Downlaod Pengumuman Seleksi PPPK Tahun 2021 Tersedia 1 Juta Formasi - Cendekiapedia -->
Downlaod Pengumuman Seleksi PPPK Tahun 2021 Tersedia 1 Juta Formasi

Downlaod Pengumuman Seleksi PPPK Tahun 2021 Tersedia 1 Juta Formasi

cendekiapedia.blogspot.com - Download Paparan atau Penjelasan Mendikbud Tentang Pengumuman Seleksi PPPK Tahun 2021. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim memperlihatkan bahwa pemerintah terhubung kesempatan bagi para guru honorer, juga guru tenaga honorer kategori 2 (eks-THK-2), untuk mendaftar dan mengikuti ujian seleksi menjadi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021. 

Seleksi ini terbuka bagi guru honorer yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), serta lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang sementara ini tidak mengajar.

PPPK 2021

Mendikbud megaskan bahwa, “pembukaan seleksi untuk menjadi guru PPPK adalah wujud negara ada sediakan kesempatan yang adil untuk guru-guru honorer yang kompeten supaya mereka beroleh pendapatan yang layak,” terang Mendikbud pada kesempatan yang sama. 

“Rencana seleksi ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk menaikkan service kepada peserta didik adalah lewat peningkatan ketersediaan guru ASN dengan jalankan seleksi guru PPPK,” imbuh Mendikbud.

Menurut Mendikbud, berbeda dengan seleksi PPPK tahun sebelumnya. Setidaknya tersedia lima terobosan mekanisme seleksi guru PPPK yang sudah disiapkan oleh pemerintah pusat.
  • Pertama, berbeda berasal dari tahun-tahun sebelumnya dengan formasi terbatas, batasan jumlah guru PPPK kali ini meraih satu juta guru. “Tahun-tahun sebelumnya, banyak guru-guru honorer kami wajib menunggu dan antre untuk memperlihatkan diri. Di tahun 2021, semua guru honorer dan lulusan Pendidikan Profesi Guru dapat daftar dan mengikuti seleksi,” Namun, Mendikbud memastikan tidak kompromi soal mutu pendidik. “Hanya yang lulus seleksilah yang bakal menjadi PPPK,” tegasnya.
  • Kedua, terkecuali sebelumnya tiap-tiap pendaftar hanya diberikan kesempatan satu kali ujian seleksi per tahun, saat ini tiap-tiap pendaftar dapat mengikuti ujian seleksi hingga tiga kali. “Jika gagal pada kesempatan pertama, dapat belajar dan ulangi ujian hingga dua kali ulang di tahun yang mirip atau tahun berikutnya,” mengetahui Mendikbud.
  • Ketiga, Kemendikbud bakal sediakan materi sebagai bahan pemebelajaran. Sebelumnya, tidak tersedia materi persiapan bagi pendaftar. Kemendikbud ingin pastikan guru-guru hororer mendapat kesempatan yang adil, supaya materi belajar daring dapat diperoleh semua peserta untuk menolong mempersiapkan diri bikin ujian. “Akan tersedia materi untuk guru honorer supaya dapat mempersiapkan diri sebelum saat ujian. Standar ujian seleksi ini bakal ditentukan dengan terlalu masak untuk memastikan mutu mutu pembelajaran anak-anak kami tetap terjaga,” kata Mendikbud.
  • Keempat, jadi tahun 2021 pemerintah pusat memastikan tersedianya anggaran bagi gaji semua peserta yang lulus seleksi guru PPPK. Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, mengatakan pemerintah sudah mempersiapkan anggaran untuk gaji guru PPPK berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). “Anggaran tersebut berasal dari APBN dan bakal dijalankan dengan mekanisme transfer umum ke APBD,” terang Menkeu. Menkeu meminta pemerintah tempat dapat langsung mengajukan kebutuhan guru PPPK. “Kemenkeu bakal tetap mengikuti sistem ini. Berapa yang ikut ujian dan berapa yang beroleh penetapannya. Dengan itu bakal ditetapkan anggaran untuk dikirim ke tempat lewat transfer umum untuk membayar gaji para guru PPPK,” tuturnya.
  • Kelima, tidak layaknya tahun-tahun sebelumnya di mana cost penyelenggaraan ujian ditanggung pemerintah daerah, kini cost tersebut bakal ditanggung oleh Kemendikbud. Langkah tindak lanjut yang wajib dijalankan pemerintah tempat adalah mengusulkan formasi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (KemenPANRB) berdasarkan peta kebutuhan guru berasal dari Kemendikbud.


Selengkapnya silakan download Paparan atau Penjelasan Mendikbud Tentang Pengumuman rencana pelaksanaan Seleksi PPPK Tahun 2021, lewat link yang tersedia di bawah ini.

Downlaod Pengumuman Seleksi PPPK Tahun 2021 Tersedia 1 Juta Formasi (KLIK DISINI)

Demikian informasi perihal Link download Paparan atau Penjelasan Mendikbud Tentang Pengumuman Rencana Pendaftaran Seleksi PPPK Tahun 2021. Semoga tersedia manfaatnya. Untuk para guru honorer selamat berjuang, belajar, semoga sukses.

Penulis @hakimlfc13

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "Downlaod Pengumuman Seleksi PPPK Tahun 2021 Tersedia 1 Juta Formasi"

Post a Comment

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel