Sudah Rogoh Kocek Rp5,71 Triliun Pemerintah untuk BLT Guru Honorer - Cendekiapedia -->
Sudah Rogoh Kocek Rp5,71 Triliun Pemerintah untuk BLT Guru Honorer

Sudah Rogoh Kocek Rp5,71 Triliun Pemerintah untuk BLT Guru Honorer

cendekiapedia.blogspot.com - Pemerintah berencana memperluas sasaranbansos tunai (BLT) untuk pekerja bergaji di bawah Rp5 juta kepada segmen guru honorer. 

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengeluaran Kunta Wibawa Dasa Nugraha menyatakan total anggaran yang dibutuhkan untuk perluasan tersebut capai Rp5,71 triliun. 


"Diperlukan program-program baru yang perlu untuk kita lakukan juga di dalam program subsidi upah," ujarnya di dalam webinar yang digelar Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada, Minggu (11/10).

Nantinya, bakal tersedia 1,63 juta guru honorer berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan 749,5 ribu guru honorer berdasarkan data kementerian Agama yang disasar sebagai penerima. 

Meski demikian, kata Kunta, diperkirakan tak bakal tersedia anggaran tambahan untuk perluasan BLT tersebut. Sebab, alokasi awal BLT program subsidi gaji sebesar Rp37,87 triliun itu diprediksi cuma bakal terealisasi sebesar Rp31,2 triliun.

Artinya, masih bakal tersedia anggaran sebesar Rp6,67 triliun yang dapat digunakan untuk perluasan program. "Target awal penerima sebanyak 15,7 juta pekerja, tetapi prognosa realisasi cuma kira-kira 13 jutaan atau kira-kira Rp31,2 triliun," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemukakan realisasi penyaluran BLT kepada pekerja bergaji di bawah Rp5 juta capai 11,5 juta pekerja dari tujuan 15,7 juta pekerja.

Penyaluran dijalankan bertahap, yakni sebesar Rp1,2 juta untuk dua bulan pertama dan Rp1,2 juta untuk dua bulan berikutnya. "Realisasi penyaluran anggarannya sudah sebesar Rp13,9 triliun dari Rp37,7 triliun atau 36,9 persen," tandasnya.

Edit @hakimlfc13
Sumber CNN

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

1 Response to "Sudah Rogoh Kocek Rp5,71 Triliun Pemerintah untuk BLT Guru Honorer"

  1. Semoga saja beneran guru honorer dapat tambahan duit BLT, jangan hanya pekerja bergaji dibawah 5 juta saja. Soalnya gaji guru honorer memang kecil.

    ReplyDelete

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel