan berikut ini yang merupakan salah satu cara untuk mengaktifkan indra peserta didik agar dapat berkembang secara maksimal, yaitu....
A. Peserta didik berolahraga di lapangan terbuka.
B. Guru memberi hadiah kepada peserta didik berprestasi
C. Peserta didik diajak berkarya wisata
D. Peserta didik belajar diruang laboratorium Bahasa
#Soal 16
Agar peserta didik terhadap materi yang kita berikan, maka gambar yang akan digunakan sebagawmedia pembelajaran dalam proses belajar S — R haruslah....
A. BerwarnaLGela
B. Seminimal mungki
C. Berwarna war
D. Semaksimal mungkin
#Soal 17
Di bawah merupakan contoh akan adanya dampek dari keyakinan pada kemampuan diri seorang peserta didik;yaitœ,..
A. Andi dapat menyelesaikan tugasnya dengan bantuan orang tua.
B. Budi merasakan sakit perut karena akan mengikuti tes.
C. Carlos merasakan pusing setelah mengerjakanugas yang diberikan gur
D. Dendi menanqis setelah berantem dengan agu untuWberebut mengerjakan-tugas.
#Soal 16
Pada waktu mengajar, guru memberikan hadiah ataupun pujian kepaada peserta didik yang berhasil menjawab atau menyelesaikan sebuah soal. Dalam perihal ini guru menerapkan teori belajar .
A. Clasical Conditioning
B. Connectionesm
C. Behaviorism
D. Operant Conditioning
#Soal 17
Ada beberapa tahap yang harus dilalui oleh seorang guru pada waktu mengembangkan strategi pembelajaran. Salah satunya adalah guru menetapkan ataupun merumuskan tujuan untuk mengukur keberhasilan dari proses pembelajaran tersebut. Apakah yang dapat dilakukan oleh guru tersebut pada tahapan pengembangan ?
A. Kurikulum
B. Kerangka pembelajaran
C. Sistem Pembelajaran
D. Rencana Pembelajaran
#Soal 18
Alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan efektif peserta didik adalah....
A. Tes obyektif
B. Tes berupa angket
C. Tes kemampuan gerak
D. Tes kemampuan fungsional otot tubuh
#Soal 19
Langkah pertama untuk mencari nilai rata-rata untuk data yang tidak dikelompokan dapat dilakukan dengan....
A. Menjumlahkan data nilai yang diperoleh
B. Menentukan jumlah keseluruhan pada data yang diperoleh
C. Menentukan nilai rata-rata dengan pendekatan rumus
D. Mencari nilai tertinggi dan terendah data yang diperoleh
#Soal 20
Yang tidak termasuk karakteristik kecerdasan interpersonal adalah....
A. Mampu eradaptasi dengan lingkungan belajar
B. Mampu kelompok
C. Mudah berkonsentrasi
D. Mampu men adi pemimpin
#Soal 21
Suatu teorif belajar dikembangkan untuk membangun prinsip-prinsip belajar secara ilmiah. Ini merupakan tujuan datiteoti belajar...
A. Insight
B. Behaviorisme
C. Kogniitif
D. Conditioninq
#Soal 22
Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok masyarakat dan bangsa serta mendukung aturan sosial bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu hal yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral... ..
A. Prekonvensional
B. Konvensional
C. Postkonvensional
D. Interkonvensional
#Soal 23
Masa anak berusia 13-16 tahun mencapai tahapan perkembangan social dengan kesadaran hubungan aku engkau atau hubungan subyektif obyektif, tahapan dalam perkembangan ini berlangsung secara......
A. Subyektif
B. Subyektif menuju obyektif
C. prapuber menuju pubertas
D. obyektif
#Soal 24
Upaya untuk menganalisis hasil penilaian proses antara lain berupa kegiatan guru...
A. memeriksa dan memberikan nilai terhadap hasil catatan aktifitas tiap siswa dalam kegiatan di kelas
B. melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktifitas sangat positif
C. merencanakan pembelajaran remedial bagi siswa yang kurang baik berdasarkan penilaian nontes
D. melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktifitas kurang baik
#Soal 25
Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara:
A. pemberian penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
B. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan sumatif tiap siswa
C. mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam satu album sebagai bukti hasil belajar
D. mengumpulkan gambaran hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa p kok bahasan tertulis dan kemudian diberikan pengayaan
#Soal 1
Dalam proses pembelajaran, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap sebagai berikut, kecuali.....
A. Mendorong peserta didik untuk membuat keputusan sendiri
B. Memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan
C. Mengusahakan suasana belajar yang menyenangkan
D. Memasukan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya
JAWABAN : Pembelajaran yang efektif merupakan kegiatan mengajar yang dapat mencapai tujuan sesuai pada perencanaan awal dan peserta didik dapat menyerap materi pelajaran secara efisien. Oleh karena itu memberi balikan dan pengayaan bukan jawaban yang tepat karena tindakan tersebut adalah dindakan lanjutan setelah tujuan pembelajaran tercapai atau tidak tercapai
#Soal 2
Kriteria atau acuan dan pedoman dasar dalam menentukan pencapaian minimal hasil belajar peserta didik dinamakan.....
A. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
B. Standar Batasan Minimum Kelulusan
C. Ambang Batas Minimum Lulus
D. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
JAWABAN : Kriteria atau acuan dan pedoman dasar dalam menentukan pencapaian minimal hasil belajar peserta didik merupakan definisi dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)
#Soal 3
Aspek yang berkaitan dengan perasaan, emosi, sikap, dan derajat penerimaan maupun penolakan terhadap suatu obyek peserta didik.....
A. Afektif
B. Kognitif
C. Psikomotorik
D. Emotif
JAWABAN :
Ø Afektif = Aspek yang berkaitan dengan perasaan, emosi, sikap, dan derajat penerimaan maupun penolakan terhadap suatu obyek peserta didik
Ø Kognitif = aspek yang berkaitan dengan kemampuan intelektual siswa dalam berpikir, mengetahui dan memecahkan masalah
Ø Psikomotorik = aspek yang berhubungan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu
Ø Emotif = aspek yang berhubungan dengan emosi
#Soal 4
Kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan untuk suatu mata pelajaran maupun kompetensi dalam mata pelajaran tertentu harus dimiliki oleh peserta didik disebut.....
A. Kompetensi Dasar
B. Standar Kompetensi
C. Indikator
D. Kompetensi Lulusan
JAWABAN :
Ø Kompetensi Dasar = Kemampuan untuk mencapai kompetensi inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran
Ø Standar Kompetensi = Kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan untuk suatu mata pelajaran maupun kompetensi dalam mata pelajaran tertentu harus dimiliki oleh peserta didik
Ø Indikator = Ukuran, karakteristik, ciri-ciri, proses yang menggambarkan ketercapaian suatu Kompetensi Dasar
Ø Kompetensi Lulusan = kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan
#Soal 5
Berikut ini adalah prinsip-prinsip dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kecuali.....
A. Memperhatikan perbedaan individu
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
D. Keterkaitan dan keterpaduan isi dan silabus
JAWABAN : Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
Perbedaan individual peserta didik & Partisipasi aktif peserta didik.
Berpusat pada peserta didik
Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
#Soal 6
Yang tidak termasuk dalam beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh guru professional adalah.....
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Profesional
D. Kompetensi Keahlian
JAWABAN : kompetensi yang harus dimiliki oleh guru professional adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial
#Soal 7
Komponen Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) terdiri atas beberapa hal berikut ini, kecuali.....
A. Identitas mata pelajaran
B. Standar Kompetensi
C. Kompetensi Dasar
D. Kompetensi Peserta Didik
JAWABAN : Komponen Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) terdiri atas
Ø Identitas sekolah
Ø Identitas mata pelajaran
Ø Kelas/semester
Ø Materi pokok
Ø Alokasi waktu
Ø Tujuan pembelajaran yang dirumuskan
Ø Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
Ø Materi pembelajaran
Ø Metode pembelajaran
Ø Media pembelajaran
Ø Sumber belajar
Ø Langkah-langkah pembelajaran
Ø Penilaian hasil pembelajaran
#Soal 8
Berikut ini adalah beberapa inovasi pendidikan yang pernah dicetuskan oleh pemerintah, kecuali.....
A. Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA)
B. Guru Pamong
C. Sistem Belajar Jarak Jauh
D. Sekolah Mandiri
JAWABAN : inovasi pendidikan yang tidak pernah dicetuskan oleh pemerintah adalah sekolah mandiri
#Soal 9
Undang-undang yang mengatur tentang system Pendidikan nasional adalah.....
A. Undang-undang RI Nomor 9 Tahun 2003
B. Undang-undang RI Nomor 11 Tahun 2003
C. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003
D. Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2003
JAWABAN :
Ø Undang-undang RI Nomor 9 Tahun 2003 = Wewenang pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian Pegawai Negeri Sipil
Ø Undang-undang RI Nomor 11 Tahun 2003 = perubahan atas undang-undang RI no 53 Tahun 1999
Ø Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 = Undang-undang yang mengatur tentang system Pendidikan nasional
Ø Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2003 = Perhitungan anggaran negara 2001 dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa
#Soal 10
Peraturan Menteri Pendidikan nomor 20 Tahun 2007 mengatur tentang.....
A. Standar Penilaian Pendidikan
B. Standar proses belajar mengajar
C. Penilaian berbasis kelas
D. Sertifikasi Guru
JAWABAN :
Standar Penilaian Pendidikan = Peraturan Menteri Pendidikan nomor 20 Tahun 2007
#Soal 11
Kedudukan dosen sebagai tenaga profesional ditetapkan dalam.....
A. Bab II pasal 3 UU Guru dan dosen No. 14 Tahun 2005
B. Bab II pasal 2 UU Guru dan Dosen No. 4 Tahun 2005
C. Bab II pasal 3 UU Guru dan Dosen No. 20 Tahun 2005
D. Bab II pasal 2 UU Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005
JAWABAN : Kedudukan, fungsi dan tujuan dosen ditetapkan dalam Bab II pasal 3 UU Guru dan dosen No. 14 Tahun 2005
#Soal 12
Prinsip profesionalitas yang harus dimiliki dosen maupun guru sesuai UU Guru dan Dosen adalah sebagai berikut, kecuali.....
A. Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealism
B. Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu Pendidikan, keimanan, ketaqwaan, dan akhlak mulia.
C. Mampu mengenal karakteristik setiap peserta didik di sekolah maupun setiap mahasiswa pada perguruan tinggi.
D. Memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang Pendidikan sesuai dengan bidang tugas
JAWABAN :
Profesi guru dan profesi dosen merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan berdasarkan prinsip sebagai berikut:
memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme;
memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia;
memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas;
memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas;
memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan;
memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerja;
memiliki kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat;
memiliki jaminan perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas keprofesionalan; dan
memiliki organisasi profesi yang mempunyai kewenangan mengatur hal-hal yang berkaitan dengan tugas keprofesionalan guru.
#Soal 13
Yang termasuk kewajiban seorang guru dan dosen adalah....
A. Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan mengabdi kepada masyarakat.
B. Memperoleh penghasilan diatas kebutuhan minimum dan jaminan kesejahteraan sosial.
C. Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi.
D. Memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas dan hak atas kekayaan intelektual
#Soal 14
Yang tidak termasuk aspek evaluasi kurikulum adalah....
A. Evaluasi hasil implementasi kurikulum
B. Evaluasi implementasi kurikulum
C. Evaluasi dokumen kurikulum
D. Evaluasi komprehensif
#Soal 15
Kegiatan berikut ini yang merupakan salah satu cara untuk mengaktifkan indra peserta didik agar dapat berkembang secara maksimal, yaitu....
A. Peserta didik berolahraga di lapangan terbuka.
B. Guru memberi hadiah kepada peserta didik berprestasi
C. Peserta didik diajak berkarya wisata
D. Peserta didik belajar diruang laboratorium Bahasa
#Soal 16
Agar peserta didik terhadap materi yang kita berikan, maka gambar yang akan digunakan sebagawmedia pembelajaran dalam proses belajar S — R haruslah....
A. BerwarnaLGela
B. Seminimal mungki
C. Berwarna war
D. Semaksimal mungkin
#Soal 17
Di bawah merupakan contoh akan adanya dampek dari keyakinan pada kemampuan diri seorang peserta didik;yaitœ,..
A. Andi dapat menyelesaikan tugasnya dengan bantuan orang tua.
B. Budi merasakan sakit perut karena akan mengikuti tes.
C. Carlos merasakan pusing setelah mengerjakanugas yang diberikan gur
D. Dendi menanqis setelah berantem dengan agu untuWberebut mengerjakan-tugas.
#Soal 16
Pada waktu mengajar, guru memberikan hadiah ataupun pujian kepaada peserta didik yang berhasil menjawab atau menyelesaikan sebuah soal. Dalam perihal ini guru menerapkan teori belajar .
A. Clasical Conditioning
B. Connectionesm
C. Behaviorism
D. Operant Conditioning
#Soal 17
Ada beberapa tahap yang harus dilalui oleh seorang guru pada waktu mengembangkan strategi pembelajaran. Salah satunya adalah guru menetapkan ataupun merumuskan tujuan untuk mengukur keberhasilan dari proses pembelajaran tersebut. Apakah yang dapat dilakukan oleh guru tersebut pada tahapan pengembangan ?
A. Kurikulum
B. Kerangka pembelajaran
C. Sistem Pembelajaran
D. Rencana Pembelajaran
#Soal 18
Alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan efektif peserta didik adalah....
A. Tes obyektif
B. Tes berupa angket
C. Tes kemampuan gerak
D. Tes kemampuan fungsional otot tubuh
#Soal 19
Langkah pertama untuk mencari nilai rata-rata untuk data yang tidak dikelompokan dapat dilakukan dengan....
A. Menjumlahkan data nilai yang diperoleh
B. Menentukan jumlah keseluruhan pada data yang diperoleh
C. Menentukan nilai rata-rata dengan pendekatan rumus
D. Mencari nilai tertinggi dan terendah data yang diperoleh
#Soal 20
Yang tidak termasuk karakteristik kecerdasan interpersonal adalah....
A. Mampu eradaptasi dengan lingkungan belajar
B. Mampu kelompok
C. Mudah berkonsentrasi
D. Mampu men adi pemimpin
#Soal 21
Suatu teorif belajar dikembangkan untuk membangun prinsip-prinsip belajar secara ilmiah. Ini merupakan tujuan datiteoti belajar...
A. Insight
B. Behaviorisme
C. Kogniitif
D. Conditioninq
#Soal 22
Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok masyarakat dan bangsa serta mendukung aturan sosial bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu hal yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral... ..
A. Prekonvensional
B. Konvensional
C. Postkonvensional
D. Interkonvensional
#Soal 23
Masa anak berusia 13-16 tahun mencapai tahapan perkembangan social dengan kesadaran hubungan aku engkau atau hubungan subyektif obyektif, tahapan dalam perkembangan ini berlangsung secara......
A. Subyektif
B. Subyektif menuju obyektif
C. prapuber menuju pubertas
D. obyektif
#Soal 24
Upaya untuk menganalisis hasil penilaian proses antara lain berupa kegiatan guru...
A. memeriksa dan memberikan nilai terhadap hasil catatan aktifitas tiap siswa dalam kegiatan di kelas
B. melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktifitas sangat positif
C. merencanakan pembelajaran remedial bagi siswa yang kurang baik berdasarkan penilaian nontes
D. melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktifitas kurang baik
#Soal 25
Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara:
A. pemberian penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
B. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan sumatif tiap siswa
C. mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam satu album sebagai bukti hasil belajar
D. mengumpulkan gambaran hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa p kok bahasan tertulis dan kemudian diberikan pengayaan
Bagi yang mencari versi PDFnya bisa unduh file soal-soal ini melalui link dibawah ini:
- Soal PPPK Paket 1
- Soal PPPK Paket 2
- Soal PPPK Paket 3
- Soal Pedagogik
- Soal Sosial Kultural
- Soal Teknis
- Soal Profesional
- Ebook CPNS 2021 Terupdate
- Ebook PPPK Honorer K2
- Ebook PPPK Khusus Guru Lulus 100%
Sekian dulu tulisan 35 Soal Latihan PPPK Guru beserta Jawaban, semoga bermanfaat bagi kawan-kawan guru dan mampu meluluskan seleksi PPPK 2021, amiin.
Penulis @hakimlfc13
cpns 2021
cpns 2021 kapan
cpns 2021 guru
cpns 2021 kapan dibuka
cpns 2021 lulusan sma
cpns 2021 bulan apa
cpns 2021 maret
cpns 2021 kesehatan
cpns 2021 formasi
cpns 2021 apakah ada
cpns 2021 akan dibuka
cpns 2021 ada
cpns 2021 adakah
cpns 2021 awal maret
cpns 2021 apa saja
cpns 2021 akuntansi
cpns 2021 apoteker
cpns 2021 bkn
cpns 2021 bulan
cpns 2021 batal
cpns 2021 bulan berapa
cpns 2021 bulan maret
cpns 2021 bidan
cpns 2021 brebes
cpns 2021 cilacap
cpns 2021 cnn
cpns 2021 cumlaude
cpns 2021 cara daftar
cpns 2021 cakim
cpns 2021 contoh soal
cpns 2021 tjahjo kumolo
cpns 2021 ciamis
cpns 2021 ditiadakan
cpns 2021 dosen
cpns 2021 dibuka bulan maret
cpns 2021 dibatalkan
cpns 2021 dokter
cpns 2021 d3
cpns 2021 dan pppk
cpns 2021 detik
cpns 2021 ekonomi
cpns 2021 esdm
ebook cpns 2021
ebook cpns 2021 pdf
cpns 2021 formasi guru
cpns 2021 formasi sma
cpns 2021 farmasi
cpns 2021 formasi umum
cpns 2021 formasi kesehatan
cpns 2021 formasi perawat
cpns 2021 februari
cpns 2021 guru sd
cpns 2021 grobogan
cpns 2021 guru honorer
cpns 2021 gagal
cpns 2021 guru pai
cpns 2021 guru tk
cpns 2021 guru bahasa inggris
cpns 2021 honorer
cpns 2021 hukum
cpns 2021 hakim
cpns 2021 hoax
cpns 2021 hari ini
cpns 2021 harus ada toefl
cpns 2021 harus toefl
cpns 2021 hanya pppk
cpns 2021 info
cpns 2021 ipk
cpns 2021 ijazah sma
cpns 2021 ilmu komunikasi
cpns 2021 instagram
cpns 2021 indramayu
cpns 2021 imigrasi
cpns 2021 instansi
cpns 2021 jateng
cpns 2021 jurusan apa saja
cpns 2021 jepara
cpns 2021 jadwal
cpns 2021 jpnn
cpns 2021 jakarta
cpns 2021 jalur cumlaude
cpns 2021 januari
cpns 2021 kemenkumham
cpns 2021 kota semarang
cpns 2021 kebumen
cpns 2021 kudus
cpns 2021 kemenkes
cpns 2021 lulusan smk
cpns 2021 lulusan sma/smk
cpns 2021 lulusan s1
cpns 2021 lulusan d3
cpns 2021 liputan 6
cpns 2021 lowongan
cpns 2021 link
cpns 2021 magelang
cpns 2021 menpan rb
cpns 2021 mahkamah agung
cpns 2021 manajemen
cpns 2021 menpan
cpns 2021 maret formasi
cpns 2021 ma
cpns 2021 ntt
cpns 2021 nilai skd 2019
cpns 2021 ntb
cpns 2021 ngawi
cpns 2021 nganjuk
cpns 2021 nilai skd
cpns 2021 online
cpns 2021 okezone
cpns 2021 oktober
pendaftaran cpns 2021 online
soal cpns 2021 online
tes cpns 2021 online
daftar cpns online 2021
cpns 2021 pendaftaran
cpns 2021 perawat
cpns 2021 pertanian
cpns 2021 pati
cpns 2021 pemalang
cpns 2021 pppk
cpns 2021 pekalongan
cpns 2021 pdf
cpns 2021
cpns 2021 rekam medis
cpns 2021 resmi
cpns 2021 rejang lebong
cpns 2021 riau
cpns 2021 resmi dibuka
cpns 2021 radiologi
cpns 2021 kemenpan rb
cpns 2021 sma
cpns 2021 semarang
cpns 2021 smk
cpns 2021 sragen
cpns 2021 syarat
cpns 2021 surakarta
cpns 2021 s1
cpns 2021 salatiga
cpns 2021 tenaga kesehatan
cpns 2021 tidak ada
cpns 2021 telegram
cpns 2021 tenaga teknis
cpns 2021 terbaru
cpns 2021 tanggal
cpns 2021 temanggung
cpns 2021 teknik sipil
cpns 2021 untuk sma
cpns 2021 untuk smk
cpns 2021 untuk guru
cpns 2021 untuk umum
cpns 2021 untuk honorer
cpns 2021 umum
cpns 2021 untuk perawat
cpns 2021 untuk lulusan smk
viracun cpns 2021
cpns 2021 wonogiri
cpns 2021 web
cpns 2021 wonosobo
cpns 2021 wajib toefl
cpns 2021 website
wacana cpns 2021
waktu cpns 2021
cpns 2021 yogyakarta
cpns 2021 youtube
cpns 2021 yang dibutuhkan
cpns 2021 kapan buka
tes cpns 2021 kapan dibuka
pembukaan cpns 2021 kapan
cpns tahun 2021 kapan dibuka
lowongan cpns 2021 kapan
kapan cpns 2021 dilaksanakan
kapan cpns 2021 akan dibuka
cpns 2021 aceh
cpns 2021 ada atau tidak
cpns 2021 bali
cpns 2021 formasi apa saja
cpns 2021 passing grade
cpns 2021 khusus honorer
cpns 2021 jawa timur
cpns 2021 jogja
cpns 2021 jawa barat
cpns 2021 jember
cpns 2021 kemenag
cpns 2021 kalsel
cpns 2021 kompas
cpns 2021 kemenkeu
cpns 2021 kemendikbud
cpns 2021 lampung
cpns 2021 medan
cpns 2021 malang
cpns 2021 penyuluh pertanian
cpns 2021 pupr
cpns 2021 papua
cpns 2021 palembang
lowongan cpns 2021
kapan rekrutmen cpns 2021
cpns 2021 sipir
cpns 2021 surabaya
cpns 2021 segera dibuka
cpns 2021 sidoarjo
cpns 2021 tamatan sma
cpns 2021 tangerang
cpns 2021 tidak jadi
cpns 2021 untuk lulusan sma
cpns 2021 untuk s2
kapan ujian cpns 2021
cpns 2021 guru matematika
cpns 2021 guru bahasa arab
cpns 2021 guru bahasa indonesia
cpns 2021 guru bk
cpns 2021 guru biologi
cpns 2021 1 juta guru
kuota cpns guru 2021
lowongan cpns guru 2021
cpns 2021 guru paud
penerimaan cpns 2021 guru
syarat cpns 2021 guru
tes cpns guru 2021
penerimaan cpns guru tahun 2021
cpns 2021 batal dibuka
kapan cpns 2021 dibuka kembali
kapan pendaftaran cpns 2021 dibuka
penerimaan cpns 2021
pppk 2021 untuk honorer
pppk 2021 jalur umum
pppk 2021 untuk umum atau honorer
pppk 2021 formasi
syarat pppk 2021
syarat pppk 2021 guru
pppk untuk umum 2021
0 Response to "45 Soal dan Kunci Jawaban PPPK 2021 Try Out 5"
Post a Comment
PERHATIAN
- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.
- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.
Semoga selalu bahagia.