Ini 84 Soal TWK SKD CPNS 2018 yang Mengecoh dan Sering Keluar Tiap Tahun, Beserta Jawabannya - Cendekiapedia -->
Ini 84 Soal TWK SKD CPNS 2018 yang Mengecoh dan Sering Keluar Tiap Tahun, Beserta Jawabannya

Ini 84 Soal TWK SKD CPNS 2018 yang Mengecoh dan Sering Keluar Tiap Tahun, Beserta Jawabannya

cendekiapedia.blogspot.com - Ini 84 Soal TWK SKD CPNS 2018 yang Mengecoh dan Sering Keluar Tiap Tahun, Beserta Jawabannya, Soal TWK HOTS Gratis.

TES Karakteristik Pribadi (TKP) memang disebut-sebut sebagai momok dalam tes SKD CPNS 2018.

Ini 84 Soal TWK SKD CPNS 2018 yang Mengecoh dan Sering Keluar Tiap Tahun, Beserta Jawabannya
TWK CPNS

Banyak pelamar CPNS 2018 berguguran akibat TKP mereka tak mencapai passing grade yang ditentukan.

Di berbagai media sosial banyak pelamar CPNS 2018 mengeluhkan sulitnya mencari jawaban yang paling tepat dalam soal TKP di seleksi kompetensi dasars (SKD).

Dalam seleksi CPNS 2018, tes SKD merupakan tes awal dimana tes itu terdiri dari 100 soal pilihan.

Di dalam 100 soal itu terbagi menjadi 3 jenis soal. Antara lain tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Bagi CPNS 2018 yang melamar kategori formasi umum, maka mereka wajib lulus passing grade untuk masih-masing jenis soal di SKD.

Passing grade yang sudah ditentukan, yakni TWK harus mendapat 75, lalu TIU harus 80, dan TKP harus mencapai 143.

Untuk TWK dan TIU, jawaban benar diberi poin 5, sedangkan jawaban salah diberi poin 0. Sehingga pelamar CPNS 2018 setidaknya mesti benar mengerjakan paling sedikit 16 soal di tes TWK dan TIU.

Sementara itu untuk soal TKP sebenarnya tak ada jawaban salah. Setiap pilihan di soal TKP memiliki poin 1 sampai 5.

Poin 5 diberikan untuk jawaban yang paling tepat.

Tapi alih-alih fokus mempelajari TKP, beberapa pelamar CPNS 2018 justru gugur di soal TWK saat TKP-nya sudah lolos passing grade.

Ya, soal TWK di SKD CPNS 2018 juga tak boleh diremehkan. TWK memiliki beberapa jenis soal yang bisa mengecoh pelamar CPNS 2018 apabila tak mempelajarinya dengan benar.

Dibawah ini adalah rangkuman soal TWK yang kerap mengecoh. Total ada 84 soal, dan dirangkum dari 10 paket soal modul CPNS 2018. Simak yuk :
  1. Pancasila Sebagai dasar negara pada hakikatnya telah menjadikan bangsa Indonesia ber-Pancasila dalam tiga prakara atau tiga asas, yakni Kebudayaan, Relligius, dan Kenegaraan.
  2. Ideologi secara umum adalah suatu kumpulan gagasan, ide, keyakinan, serta kepercayaan yang bersifat sistematis yang mengarahkan tingkah laku seseorang dalam berbagai kehidupan . Sebagai ideologi, Pancasila termasuk ke dalam ideologi terbuka karena penguasa bertanggung jawab pada masyarakat sebagai pengembang amanat rakyat. Ciri-ciri ideologi terbuka : (a) Nilai-nilai dan cita-cita digali dari kekayaan adat istiadat, budaya, dan religius masyarakatnya. (b) Menerima reformasi (c) Penguasa bertanggung jawab pada masyarakat sebagai pengembang amanat rakyat.
  3. Pancasila sebagai suatu ideologi tidak bersifat kaku dan tertutup, namun bersifat reformatif, dinamis,dan terbuka. Hal ini dimaksudkan bahwa ideologi pancasila bersifat aktual, dinamis, dan antisipatif. Dan senantiasa mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman,ilmu pengetahuan,dan teknologi serta dinamika perkembangan aspirasi masyarakat
  4. Ideologi Pancasila berdasar pada hakikat sifat kodrat manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.Oleh karena itu, ideologi pancasila mengakui kebebasan hak-hak masyarakat. Kebebasan manusia dalam rangka demokrasi tidak melampaui hakikat nilai-nilai Ketuhanan
  5. Konstitusi Indonesia yang dikenal sebagai UUD 1945 dalam konteks klasifikasi konstitusi adalah konstitusi yang tertulis, fleksibel, rigid.
  6. UUD 1945 sebagai hukum dasasr negara kesatuan republik indonesia dipenuhi perdebatan yang sengit pada proses pembentukannya,terutama antara para founding fathers sebagai berikut,kecuali HOS Tjokroaminoto (yg berdebat Soepomo, Muhammad Hatta, Muhammad Yamin,dan Soekarno)
  7. Sumber hukum formal :Undang-undang, kebiasaan, keputusan2 hakim,traktat, pendapat sarjana hukum (doktrin)
  8. Masalah yang dijangkau PTUN, antara lain bidang ekonomi, bidang sosial, bidang HAM, dan bidang hukum.
  9. Sifat kedaulatan menurut jean Bodin : (a) Asli : kekuasaan tidak berasal dari kekuasaan lain yang lebih tinggi (b) Abadi :kekuasaan itu tetap ada meskipun negara itu berdiri maskipun pemegang kedaulatannya berganti-ganti. (c) Tunggal : kekuasaan merupakan satu-satunya kekuasaan tertinggi dalam negara yang tidak diserahkan atau dibagi-bagi kepada badan lain. (d) Tidak terbatas : kekuasaan itu tidak dapat dibatas oleh kekuasaan lain.
  10. Sejalan dengan perubahan politik pemerintah kolonial, Wahidin Sudirohusodo, yang sejak tahun 1901 menjadi redaktur majalan Retnodhumilah,melalui majalahnya mempropagandakan pentingnya pendidikan. Bentuk propagandanya adalah beasiswa bagi orang-orang cerdas tetapi tidak mampu.
  11. Ketua Indische Vereeniging,Nazir Datuk Pamuncak, menegaskan politik non-koperasi sebagai sendi perjuangan rakyat Indonesia
  12. Perkembangan perhimpunan iindonesia menjadi organisasi politik terutama merupakan hasil usaha, Muhammad Hatta.
  13. Pemberontakan PKI di Madiun dipimpin Amir Syarifudin,
  14. UU nomor 48 Tahun 2009 tentang kekuasaan kehakiman.
  15. Hal penting yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan otonomi daerah adalah kukuhnya persatuan dan kesatuan bangsa.
  16. Badan pertimbangan pendidikan nasional (BPPN) dibentuk dan anggotanya diangkat oleh presiden sebagai wujud lembaga pembantu presiden dalam bidang pendidikan.
  17. Unsur-unsur yang harus ada dalam negara menurut Oppenheim Lauterpacht adalah : (a) rakyat, (b) daerah, dan (c) pemerintah yang berdaulat. Ketiga unsur itu disebut sebagai unsur konstitutif atau pembentuk. Bentuk teritorial contohnya negara kepulauanm sedangkan kenegaraan berfokus pada sistem, dan erat pada ideologi.
  18. Perjuangan Serikat Islam merupakan pergerakan dagang. Sebab ditinjau dari anggaran dasarnya, dapat disimpulkan serikat islam bertujuan untuk : (a) mengembangkan jiwa dagang, (b) membantu anggota-anggota yang mengalami kesulitan dalam bidang usaha, (c) memajukan pengajaran dan semua usaha yang mempercepat naiknya derajat rakyat, (d) memperbaiki pendapat-pendapat yang keliru mengenai agama islam, (e) hidup menurut perintah agama.
  19. Budi Utomo yang berdiri pada 20 Mei 1908 dipelopori oleh Wahidin Sudirohusodo.
  20. Anggota panitia sembilan : (1) Ir Soekarno sebagai ketua,(2) Drs. Mohammad Hatta sbg wakil ketua, (3) Mr Achmad Soebardjo, (4) Mr Mohammad Yamin, (5) KH. Wahid Hasjim, (6) Abdoel Kahar Moezakir, (7) Abikusno Tjokrosujono, (8) H. Agus Salim, (9) Mr. Alexander Andries Maramis.
  21. Tahap perjanjian internasional menurut Konvensi WINA 1969, antara lain Perundingan (negotiation), Penandatanganan (signature), dan Pengesahan (ratification).
  22. Syarat jadi anggota PBB : (1) negara yang merdeka, (2) negara itu mencintai perdamaian, (3) bersedia memenuhi kewajiban-kewajiban anggota PBB,(4) Mendapat persetujuan dari Dewan Keamanan PBB dan disetujui oleh Majelis Umum PBB.
  23. Berdasarkan UUD 1945 (sebelum amandemen), sistem pemerintahan negara Republik Indonesia sebagai berikut : (a) Indonesia berdasarkan negara hukum, tidak berdasarkan kekuasaan belaka, (b) pemerintahan berdasarkan atas sistem konstitusi (hukum dasar) tidak bersifat absolut, (c) kekuasaan negara tertinggi berada di tangan MPR, (d) Presiden adalah penyelenggara pemerintah negara yang tertinggi dibawah MPR, (d) Presiden tidak bertanggungjawab kepada DPR, (e) Menteri negara adalah pembantu presiden, (f) Kekuasaan kepala negara tidak terbatas.
  24. Pada 1983. UUD merupakan konstitusi yang tertulis, dinyatakan oleh Kusnardi dan Ibrahim.
  25. Hugo de Groot mengemukakan bahwa hukum adalah peraturan tentang perbuatan moral yang menjamin keadilan.
  26. Pemerintah pusat memberikan kekuasaan kepada daerah dikarenakan pemerintah pusat tidak dapat menyelesaikan semua urusan di daerah (tugas pembantuan).
  27. Soekarno-Hatta diamankan ke Rengasdengklok atas hasil rapat pemuda yang diselenggarakan di Lembaga Bakteriologi (Laboratorium Mikrologi). Rapat dipimpin oleh Chaerul Saleh.
  28. Setelah sepakat memproklamirkan proklamasi, Ir Sukarno yang menuliskan konsep naskah proklamasi, sedangkan Moh. Hatt dan Mr Ahmad Subarjo menyumbangkan pikiran lisan. Kelimat pertama naskah proklamasi merupakan saran dari Mr. Ahmad Subarjo, sedangkan kalimat terakhir merupakan sumbangan pikiran dari Moh. Hatta mengenai pengalihan kekuasaan.
  29. Suatu perjanjian internasional dinyatakan ditangguhkan jika tujuan perjanjian internasional tersebut telah tercapai.
  30. Instrumen perjanjian internasional tertulis, anara lain : treaty, convention, agreement, arrangement, charter, dan covenant.
  31. Paham negara integralistik memiliki pandangan sebagai berikut : (a) negara merupakan susunan masyarakat yang integral, (b) semua golongan, bagian, dan anggotanya berhubungan erat satu dengan lainnya, (c) semua golongan, bagian, dan anggotanya merupakan persatuan masyarakat yangorganis, (d) yang terpenting dalam kehidupan bersama adalah perhimpunan bangsa seluruhnya, (e) negara tidak memihak kepada suatu golongan atau perseorangan, (f) negara tidak menganggap kepentingan seseorang sebagai pusat, (g) negara tidak hanya menjamin kepentingan seseorang atau golongan tertentu saja, (h) negara menjamin kepentingan masyarakat seluruhnya sebagai suatu kesatuan integral, (i) negara menjamin keselamatan hidup bangsa seluruhnya sebagai suatu kesatuan yang tak dapat dipisahkan.
  32. Pancasila menunjukkan jati diri bangsa Indonesia yang menjunjung nilai-nilai kemanusiaan luhur merupakan fungsi pancasila sebagai sumber nilai.
  33. UUD 1945 yang disahkan PPKI tanggal 18 Agustus 1945 terdiri atas pembukaan, batang tubuh, dan penjelasan.
  34. Menurut UU no 31 tahun 1997, lingkungan pengadilan militer adalah lingkungan peradilan yang memeriksa dan memutuskan perkara-perkara kejahatan dan pelanggaran yang dilakukan oleh anggota tentara. Adapun peradilan dalam lingkungan peradilan militer terdiri atas : (a) pengadilan militer, (b) pengadilan militer tinggi, (c) pengadilan militer utama, (d) pengadilan militer pertempuran.
  35. Secara historis istilah rechtsstaat atau the rule of law lahir dari sistem politik dan hukum yang berlainan. Istilah rechtsstaat mulai populer di eropa sejak abad XIX, meskipun pemikiran tentang itu sesungguhnya sudah lama ada. Sedangkan istilah the rule of law mulai populer dengan terbitnya sebuah buku dari Albert van Dicey tahun 1885 dengan judul Introduction to the study of the law of the constitution. Paham rechtsstaat lahir dari suatu perjuangan untuk menentang absolutisme sehingga sifatnya revolusioner dan bertumpu pada civil law system dengan karakteristik admnistratif. Sebaliknya paham the rule of law berkembang secara evolusioner dan bertumpu pada common law sistem dengan karakteristik yudisial.
  36. Ciri-ciri negara berdasarkan hukum dalam arti materiil, (a) adanya pembagian kekuasaan dalam negara, (b) diakuinya hak asasi manusia dan dituangkannya dalam konstitusi dan peraturan perundang-undangan, (c) adanya dasar hukum bagi kekuasaan pemerintahan (asas legalitas), (d) adanya peradilan yang bebas dan merdeka serta tidak memihak, (e) segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya. Sedangkan ciri-ciri negara hukum dalam arti formil adalah negara melindungi seluruh warga dan seluruh tumpah darah.
  37. Bank Indonesia diatur oleh UU No.3 tahun 2004 tentang perubahan atas UU No 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia.
  38. Organisasi perempuan pada bulan desember tahun 1928 menyelenggarakan kongres perempuan pertama, diputuskan didirikan badan persatuan organisasi perempuan bernama perserikatan perhimpunan istri indonesia (PPII).
  39. Keterlibatan dan posisi Indonesia dalam proses perundingan Doha Development Agenda (DDA) didasarkan pada kepentingan nasional dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonom dan pengentasan kemiskinan.
  40. Memperhatikan kepentingan orang lain dengan sebaik-baiknya merupakan nilaib pancasila yang mengacu pada hakikat keadilan.
  41. Pedoman penghayatan dan pengamalan pancasila atau dikenal P4 yang juga dinamakan Ekaprasetya Pancakarsa merupakan wujud pengamalan kelia sila pancasila yang tercantum dalam ketetapan MPR Nomor II/MPR/1978 yang ditetapkan pada tanggal 22 Maret 1978.
  42. Sehari setelah kemerdekaan Indonesia pada 18 Agustus 1945, diadakan rapat pleno oleh anggota PPKI dan menghasilkan dua keputusan penting. Berdasarkan aturan peralihan pasal 3 UUD 1945, dinyatakan bahwa presiden dan wakil presiden dipilik PPKI.
  43. Pasal 37 ayat 3 UUD 1945 menegaskan bahwa tidak dibenarkan melakukan perubahan UUD 1945 yang mengatur tentang amandemen UUD 1945.
  44. UU RI No 26 tahun 2000 mengatur tentang pengadilan Hak Asasi Manusia di Indonesia.
  45. UU No 12 tahun 2006 tentang kewarganegaraan Republik Indonesia menjelaskan bahwa orang asing dapat menjadi warga negara Indonesia jika memenuhi syarat dan tata cara yang diatur dalam peraturan perundang-undangan, antara lai : (a) telah berusia 18 tahun atau sudah kawin, (b) sudah bertempat tinggal di wilayah negara RI paling singkat 5 tahun berturut-turut atau 10 tahun tidak berturut-turut, (c) dapat berbahasa Indonesia dan mengakui dasar negara pancasila dan UUD 1945, (d) tidak pernah dijatuhi hukuman pidana yang diancam pidana penjara 1 tahun atau lebih, (e) jika memperoleh kewarganegaraan indonesia tidak menjadi berkewarganegaraan ganda, (f) mempunyai pekerjaan atau penghasilan tetap, (g) membayar uang pewarganegaraan ke kas negara.
  46. Mahkamah agung tidak berwenang menguji peraturan perundang-undangan yang berlaku terhadap keputusan menteri.
  47. Fungsi hukum di Indonesia, antara lain : (a) sebagai alat kontrol sosial, (b) sebagai alat kritik dan perubahan sosial, (c) sebagai sarana untuk mewujudkan keadilan sosial, (d) sebagai alat penata ketertiban dan keteraturan masyarakat, (e) untuk melindungi kepentingan manusia, (f) untuk menyelesaikan pertikaian.
  48. Teori perseorangan tentang pengertian negara mengemukakan bahwa negara adalah suatu masyarakat hukum yang disusun berdasarkan bidang tata negara perjanjian antar-individu yang menjadi anggota masyarakat. Penganjur teori ini, yaitu Thomas Hobbes, John Locke, jean Jacques Rousseau, Harold J Laski, dan Herbert Spencer.
  49. Sebelum KAA diselenggarakan, terlebih dahulu telah diadakan pertemuan di Colombo, Srilanka, pada 28 April – 2 Mei 1954. Hasil pertemuan yang dikenal konferensi Colombo tersebut adalah kesepakatan untuk menyelenggarakan konferensi lanjutan negara-negara Asia Afrika. Oleh karena itu, pada 18 April – 24 april 1955 diadakan konferensi antara negara asia afrika .
  50. Pokok-pokok agenda pembicaraan pada KAA, antara lain : (a) kerja sama ekonomi, (b) kerjasama budaya, (c) masalah perdamaian dunia dan kerjasama internasional (termasuk beberapa aspek tentang PBB, masalah indocina, dan pelucutan senjata), (d) masalah kolonialisme dan imperialisme seperti Belanda dan Irian Barat.
  51. Menurut prof Notonegoro, nilai-nilai pancasila terbagi menjadi nilai material, vital, dan kerohanian. Nilai kerohanian terdiri dari nilai kebenaran,keindahan, moral,dan religius.
  52. Menurut prof notonegoro, nilai kerohanian terdiri dari : (a) nilai kebenaran : nilai yang bersumber dari akal manusia, (b) nilai keindahan : nilai yang bersumber dari rasa manusia, (c) nilai moral : nilai yang bersumber dari kehendak atau kemauan, (d) nilai religius : nilai yang bersumber dari Tuhan, kerohanian, dan mutlak bersumber dari keyakinan manusia.
  53. Makna pancasila sebagai falsafah hidup adalah inti semangat bersama dari berbagai moral yang terdapat di Indonesia. Di Indonesia, terdapat bberbagai ajaran moral dari berbagi agama, adat istiadat, dan kepercayaan. Oleh karena itu, perlu semangat bersama untuk mempersatukan berbagai ajaran moral tersebut. Pancasila sebagai falsafah hidup menjadi landasannya.
  54. Ciri-ciri pemerintahan presidensial, yaitu : (a) presiden sebagai kepala pemerintahan sekaligus kepala negara, (b) presiden memiliki hak istimewa (prerogatif) untuk mengangkut dan memberhentikan menteri, (c) menteri bertanggungjawab kepada presiden, (d) lembaga eksekutif tidak bertanggungjawab kepada lembaga legislatif, (e) lembaga eksekutif tidak dapat dijatuhkan oleh legislatif.
  55. Sumber hukum formil, antara lain : (a) undang-undang(statue), (b) kebiasaan (custom), (c) keputusan hakim (yurisprudensi), (d) traktat (treaty), (e) pendapat sarjana hukum (doktrin).
  56. Tata urutan sumber hukum di Indonesia diatur dalam UU no 10 tahun 2004 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan
  57. Kerajaan kutai adalah kerajaan hindu tertua di Indonesia. Kerajaan ini terletak di tepi sungai mahakam.
  58. Kitab Bharatayudha diubah oleh Empu Sedah, namun dia tidak dapat meneruskannya. Penyebab emu sedah tidakd apat meneruskan ubahan kita Bharatayudha aadalah empu sedah meninggal dunia.
  59. Bentuk kerjasama negara-negara ASEAN dalam bidang ekonomi, antara lain : (a) membuka pusat promosi ASEAN untuk perdagangan, investasi, pariwisata di Jepang, (b) menyediakan cadangan keamanan pangan ASEAN, (c) menyelenggarakan pembangunan proyek industri ASEAN, seperti pabrik pupuk di Aceh.
  60. Menurut Moh hatta, tujuan politik Indonesia adalah : (a) mempertahankan kemerdekaan dan menjaga keselamatan negara, (b) mendapat barang-barang yang diperlukan dari luar negeri untuk meningkatkan kemakmuran rakyat, (c) meningkatkan perdamaian internasional, (d) meningkatkan persaudaraan segala bangsa.
  61. Politik luar negeri Indonesia berlandaskan pancasila, konstitusional, dan operasional : (a) pancasila sila kedua, (b) konstitusional : pembukaan UUD alinea 1dan 4 , batang tubuh pasal 11 dan 13, (c) operasional : TAP MPR yang memuat GBHN pada bagian hubungan luar ngeri dan politik luar negeri.
  62. Amandemen ketiga terjadi perubahan sebanyak 23 pasal.
  63. Pengertian yurisprudensi di negara-negara common law adalah ilmu hukum.
  64. Dalam artian putusanperadilan, yurisprudensi dibedakan menjadi dua, yaitu yurisprudensi biasa dan tetap.
  65. Hakim sebagai penegak hukum dan keadilan wajib menggali, mengikuti, dan memahami nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat. Ini merupakan bunyi dari pasal 27 UU No.14 tahun 1970.
  66. Hukum pidana termasuk hukum publik. Itu artinya hukum pidana mengatur hubungan antara para individu dengan masyarakat dan hanya diterapkan jika masyarakat benar-benar membutuhkannya.
  67. Hukum pidana telah berkembang menjadi hukum publik merupakan pernyataan dari Van Hamel.
  68. Kekurangan sistem pemerintahan presidensial adalah keputusan tidak tegas karena pembuatan keputusan atau kebijakan publik secara tawar menawar antara eksekutif dan legislatif, sistem pertanggungjawaban tidakjelas, tidak ada pengawasan langsung legislatif terhadap kekuasaan eksekutif.
  69. Presiden dipilih langsungsehingga memiliki kekuasaan yang sama kuat dengan perdana menteri. Ini merupakan salah satu ciri sistem pemerintahan semiparlementer.
  70. Awalnya, Trimurti diminta untuk menaikkan bendera ketika proklamasi.Akan tetapi, dia menolak dan mengusulkan prajurit yang berhak menaikkan bendera. Prajurit PETA yang ditunjuk menaikkan bendera merah putih adalah Latief Hendraningrat.
  71. Pada 14 April 1949 – 7 Mei 1949 terjadi perjanjian Roem-Rojjen yang menyepakati beberapa hal, antara lain (a) angkatan bersenjata indonesia menghentikan segala aktivitas gerilya, (b) Pemerintah Indonesia menghadiri konferensi meja bundar, (c) Pemerintah Indonesia dikembalikan ke Yogyakarta, (d) Angkatan bersenjata Belanda menghentikan semua operasi militer dan melepaskan semua tawanan perang.
  72. Asas hukum internasional yang mempunyai kekuatan eksteritorial adalah asas kebangsaan. Asas kebangsaan adalah asas yang didasari pada kekuasaan negara untuk warga negaranya. Asas ini mempunyai kekuatan eksteritorial yang berarti hukum negara tersebut tetap berlaku juga bagi warga negaranya meski berada di negara lain.
  73. Pada 5 Agustus 1967, indonesia, singapura, filipina, malaysia, dan thailand melakukan pertemuan di bangkok. Pertemuan itu menghasilkan keputusan untuk membentuk ASEAN.
  74. Ibukota negara Indonesia sempat dipindahkan ke Yogyakarta pada tanggal 4 Januari 1946.
  75. Indonesia keluar dari OPEC pada tahun 2008.
  76. Perundingan Helsinki adalah perundingan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) pada 2005 yang berhasil mengakhiri konflik bersenjata antara kedua belah pihak.
  77. Diplomasi adalah salah satu praktik komunikasi antar negara-negara di dunia dalam kaitannya dengan hubungan antarnegara. Perundingan yang dilakukan indonesia pada masa mempertahankan kemerdekaan adalah Hooge Veluwe, Malino, Linggarjati,dan Roem-Royen.
  78. Perdana Menteri Srilanka yang merupakan salah satu pencetus konferensi Asia-Afrika adalah Sir John Kotelawala.
  79. Pancasila sebagai sumber hukum di Indonesia disebut juga Staatsphilosophienorm.
  80. Hukum bersifat memaksa, artinya mengikuti perkembangan zaman, bergerak, dan mempunyai keluwesan.
  81. Tujuan hukum menurut Prof Soebekti adalah menyelenggarakan ketertiban dan keadilan sebagai syarat untuk mendatangkan kemakmuran dan kebahagiaan.
  82. Peristiwa di negara blok timur yang terjadi setelah berakhirnya perang dingin, antara lain (a) dibubarkannya pakta warsawa,(b) diturunkannya presiden rumania Nicolae Ceasescu, (c) runtuhnya tembok berlin, (d) Latvia, Lithuania, Estonia, Georgia, Maldova memisahkan diri dari uni soviet. Sedangkan yang bukan adalah diturunkannya Presiden Uni Soviet Nikita Khruschev.
  83. Untuk membantu penyelesaian konflik Kamboja, Indonesia menggagas pertemuan yang dikenal dengan nama Jakarta Informal Meeting (JIM 1) yang diselenggarakan di kota Bogor.
  84. Pengiriman pasuka Garuda, antara lain (a) Mesir 1957, (b) Kongo 1960, (c) Kongo 1962, dan (d) Vietnam 1974.

Sekian dulu ya sobat Cendekiapedia pembahasan terkait soal TWK yang sering muncul pada tes CPNS, nah untuk kedepannya mas Hakim akan lebih banyak membagikan soal.

Terus dukung blog ini dengan cara biasakan komentar, like dan share juga konten ini ke grup disemua sosial media kamu.

Penulis @hakimlfc13

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

2 Responses to "Ini 84 Soal TWK SKD CPNS 2018 yang Mengecoh dan Sering Keluar Tiap Tahun, Beserta Jawabannya"

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel