Model Pembelajaran Studysaster- Peran Guru Cegah Covid-19 - Cendekiapedia -->
Model Pembelajaran Studysaster- Peran Guru Cegah Covid-19

Model Pembelajaran Studysaster- Peran Guru Cegah Covid-19

cendekiapedia.blogspot.com - Tema hari pendidikan nasional tahun ini yang mengangkat “belajar berasal dari covid-19” mengingat pengaruh berasal dari virus ini sebetulnya jadi terlampau masif sungguh tepat dan menarik. Yang paling jadi di dalam dunia pendidikan adalah kesibukan studi mengajar kudu ditunaikan di rumah, sebagai pengaruh kebijakan physical distancing.


Model pembelajaran studysaster

Pada dasarnya dengan studi dan berdiam diri di rumah, peserta didik udah berkontribusi di dalam menghimpit penyebaran Covid-19, tapi bukan artinya mereka tidak punya peluang untuk mengimbuhkan sumbangsih lainnya. Begitu terhitung guru, walau kudu mengajar berasal dari rumah, guru bisa berkontribusi di dalam pencegahan covid-19 dengan mengintegrasikan pendidikan berkenaan bencana kesehatan di dalam pembelajaran.

Disitulah tipe pembelajaran Studysaster lakukan perannya, harapannya siswa bisa mengedukasi dirinya sendiri maupun orang lain berkenaan Covid-19 berasal dari hasil karya pembelajaran berupa puisi, cerpen, video, foto, poster, komik atau lainnya.

Tentu dengan bimbingan secara daring oleh guru pengampu setiap mata pelajaran. Nama Studysaster disita berasal dari akronim “study” yang di dalam bahasa Indonesia artinya belajar, dan “disaster” artinya bencana. Model pembelajaran ini dapat memudahkan guru untuk mengintegrasikan pendidikan bencana kesehatan Covid-19 di dalam kesibukan pembelajaran.

Model pembelajaran Studysaster bisa didefinisikan sebagai sebuah tahapan pembelajaran yang sistematis di dalam mengorganisasikan pengalaman belajar, untuk memaksimalkan pengintegrasian pendidikan kebencanaan (pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencana) di dalam kesibukan pembelajaran. Model ini mempunyai 6 cara pembelajaran sebagai berikut:

Identification / Identifikasi

Pada cara mengidentifikasi, peserta didik dengan dengan guru mempelajari dan berdiskusi berkenaan definisi maupun jenis-jenis bencana yang ada dan penyebab terjadinya bencana. Yaitu bencana kesehatan Covid-19 yang kami alami waktu ini. 

Berdiskusi berkenaan gambaran kondisi tempat tinggal, lingkungan tempat tinggal, dan tipe pembelajaran Studysaster melalui tempat daring. Dari diskusi selanjutnya peserta didik dengan bimbingan guru bisa lakukan identifikasi efek bencana kesehatan Covid-19 terhadap dirinya sendiri, maupun orang-orang di lingkungan tempat tinggalnya.

Search / Mencari

Peserta didik menyaksikan contoh-contoh pekerjaan atau tugas pembelajaran berkenaan bencana kesehatan Covid-19 di internet atau sumber lain yang relevan, sembari tetap berdiskusi melalui tempat daring seperti grup whatsapp, zoom atau google classroom.

Kegiatan selanjutnya dapat mengimbuhkan motivasi di dalam melacak dan sadar rancangan memvisualkan/menuliskan gagasan sehingga menjadi sebuah karya yang bisa mengedukasi orang lain berkenaan Covid-19 bisa berupa poster, komik, video, music, puisi, cerpen atau karya hasil pembelajaran lainnya. Dilanjutkan melacak cara atau teknik pembuatan karya selanjutnya melalui google, youtube, buku maupun sumber lain yang relevan.

Plan / Merencanakan

Setelah peserta didik lakukan proses melacak referensi maka dapat keluar ide/imajinasi awal untuk membuat konsep, pesan, tema dan visual yang dapat dituangkan di dalam sebuah karya hasil pembelajaran. Ide berkenaan karya kebencanaan kesehatan Covid-19 yang tetap abstrak selanjutnya sesudah itu di visualkan/dituliskan di dalam wujud sketsa kasar atau kerangka tulisan, sebagai acuan di dalam membuat karya pembelajaran.

Create / Mencipta

Setelah menemukan ide/pesan dan rancangan karya yang dapat dikerjakan, maka peserta didik jadi memvisualkan/menuliskan rancangan selanjutnya di dalam tempat masing-masing. Jika tugasnya berupa pembuatan puisi, maka medianya bisa berupa postingan buku atau softfile, tugas berupa poster maka medianya di buku gambar, tugas membuat vlog bisa manfaatkan handphone dengan hasil file video dan sebagainya. 

Karya pembelajaran selanjutnya hasil selanjutnya kudu berupa file digital, sehingga yang tetap di dalam wujud manual diubah menjadi digital, kalau tugas membuat puisi di buku tulis bisa digitalkan dengan diketik atau difoto.

Share / Membagikan

Langkah share/membagikan merupakan kesibukan untuk mengedukasi orang lain secara luas. Peserta didik membagikan karya pembelajaran berkenaan bencana kesehatan Covid-19 yang dibuatnya kepada orang lain secara konvensional atau online.

Peserta didik bisa mendiseminasikan karyanya secara segera kepada orang-orang di rumahnya, terhitung membagikan karyanya melalui akun tempat sosial mereka seperti facebook, instagram, twitter, blog atau youtube. Sehingga bisa dilihat, dibaca dan merubah orang lain untuk turut lakukan pencegahan Covid-19 di dalam cakupan yang lebih luas tanpa kudu lakukan pertemuan/kontak fisik.

Practice / Mepraktikkan

Karya pembelajaran berkenaan bencana Covid-19 selanjutnya kudu untuk dipraktikkan di dalam kehidupan sehari-hari sehingga yang mereka lakukan tidak hanya terhadap tataran konseptual saja. Seperti ketika membuat karya poster berkenaan cara mencuci tangan yang baik dan benar, maka peserta didik kudu lakukan cuci tangan sesuai yang udah disampaikan di dalam posternya. 

Selanjutnya kesibukan selanjutnya didokumentasikan berupa foto untuk di laporkan ke guru sebagai bukti dia udah lakukan cara practice/praktik. Dengan studysaster guru bisa berkontribusi nyata yang berdampak luas di dalam pencegahan Covid-19. Satu guru dapat membimbing banyak peserta didik untuk mengedukasi dirinya sendiri. 

Selanjutnya puluhan atau ratusan siswa selanjutnya dapat mengedukasi orang disekitarnya, terhitung penduduk luas melalui tempat sosial yang mereka miliki. Dengan cara seperti itu guru sebagai salah satu komponen bangsa, bisa dipastikan mempunyai peran strategis di dalam lakukan edukasi pencegahan dan menghimpit penyebaran Covid-19.


Edit @hakimlfc13
Inspirasi Kemendikbud

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "Model Pembelajaran Studysaster- Peran Guru Cegah Covid-19"

Post a Comment

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel