Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka
Friday, July 14, 2023
Comment
cendekiapedia.blogspot.com - Modul ajar adalah sejumlah alat atau layanan media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik.
Modul ajar merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran.
Modul ajar disusun sesuai dengan fase atau step perkembangan peserta didik, pertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan obyek pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang.
Guru perlu mengerti rencana tentang modul ajar sehingga proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna.
KOMPONEN MODUL AJAR
Guru didalam satuan pendidikan diberi kebebasan untuk mengembangkan modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan studi peserta didik.
Modul ajar disempurnakan dengan komponen yang menjadi dasar didalam proses penyusunan.
Komponen modul ajar didalam anjuran diperlukan untuk kelengkapan persiapan pembelajaran.
Komponen modul ajar mampu ditambahkan sesuai dengan mata pelajaran dan kebutuhan
A. IDENTITAS MODUL
Informasi tentang modul ajar yang dikembangkan terdiri dari:
Nama penyusun, institusi, dan tahun disusunnya
Modul Ajar.
Jenjang sekolah (SD/SMP/SMA)
Kelas
Alokasi pas (penentuan alokasi pas yang digunakan adalah alokasi pas sesuai dengan jam pelajaran yang berlaku di unit kerja masing-masing
B. KOMPETENSI AWAL
Kompetensi awal adalah ilmu dan/atau keterampilan yang perlu dimiliki siswa sebelum saat mempelajari topik tertentu. Kompetensi awal merupakan ukuran seberapa didalam modul ajar dirancang.
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA
Merupakan obyek akhir dari suatu kesibukan pembelajaran yang berkaitan erat dengan pembentukan karakter peserta didik. Profil Pelajar Pancasila (PPP) mampu tercermin didalam konten dan/atau metode pembelajaran.
Di didalam modul pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila tidak perlu mencantumkan seluruhnya, tapi mampu memilih Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan kesibukan pembelajaran didalam modul ajar.
D. SARANA DAN PRASARANA
Merupakan layanan dan bahan yang diperlukan untuk mendukung kesibukan pembelajaran. Sarana merujuk terhadap alat dan bahan yang digunakan, pas prasarana di dalamnya terhitung materi dan sumber bahan ajar lain yang relevan yang digunakan didalam kesibukan pembelajaran.
Ketersediaan materi disarankan pertimbangkan kebutuhan peserta didik baik dengan keterbatasan atau kelebihan. Teknologi, terhitung layanan dan prasarana yang mutlak untuk diperhatikan, dan juga dimanfaatkan sehingga pembelajaran lebih didalam dan bermakna.
E. TARGET PESERTA DIDIK
Peserta didik yang menjadi obyek yaitu;
Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak tersedia susah didalam mencerna dan mengerti materi ajar.
Peserta didik dengan susah belajar: mempunyai style studi yang terbatas hanya satu style andaikan dengan audio. Memiliki susah dengan bahasa dan pemahaman materi ajar, tidak cukup yakin diri, susah berkonsentrasi jangka panjang, dsb.
Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan mengerti dengan cepat, mampu capai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan mempunyai keterampilan memimpin.
F. MODEL PEMBELAJARAN
Merupakan model atau kerangka pembelajaran yang mengimbuhkan deskripsi sistematis pelaksanaan pembelajaran. Model pembelajaran mampu berbentuk model pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh didalam jaringan (PJJ Daring), pembelajaran jarak jauh luar jaringan (PJJ Luring), dan blended.
Silahkan Unduh Modul Ajar/ RPP+ kelas 5 pada link yang udah kita siapkan dibawah ini , selanjutnya sesuaikan dengan Kearifan Lokal Daerah masing masing :
MODUL AJAR B. Indonesia SEMESTER 1
MODUL AJAR B. Indonesia SEMESTER 2
Guru perlu mengerti rencana tentang modul ajar sehingga proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna.
KOMPONEN MODUL AJAR
Guru didalam satuan pendidikan diberi kebebasan untuk mengembangkan modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan studi peserta didik.
Modul ajar disempurnakan dengan komponen yang menjadi dasar didalam proses penyusunan.
Komponen modul ajar didalam anjuran diperlukan untuk kelengkapan persiapan pembelajaran.
Komponen modul ajar mampu ditambahkan sesuai dengan mata pelajaran dan kebutuhan
A. IDENTITAS MODUL
Informasi tentang modul ajar yang dikembangkan terdiri dari:
Nama penyusun, institusi, dan tahun disusunnya
Modul Ajar.
Jenjang sekolah (SD/SMP/SMA)
Kelas
Alokasi pas (penentuan alokasi pas yang digunakan adalah alokasi pas sesuai dengan jam pelajaran yang berlaku di unit kerja masing-masing
B. KOMPETENSI AWAL
Kompetensi awal adalah ilmu dan/atau keterampilan yang perlu dimiliki siswa sebelum saat mempelajari topik tertentu. Kompetensi awal merupakan ukuran seberapa didalam modul ajar dirancang.
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA
Merupakan obyek akhir dari suatu kesibukan pembelajaran yang berkaitan erat dengan pembentukan karakter peserta didik. Profil Pelajar Pancasila (PPP) mampu tercermin didalam konten dan/atau metode pembelajaran.
Di didalam modul pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila tidak perlu mencantumkan seluruhnya, tapi mampu memilih Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan kesibukan pembelajaran didalam modul ajar.
D. SARANA DAN PRASARANA
Merupakan layanan dan bahan yang diperlukan untuk mendukung kesibukan pembelajaran. Sarana merujuk terhadap alat dan bahan yang digunakan, pas prasarana di dalamnya terhitung materi dan sumber bahan ajar lain yang relevan yang digunakan didalam kesibukan pembelajaran.
Ketersediaan materi disarankan pertimbangkan kebutuhan peserta didik baik dengan keterbatasan atau kelebihan. Teknologi, terhitung layanan dan prasarana yang mutlak untuk diperhatikan, dan juga dimanfaatkan sehingga pembelajaran lebih didalam dan bermakna.
E. TARGET PESERTA DIDIK
Peserta didik yang menjadi obyek yaitu;
Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak tersedia susah didalam mencerna dan mengerti materi ajar.
Peserta didik dengan susah belajar: mempunyai style studi yang terbatas hanya satu style andaikan dengan audio. Memiliki susah dengan bahasa dan pemahaman materi ajar, tidak cukup yakin diri, susah berkonsentrasi jangka panjang, dsb.
Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan mengerti dengan cepat, mampu capai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan mempunyai keterampilan memimpin.
F. MODEL PEMBELAJARAN
Merupakan model atau kerangka pembelajaran yang mengimbuhkan deskripsi sistematis pelaksanaan pembelajaran. Model pembelajaran mampu berbentuk model pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh didalam jaringan (PJJ Daring), pembelajaran jarak jauh luar jaringan (PJJ Luring), dan blended.
Silahkan Unduh Modul Ajar/ RPP+ kelas 5 pada link yang udah kita siapkan dibawah ini , selanjutnya sesuaikan dengan Kearifan Lokal Daerah masing masing :
MODUL AJAR B. Indonesia SEMESTER 1
- Modul Ajar B. Indonesia Kls 5 Bab 1 (Unduh Disini)
- Modul Ajar B. Indonesia Kls 5 Bab 2 (Unduh Disini)
- Modul Ajar B. Indonesia Kls 5 Bab 3 (Unduh Disini)
- Modul Ajar B. Indonesia Kls 5 Bab 4 (Unduh Disini)
MODUL AJAR B. Indonesia SEMESTER 2
- Modul Ajar B. Indonesia Kls 5 Bab 5 (Unduh Disini)
- Modul Ajar B. Indonesia Kls 5 Bab 6 (Unduh Disini)
- Modul Ajar B. Indonesia Kls 5 Bab 7 (Unduh Disini)
- Modul Ajar B. Indonesia Kls 5 Bab 8 (Unduh Disini)
Sekian semoga bermanfaat bagi kawan-kawan guru semuanya, jangan lupa share dan terus kunjungi blog cendekiapedia.blogspot.com ya.
Edit @hakimlfc13
0 Response to "Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka"
Post a Comment
PERHATIAN
- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.
- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.
Semoga selalu bahagia.