Nadiem Makarim, Mendikbud Fokus Rekrutmen Guru ASN dan Peningkatan Kesejahteraan! - Cendekiapedia -->
Nadiem Makarim, Mendikbud Fokus Rekrutmen Guru ASN dan Peningkatan Kesejahteraan!

Nadiem Makarim, Mendikbud Fokus Rekrutmen Guru ASN dan Peningkatan Kesejahteraan!

cendekiapedia.blogspot.com - Di sedang perjuangan melawan pandemi COVID-19, peran guru makin tambah perlu untuk berkontribusi di dalam menyediakan pembelajaran jarak jauh, menyimak dan menopang grup rentan.

Di samping pembukaan ulang sekolah, dan meyakinkan evaluasi hasil pembelajaran peserta didik yang efektif. 


Tantangan lain di sedang sistem pembelajaran yang berlangsung di dalam jaringan (daring) untuk profesi guru dan tenaga kependidikan yakni perkembangan teknologi.

“Nilai utama dari sistem pembelajaran adalah pertalian sosial dan ini tidak dapat digantikan oleh teknologi apa pun. Namun, perlu disadari bahwa teknologi sudah mengubah langkah hidup semua. Mari memakai teknologi, maksimalkan kemampuan mengajar,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim sementara membuka Peringatan Hari Guru Sedunia (World Teachers Day), yang berlangsung secara virtual di Jakarta, Kamis (8/10)

Kepemimpinan para guru di era susah ini perihal dengan kesanggupan para guru untuk selamanya mempersiapkan era depan bagi murid-muridnya meski di sedang keterbatasan.  Bahkan untuk murid-murid yang juga pada grup rentan.

Para guru lanjut Mendikbud Nadiem, tidak cuma bertugas untuk meyakinkan kelangsungan pembelajaran, tetapi juga berperan menopang kebugaran mental dan kesejahteraan murid mereka.

Dalam beraneka kesempatan ia kerap mengemukakan bahwa fokus pendidikan adalah murid. Karena investasi yang paling bernilai adalah investasi untuk sumber daya manusia.

“Terima kasih aku yang tak terhingga bagi ibu dan bapak guru. Yang sudah mengorbankan waktu, tenaga, lebih-lebih anggota dari hidupnya sendiri demi para murid,” ucapnya.

Selain berorientasi pada kebutuhan peserta didik, investasi yang tidak kalah pentingnya adalah guru atau pendidik. 

Kemendikbud terus memperjuangkan hak para pendidik melalui kebijakan rekrutmen guru ASN, pengembangan pendidikan, peningkatan profesionalisme, dan peningkatan kesejahteraan guru.

Kemendikbud menghadirkan beraneka kebijakan dan program. Di antaranya, Program Guru Belajar untuk seluruh jenjang pendidikan.

Program ini dirancang untuk menopang sebanyak mungkin guru dan tenaga kependidikan di dalam lakukan pembelajaran jarak jauh yang sesuai dengan keadaan pandemi.

Selain itu, Kemendikbud sudah melatih 60 ribu guru di dalam pelatihan ‘Pembelajaran Berbasis TIK’ supaya para guru makin mahir di dalam memakai teknologi di dalam mengajar.

Pada peringatan Hari Guru Sedunia Tahun 2020 ini Mendikbud Nadiem meminta seluruh insan pendidikan supaya menjadikan keadaan pandemi ini sebagai laboratorium dengan untuk menemukan solusi-solusi dan juga inovasi-inovasi.

“Saya mengajak seluruh untuk melanjutkan kolaborasi yang sudah terbentuk di era pandemi ini. Karena sekarang saatnya menata ulang pendidikan. 

Sekarang saatnya melihat lebih jauh apa yang sesungguhnya paling dibutuhkan para guru, murid, dan bangsa ini supaya dapat lakukan lompatan kemajuan,” tutur Nadiem.

Edit @hakimlfc13

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "Nadiem Makarim, Mendikbud Fokus Rekrutmen Guru ASN dan Peningkatan Kesejahteraan!"

Post a Comment

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel