Kartu Prakerja Gelombang 11 Bakal Dibuka? Ini Dia Penjelasan berasal dari Kemenko Perekonomian - Cendekiapedia -->
Kartu Prakerja Gelombang 11 Bakal Dibuka? Ini Dia Penjelasan berasal dari Kemenko Perekonomian

Kartu Prakerja Gelombang 11 Bakal Dibuka? Ini Dia Penjelasan berasal dari Kemenko Perekonomian

cendekiapedia.blogspot.com - Pemerintah sudah resmi menutup pendaftaran prakerja gelombang 10 pada Senin (28/9/2020). Pendaftaran kartu prakerja gelombang 10 sudah meloloskan 116.000 peserta yang memenuhi syarat.

Adapun pada pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 9 yang dilangsungkan sebelumnya, peserta yang diloloskan berjumlah 800.000 peserta.

Program pemerintah yang sudah digulirkan sejak tanggal 11 April 2020 ini sudah mecapai angka 98 % berasal dari keseluruhan keseluruhan target penerima untuk th. 2020.

Angka 98 % selanjutnya berhasil dicapai pada penutupan pendaftaran gelombang 9 pada 21 September lalu. Yakni 5.480.918 peserta berasal dari keseluruhan kuota th. 2020 yang sebesar 5.597.183 orang.

Gelombang 11 prakerja segera dibuka

Sisa kuota sebesar 116.261 diserap lewat pendaftaran gelombang 10. Sehingga keseluruhan kuota 5,6 juta peserta pendaftar Kartu Prakerja terpenuhi.

Lantas, apakah Kartu Prakerja Gelombang 11 dapat dibuka?

Berdasarkan keterangan tertera berasal dari Kemenko Perekonomian, Kartu Prakerja Gelombang 10 merupakan batch terakhir.

Sesuai bersama Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian Nomor 11 th. 2020, tiap tiap penerima Kartu Prakerja kudu menggunakan pertolongan untuk ikuti pelatihan pertama didalam pas 30 hari sejak menerima Kartu Prakerja. Apabila tidak jalankan hal ini, maka kepesertaannya dapat dicabut.

Hingga hari ini sudah tersedia 189.436 orang yang dicabut kepesertaannya atau setara bersama 3,46 % berasal dari keseluruhan penerima Kartu Prakerja gelombang 1-9 yang berjumlah 5.480.918 orang.

Dari pencabutan kepesertaan ini, sejumlah Rp 672,49 miliar sudah dikembalikan ke Rekening Kas Umum Negara (RKUN). Komite Cipta Kerja dapat mengambil keputusan berapa dan kapan dana yang kembali ke RKUN ini dapat dipulihkan dan dialokasikan kepada peserta lainnya.

Artinya Kemenko Perekonomian menginformasikan bahwa tersedia bisa saja Kartu Prakerja Gelombang 11 dibuka, tapi tidak didalam pas dekat.

Sebagai informasi, Program Kartu Prakerja adalah pertolongan biaya pelatihan untuk mengembangkan kompetensi, produktivitas, kekuatan saing dan kewirausahaan angkatan kerja Indonesia.

Kartu Prakerja tidak menggunakan kartu fisik, tapi 16 angka unik seperti didalam kartu kredit, yang saldonya bisa dipakai untuk membayar pelatihan. Sasaran penerima Kartu Prakerja adalah WNI berusia 18 th. ke atas dan tidak sedang sekolah/kuliah.

Guna merespons pengaruh pandemi COVID-19, Kartu Prakerja bersifat semi-bansos. Setiap penerima Kartu Prakerja beroleh pertolongan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta dan insentif pasca-pelatihan sebesar Rp 2,4 juta.

Insentif selanjutnya dibayarkan secara bertahap didalam pas 4 bulan bersama besaran Rp 600 ribu tiap tiap bulannya, serta insentif pasca-survei maksimal sebesar Rp 150 ribu untuk 3 survei evaluasi.

Edit @hakimlfc13
sumber Pikiranrakyat

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "Kartu Prakerja Gelombang 11 Bakal Dibuka? Ini Dia Penjelasan berasal dari Kemenko Perekonomian"

Post a Comment

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel