Ada Masa Sanggah Pengumuman Hasil CPNS 2019, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui - Cendekiapedia -->
Ada Masa Sanggah Pengumuman Hasil CPNS 2019, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui

Ada Masa Sanggah Pengumuman Hasil CPNS 2019, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui

cendekiapedia.blogspot.com - Panitia seleksi nasional (Panselnas) rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) Formasi 2019 sediakan era sanggah pengumuman hasil. Pada rekrutmen-rekrutmen CPNS di awalnya tidak tersedia era sanggah pengumuman hasil akhir CPNS. 



Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan, bagi peserta CPNS Formasi 2019 diberikan dua era sanggah. "Pertama waktu pengumuman seleksi administrasi, yang ke dua ya nanti waktu pengumuman hasil," kata Paryono waktu dihubungi, Kamis (22/10/2020). 

Masa sanggah bisa digunakan untuk mengakomodasi pengaduan berasal dari peserta pada hasil pengumuman yang disampaikan tiap-tiap instansi. 

Yang perlu diketahui soal era sanggah pengumuman hasil CPNS 

1. Lama era sanggah Masa sanggah pengumuman hasil CPNS diberikan sepanjang tiga hari yaitu pada 1-3 November 2020. "Masa sanggah itu nanti sesudah tersedia pengumuman. Masa sanggah 1-3 November," kata dia. Sementara, waktu ini sedang berjalan rekonsiliasi integrasi hasil SKD dan SKB antara Panselnas bersama dengan semua instansi pusat dan daerah. 

Setelah era sanggah, akan dilaksanakan pemberkasan dan usul penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) hingga 30 November 2020. Menurut informasi resmi berasal dari BKN, proses penetapan NIP tahun ini akan dilaksanakan secara digital lewat aplikasi DocuDigital. 

2. Peserta yang bisa lakukan sanggahan Seluruh peserta CPNS yang dinyatakan lolos seleksi kompetensi dasar (SKD) dan udah mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) diperbolehkan lakukan penyanggahan hasil. "Iya (yang bisa lakukan penyanggahan semua peserta) yang tempo hari ikut SKB," ujar Paryono. 

Diketahui, sebanyak 297.942 peserta terdiri berasal dari 44.631 peserta instansi pusat dan 253.311 peserta instansi daerah udah lakukan SKB bersama dengan metode CAT BKN pada 1 September-12 Oktober 2020. 

3. Ketentuan dan persyaratan Unsur yang bisa disanggah oleh peserta CPNS meliputi hal-hal yang bisa berdampak pada perubahan hasil seleksi. Contohnya, peserta yang mengikuti SKD dan SKB udah bisa jelas nilainya dan lawan-lawannya. 

Jika terkandung kejanggalan, maka peserta bisa lakukan sanggahan. "Misalnya menurut hitung-hitungan peserta bahwa nilainya masuk didalam ranking yang di terima sesuai formasi tapi ternyata tidak," ujar Paryono. "Sekarang peserta tes kan udah jelas nilainya (SKD dan SKB), baik dirinya maupun lawan-lawannya terlebih yang tidak menggunakan tes SKB tambahan," lanjut dia. 

4. Portal SSCASN Paryono mengatakan, sanggahan dimaksudkan kepada instansi yang dilamar dan disampaikan lewat fitur yang tersdeia pada web site SSCASN. Mekanisme pelaporan akan tersedia dan bisa diakses peserta sesudah pengumuman.

Portal SSCASN ini termasuk digunakan waktu pendaftaran peserta CPNS. Sementara itu, Panselnas menjadwalkan Terhitung Mulai Tanggal (TMT) CPNS 2019 direncanakan akan ditetapkan per 1 Desember 2020. Jumlah instansi yang mengakses rekrutmen CPNS Tahun 2019 sebanyak 521 instansi, bersama dengan rincian 65 instansi pusat dan 456 instansi daerah. 

Edit @hakimlfc13 
Sumber kompas

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "Ada Masa Sanggah Pengumuman Hasil CPNS 2019, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui "

Post a Comment

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel