Formasi Seleksi CPNS 2021 untuk Lulusan SMA/SMK, Penuhi Persyaratan dan Dokumen Agar Lolos - Cendekiapedia -->
Formasi Seleksi CPNS 2021 untuk Lulusan SMA/SMK, Penuhi Persyaratan dan Dokumen Agar Lolos

Formasi Seleksi CPNS 2021 untuk Lulusan SMA/SMK, Penuhi Persyaratan dan Dokumen Agar Lolos

cendekiapedia.blogspot.com - Seleksi CPNS 2021 dikabarkan bakal dibuka terhadap bulan Maret 2021. Berikut formasi seleksi CPNS 2021 untuk lulusan SMA/SMK, langsung penuhi beberapa syarat dan dokumennya sehingga lolos.

Kuota penerimaan CPNS 2021, menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo bahwa bakal dibuka satu juta CPNS.

Formasi Seleksi CPNS 2021 untuk Lulusan SMA/SMK, Penuhi Persyaratan dan Dokumen Agar Lolos

“Penerimaan CPNS 2021, satu juta dulu,” kata Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo.

Seleksi CPNS 2021 bisa diikuti oleh siapapun, tidak cuma lulusan S1, S2, dan D3. Bahkan, lulusan SMA/SMK bisa ikuti seleksi CPNS 2021 dengan menyimak Lembaga/Kementerian yang membuka lowongan untuk SMA/SMK.

Calon pendaftar juga sebaiknya menyimak terlebih dahulu beberapa syarat dan dokumen yang harus diunggah sementara pendaftaran seleksi CPNS 2021, sehingga sementara seleksi administrasi pendaftar bisa lolos ke step tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Berikut daftar formasi seleksi CPNS 2021 untuk lulusan SMA/SMK, yang mengacu terhadap information pendaftaran CPNS 2019.

1. Kemenkumham

Formasi pendaftaran CPNS 2021 bagi lulusan SMA/SMK di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Sebelumnya Formasi Kemenkumham membuka lowongan CPNS terbesar bagi lulusan SMA dan SMK.

Berdasarkan information Kemenkumham, pendaftaran CPNS 2019 tercatat sebanyak 3.532 formasi tertentu lulusan SMA/SMK/MA. Selengkapnya, Anda bisa mendatangi website resmi Kemenkumham di https://cpns.kemenkumham.go.id.

2. Kejaksaan Agung

Berdasarkan information Kejaksaan Agung Republik Indonesia terkandung 2.000 formasi terhadap pendaftaran CPNS 2019 bagi lulusan SMA sederajat. Anda bisa memantau informasi terbaru di https://rekrutmen.kejaksaan.go.id.

3. KLHK

Lowongan CPNS 2019 di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membuka formasi bagi SMK. Berdasarkan pengumuman KLHK Nomor: PG.1/SETJEN/ROPEG/Peg.O/11/2019, terkandung 80 formasi bagi SMK, kemungkinan seleksi CPNS 2021 bakal membuka kembali.

Adapun jabatan bagi SMK yakni cuma diperuntukkan terhadap jabatan Pelaksana Pemula/Pemula Polisi Kehutanan. Untuk informasi, Anda bisa mendatangi website resmi di https://ropeg.menlhk.go.id.

4. Kementan

Kementerian Pertanian (Kementan) membuka lowongan CPNS bagi pelamar lulusan SMA. Pada seleksi CPNS 2019, Kementan membuka 45 formasi.

Informasi lebih lengkap, Anda bisa mendatangi laman resmi Kementan: https://cpns.pertanian.go.id.

5. Kemendikbud

Lowongan CPNS di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bagi lulusan SMA/SMK. Hal ini tertulis terhadap ketentuan resmi Mendikbud No: 126533/A.A3/KP/2019 berkenaan Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemendikbud Tahun 2019.

Kemendikbud membuka 11 formasi untuk 3 jabatan, yakni Pengadministrasi Keuangan 3 formasi, Teknisi Laboratorium 2 formasi, dan Teknisi Pemetaan dan Penggambaran 6 formasi. informasi selengkapnya bisa di cek di laman Kemendikbud: https://cpns.kemendikbud.go.id.

6. BIN

Lowongan CPNS di Badan Intelijen Negara (BIN) terkandung 200 formasi bagi lulusan SMA sederajat. Adapun jabatannya, yakni Pranata Komputer Pelaksana Pemula terhadap Sub Direktorat Liaison Direktorat Kerja Sama Internasional, dan Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri.

Berikut beberapa syarat umum yang harus dipenuhi oleh para pendaftar seleksi CPNS 2021 bagi lulusan SMA/SMK, diantaranya.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia paling rendah 18 th. dan paling tinggi 35 tahun, ketentuan lebih lanjut bakal diumumkan sesudah itu dan diatur terhadap portal SSCASN (https://sscasn.bkn.go.id)
  3. Tidak dulu dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang udah membawa kemampuan hukum senantiasa sebab lakukan tindak pidana atau kasus narkoba
  4. Tidak dulu diberhentikan dengan hormat tidak atas keinginan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  5. Tidak berkedudukan sebagai PNS/CPNS/Calon Anggota TNI/Polri dan juga Anggota TNI/Polri/Siswa Sekolah Ikatan Dinas Pemerintah
  6. Tidak menjadi Anggota atau Pengurus Partai Politik atau terlibat politik praktis
  7. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan Persyaratan Jabatan yang dilamar
  8. Bersedia mengabdi dan tidak mengajukan ubah dengan alasan apapun, minimal 10 th. sejak TMT CPNS.
  9. Bagi pelamar pria dan wanita dilarang punyai tato dan bagi pelamar pria dilarang punyai tindik.

Calon peserta CPNS 2021 formasi SMA/SMK harus menyiapkan dokumen yang udah discan untuk mengunggahnya terhadap sementara pendaftaran. 

Berikut dokumen yang harus diunggah di dalam pendaftaran CPNS 2021, pada lain:

  1. Scan pas foto berlatar belakang merah
  2. Scan swafoto
  3. Scan KTP
  4. Scan Surat Lamaran
  5. Scan Ijazah + Serdik/STR
  6. Scan Transkrip Nilai
  7. Scan dokumen pendukung lainnya.

Bagi calon peserta CPNS 2021 formasi SMA/SMK yang udah sesuai dengan beberapa syarat dan menyiapkan dokumen yang diperlukan.

Anda bisa menyimak langkah daftar lewat sscsn.bkn.go.id:

  1. Pelamar CPNS 2021 membuka portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id
  2. Pelamar membawa dampak account terlebih dahulu dengan klik menu Registrasi
  3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (No. KK) atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK)
  4. Lengkapi information diri layaknya Nama tanpa gelar, tempat tanggal lahir, model kelamin, e-mail, password, dan pertanyaan pengamanan
  5. Unggah pas foto berlatar belakang merah
  6. Cetak Kartu Informasi Akun

Setelah daftar, calon peserta CPNS 2021 formasi SMA/SMK memilih untuk melamar ke lembaga yang Anda minati sesuai dengan latar belakang pendidikan:
  1. Pelamar Login ke https://sscn.bkn.go.id manfaatkan NIK dan Password sementara pendaftaran
  2. Unggah foto diri memegang KTP dan Kartu Informasi Akun
  3. Lengkapi information pribadi
  4. Pilih Instansi, model formasi, pendidikan, dan jabatan
  5. Lengkapi information terhadap kolom yang tersedia
  6. Upload dokumen dan cek Resume
  7. Cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2021.

Calon pendaftar tersedia baiknya untuk memantau informasi mengenai dengan penerimaan CPNS 2021 di website resmi SSCN BKN.

Sumber pikiranrakyat
Edit @hakimlfc13

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "Formasi Seleksi CPNS 2021 untuk Lulusan SMA/SMK, Penuhi Persyaratan dan Dokumen Agar Lolos"

Post a Comment

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel