Akhirnya Seleksi CPNS Dibuka Lagi di 2021 - Cendekiapedia -->
Akhirnya Seleksi CPNS Dibuka Lagi di 2021

Akhirnya Seleksi CPNS Dibuka Lagi di 2021

cendekiapedia.blogspot.com - Pemerintah membuka ulang seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi th. 2021. Sebelumnya, rekrutmen aparatur negara ini dapat disetop selama dua th. lantaran anggaran diprioritaskan terhadap penanganan COVID-19.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB), Tjahjo Kumolo, memastikan dapat tersedia penerimaan PNS ulang di th. 2021. Hanya saja, lowongan yang dibuka terbatas dan disesuaikan kebutuhan.

Berikut fakta-fakta mengenai seleksi CPNS: 

Tidak Ada Penerimaan PNS di 2020

Tjahjo memastikan pemerintah tidak lakukan rekrutmen PNS untuk th. 2020. Kebijakan itu atas pertimbangan terbatasnya anggaran negara yang udah diprioritaskan untuk penanganan virus corona dan pemulihan ekonomi nasional.

Akhirnya CPNS 2021 Dibuka

Selain itu, sistem rekrutmen CPNS untuk formasi 2019 juga belum selesai. Pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar memicu kronologis seleksi tertunda selama 6 bulan dan baru dilanjutkan ulang terhadap Selasa (1/9).

Seleksi CPNS Kembali Dibuka untuk Tahun 2021

Sementara untuk penerimaan CPNS th. 2021 yang pada mulanya diwacanakan tidak ada, kini dapat ulang digelar. Hanya saja, menurut Kepala Biro Humas Kementerian PAN-RB, Andi Rahadian, rekrutmen di th. depan dilakukan secara terbatas.

Andi menuturkan, rekrutmen berikut dapat lebih diprioritaskan untuk posisi tenaga pendidik atau guru, tenaga kesehatan, dan juga tenaga teknis. Sedangkan untuk berapa banyak yang dapat diterima, juga masih dalam langkah pembahasan.

"Perencanaan pengadaan formasi ASN dilakukan menyesuaikan bersama dengan arah pembangunan nasional dan potensi daerah," ujar Andi kepada kumparan, Selasa (1/9).

Ada Penerimaan 1 Juta Guru PNS

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo pada mulanya menuturkan, dapat tersedia penerimaan untuk 1 juta guru untuk formasi CPNS 2021.

Selain itu, rekrutmen juga dapat diutamakan untuk tenaga kesehatan seperti bidan sampai perawat, dan juga tenaga tekhnis penyuluhan.

"Tahun depan udah kita sepakati adanya pengadaan 1 juta guru, pengadaan bidan, perawat, dokter itu lebih tidak cukup 200.000 sekian. Penyuluh pertanian, penyuluh KB, penyuluh PU," ujar Tjahjo.


Edit @hakimfc13
Sumber kumparan

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "Akhirnya Seleksi CPNS Dibuka Lagi di 2021 "

Post a Comment

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel