15 Soal PPPK Guru Kemampuan Teknis serta Kunci Jawaban
Wednesday, September 8, 2021
Comment
100 Contoh Soal PPPK Tahun 2021
cendekiapedia.blogspot.com - Kompetensi Manajerial adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola unit organisasi.PPPK Soal |
Kompetensi Sosial Kultural adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi oleh setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi dan jabatan.
Berikut 15 Contoh Soal PPPK Tahun 2021
KEMAMPUAN TEKNIS
11. Kedudukan dosen sebagai tenaga profesional ditetapkan dalam …. ..A. Bab ll pasal 3 uu guru dan dosen no. 14 tahun 2005 đ
B. Bab II pasal 3 uu guru dan dosen no. 4 tahun 2005
C. Bab ll pasal 3 uu guru dan dosen no. 20 tahun 2005
D. Bab I pasal 2 uu guru dan dosen no. 14 tahun 2005
E. Bab I pasal 3 uu guru dan dosen no. 14 tahun 2005
12. Prinsip profesionalitas yang harus dimiliki dosen atau guru sesuai uu guru dan dosen adalah sebagai berikut, kecuali ..
A. Memiliki bakat, minat, panggilanjiwa dan idealisme
B. Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketaqwaan dan akhlak mulia
C. Mampu mengenal karaktetistik setiap siswa / setiap mahasiswa diperguruan tinggi / sekolahan đ
D. Memiliki kualifikasi akademik dan Iatar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas
E. Memiliki kompeteensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas
13. Yang termasuk kewajiban seorang guru dan dosen
A. Melaksanakan pendidikan,pene|i1ian,dan pengabdian kepada masyarakat đ
B. Memperoleh penghasilan diatas kebutuhan minimum dan jaminan kesejahteraan sosial
C. Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi
D. Memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas dan hak atas kekayaan intelektual
E. Memiliki kebebasan dalam memberikan penilaian dan penentuan kelulusan pesena didik ny
14. Yang tidak termasuk aspek evaluasi kurikulum adalah
A. Evaluasi hasil implementasi kurikulum
B. Evaluasi implementasi kurikulum
C. Evaluasi dokumen kurikulum
D. Evaluasi reflektif
E. Evaluasi komprehensif đ
15. Berikut ini merupakan permasalahan dalam pendidikan yang mendasar, kecuali …. ..
A. Mahalnya biaya pendidikan
B. Korupsi dana pendidikan
C. Kurang nya minat masyrakat akan pendidikan đ
D. Kurangnya fasilitas pendidikan
E. Diskriminasi status guru
16. Agar siswa bereaksi terhadap materi yang kita berikan, maka gambar yang akan digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar S – R haruslah …… ..
A. Berwarna gelap
B. Seminimal mungkin
C. Berwarna warni
D. Semaksimal mungkin đ
E. Sebisa saja
17. Dibawah ini adalah contoh dari ada nya dampak dari keyakinan akan kemampuan diri seorang siswa, yaitu :
A. Ratna dapat menyelesaikan tugasnya dengan bantuan orang tua
B. Hesti merasayakan sakit peruut karena akan mengikuti tes đ
C. Yanto merasakan pusing setelah mengerjakan tugas yang diberikan guru
D. Adi menangis setelah beramem dengan agus untuk berebut mengerjakan tugas
17. Dibawah ini adalah contoh dari ada nya dampak dari keyakinan akan kemampuan diri seorang siswa, yaitu :
A. Ratna dapat menyelesaikan tugasnya dengan bantuan orang tua
B. Hesti merasayakan sakit peruut karena akan mengikuti tes đ
C. Yanto merasakan pusing setelah mengerjakan tugas yang diberikan guru
D. Adi menangis setelah beramem dengan agus untuk berebut mengerjakan tugas
E. Semua benar
18. Dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis multipel intelegensi, ada langkah Iangkah yang dapat digunakan antara lain …. ..
A. Membuat kebijakan baru mengenai srategi pembelajaran
B. Mengkaji kembali apa yang telah dipelajari oleh siswa
C. Memberdayakan semua imelegensi yang dimiliki oleh siswa đ
D. Menyediakan fasilitas yang Iengkap untuk semua jenis kecerdasan
18. Dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis multipel intelegensi, ada langkah Iangkah yang dapat digunakan antara lain …. ..
A. Membuat kebijakan baru mengenai srategi pembelajaran
B. Mengkaji kembali apa yang telah dipelajari oleh siswa
C. Memberdayakan semua imelegensi yang dimiliki oleh siswa đ
D. Menyediakan fasilitas yang Iengkap untuk semua jenis kecerdasan
E. Salah semua
19. Kegiatan berikut adalah salah satu cara untuk mengaktifkan indra anak didik kita agar dapat berkembang secara maksimal, yaitu ….. ..
A. Siswa berolah raga dilapangan
B. Guru memberi hadiah kepada siswa berprestasi
C. Siswa diajak berkarya wisata
D. Siswa belajar diruang Iaboratorium bahasa đ
E. Belajar di rumah
19. Kegiatan berikut adalah salah satu cara untuk mengaktifkan indra anak didik kita agar dapat berkembang secara maksimal, yaitu ….. ..
A. Siswa berolah raga dilapangan
B. Guru memberi hadiah kepada siswa berprestasi
C. Siswa diajak berkarya wisata
D. Siswa belajar diruang Iaboratorium bahasa đ
E. Belajar di rumah
20. Pada waktu mengajar, guru memberikan hadiah atau pujian kepaada siswa yang berhasil menjawab atau menyelesaikan satu soal. Dalam hal ini guru menerapkan teori belajar
A. Clasical conditioning
B. Connectionism đ
C. Behaviorism
D. Operant conditioning
E. Daring
21. Ada tahap tahap yang harus dilalui guru pada waktu mengembangkan strategi pembelajaran. Salah satunya adalah guru menetapkan atau merumuskan tujuan untuk mengukur keberhasilan dari proses pembelajaran tersebut. Apa yang dilakukan oleh guru tersebut ada pada tahap pengembangan …. ..
A. Kurikulum đ
B. Kerangka pembelajaran
C. Sistem
D. Evaluasi
21. Ada tahap tahap yang harus dilalui guru pada waktu mengembangkan strategi pembelajaran. Salah satunya adalah guru menetapkan atau merumuskan tujuan untuk mengukur keberhasilan dari proses pembelajaran tersebut. Apa yang dilakukan oleh guru tersebut ada pada tahap pengembangan …. ..
A. Kurikulum đ
B. Kerangka pembelajaran
C. Sistem
D. Evaluasi
E. KKM
22. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur kemampuan efektif siswa, digunakan
A. Tes obyektif
B. Tes berupa angket đ
C. Tes kemampuan gerak
D. Tes kemampuan fungsional otot tubuh
22. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur kemampuan efektif siswa, digunakan
A. Tes obyektif
B. Tes berupa angket đ
C. Tes kemampuan gerak
D. Tes kemampuan fungsional otot tubuh
E. Ujian Nasional
23. Langkah pertaama dalam mencari nilai rata rata yang tidak dikelompokkan yaitu
A. Menjumlahkan skor skor yang diperoleh đ
B. Menentukan jumlah besar nya orang dalam kelas
C. Mencari nilai rata rata dengan pendekatan rumus
D. Menentukan rentang skor terbesar dikurangi skor terkecil
E. Sosial
24. Yang tidak termasuk dalam karakteristik kecerdasan interpersonal adalah
A. Mampu bermain dalam kelompok
B. Mampu menjadi pemimpin
C. Mudah berkonsentrasi đ
D. Peka terhadap teman
23. Langkah pertaama dalam mencari nilai rata rata yang tidak dikelompokkan yaitu
A. Menjumlahkan skor skor yang diperoleh đ
B. Menentukan jumlah besar nya orang dalam kelas
C. Mencari nilai rata rata dengan pendekatan rumus
D. Menentukan rentang skor terbesar dikurangi skor terkecil
E. Sosial
24. Yang tidak termasuk dalam karakteristik kecerdasan interpersonal adalah
A. Mampu bermain dalam kelompok
B. Mampu menjadi pemimpin
C. Mudah berkonsentrasi đ
D. Peka terhadap teman
E. LDR
25. Suatu teori belajar dikembangkan untuk membangun prinsip prinsip belajar secara ilmiah. Ini merupakan tujuan dari teori belajar ….. ..
A. Insight
B. Kognitif đ
C. Conditioning
D. Connectionism
25. Suatu teori belajar dikembangkan untuk membangun prinsip prinsip belajar secara ilmiah. Ini merupakan tujuan dari teori belajar ….. ..
A. Insight
B. Kognitif đ
C. Conditioning
D. Connectionism
E. Kondisi
Sekian dulu tulisan mas hakim terkait soal PPPK, semoga bermanfaat bagi yang akan tes PPPK, semoga bisa mendapatkan hasil sebaik mungkin dan jadi ASN.
Penulis @hakimlfc13
Sekian dulu tulisan mas hakim terkait soal PPPK, semoga bermanfaat bagi yang akan tes PPPK, semoga bisa mendapatkan hasil sebaik mungkin dan jadi ASN.
Penulis @hakimlfc13
0 Response to "15 Soal PPPK Guru Kemampuan Teknis serta Kunci Jawaban"
Post a Comment
PERHATIAN
- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.
- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.
Semoga selalu bahagia.