Membuka Lowongan 13.090 Pamong Belajar dari Kemendikbud, Begini Syaratnya - Cendekiapedia -->
Membuka Lowongan 13.090 Pamong Belajar dari Kemendikbud, Begini Syaratnya

Membuka Lowongan 13.090 Pamong Belajar dari Kemendikbud, Begini Syaratnya

cendekiapedia.blogspot.com - Direktorat GTK PAUD, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan, Kemendikbud, membuka kesempatan pengisian jabatan fungsional untuk pamong belajar satuan kesibukan belajar (SKB)/satuan pendidikan non formal (SPNF) dan penilik dengan sistem penyesuaian atau inpassing.


"Melalui program ini, kita mengidamkan memfasilitasi PNS jabatan administrasi/struktural atau fungsional umum yang berminat untuk mengembangkan karier di dalam jabatan fungsional pamong belajar SKB/SPNF dan penilik," ujar Direktur GTK PAUD Santi Ambarrukmi, di dalam info tertulisnya, Kamis 8 Oktober 2020.

Dia menyatakan untuk jabatan fungsional pamong balajar di seluruh Indonesia, setidaknya dibutuhkan 13.090 orang. Ini didasarkan kebutuhan dari sanggar kesibukan belajar atau SKB yang berada di tiap kabupaten/kota.

Setiap SKB setidaknya perlu 35 orang pamong belajar. Adapun untuk jabatan fungsional penilik, setidaknya dibutuhkan 19.623 orang dengan anggapan tiap-tiap kecamatan tersedia tiga hingga 12 orang penilik dan jumlah kecamatan di Indonesia sebanyak 6.541. Saat ini penilik yg tersedia kira-kira 3.000-an orang.

Santi menjelaskan, sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 42 Tahun 2018, dengan program inpassing, PNS yang boleh mendaftar tidak perlu lulusan sarjana pendidikan. 

Namun, PNS itu perlu punyai pengalaman terlibat di dalam pendidikan nonformal, setidaknya dua tahun. Untuk dapat menempati jabatan fungsional pamong belajar dan penilik, para kandidat terlebih dahulu perlu meniti uji kompetensi yang rencananya bakal dijalankan pada 11-12 November 2020.

Sementara untuk pendaftaran sudah bakal di awali pada tanggal 12-16 Oktober 2020. Pendaftaran dijalankan secara daring melalui jabfung.kemdikbud.go.id

Analis Kebijakan pada Direktorat GTK PAUD Adjang Surahman beri tambahan PNS yang dapat mengikuti inpassing adalah paling rendah pangkatnya penata muda, golongan IIIA untuk menjadi pamong belajar. 

Sementara untuk penilik, sedikitnya penata muda tingkat I, golongan IIIB. Usia maksimal belum 56 th. untuk yang berpangkat IIID ke bawah, tetapi apabila berpangkat IVA ke atas usianya belum 58 tahun.

Koordinator Pokja Tata Kelola SDM Direktorat GTK PAUD Suhatri menyatakan jabatan fungsional pamong belajar adalah jabatan yang membawa ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk lakukan kesibukan belajar dan mengajar. 

Selain itu, pengkajian program dan juga pengembangan style pendidikan nonformal dan informal pada unit pelaksana tehnis pusat/daerah dan satuan pendidikan nonformal.

Sementara jabatan fungsional penilik adalah jabatan yang membawa ruang lingkup tugas, tanggung jawab dan wewenang untuk lakukan kesibukan pengendalian mutu. Selain itu juga evaluasi pada efek program pendidikan anak umur dini (PAUD), pendidikan keaksaraan dan kesetaraan, dan juga kursus pada jalan pendidikan nonformal dan informal (PNFI).

Mengenai jenjang jabatan, untuk pamong belajar terdiri dari pamong belajar pakar pertama, pamong belajar pakar muda, dan pamong belajar pakar madya. Sementara jenjang penilik, yakni penilik pakar pertama, penilik pakar muda, penilik pakar madya, dan penilik pakar utama.

Uji kompetensi dijalankan secara daring dan pengumuman kelulusan dari hasil uji kompetensi bakal dijalankan pada 20-30 November 2020. 

Edit @hakimlfc13
Sumber Antara

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "Membuka Lowongan 13.090 Pamong Belajar dari Kemendikbud, Begini Syaratnya"

Post a Comment

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel