Epidemik Penayangan Iklan telah Dibatasi Adsense Topik Mari Diskusi - Cendekiapedia -->
Epidemik Penayangan Iklan telah Dibatasi Adsense Topik Mari Diskusi

Epidemik Penayangan Iklan telah Dibatasi Adsense Topik Mari Diskusi

cendekiapedia.blogspot.com – Topik Penayangan Iklan telah Dibatasi Adsense Mari Diskusi | Epidemik sendiri mempunyai arti sebuah wabah yang menyebar dengan cepat disuatu tempat, benua, bahkan diseluruh penjuru dunia, epidemik juga menyangkut wabah penyakit yang baru.

Pembatasan iklan adsen

Nah karena hal tersebut maka saya coba kaitkan dengan hal-hal yang baru terjadi pada kalangan publisher adsense dan hal baru tersebut ternyata sudah sangat cepat menyebar diberbagai belahan dunia.

Apa itu? Jawabnya adalah pembatasan iklan adsense pada akun kita yang menyangkut kesemua situs tertaut. Kejadian ini dari hasil saya menyimak diberbagai forum pembahasan adsense, baik melalui grup, pembahasan diyoutube dan lain-lain. Epidemik penanyangan iklan adsense yang dibatasi terjadi mulai sekitar 4 bulan yang lalu.

Email pembatasan iklan

Yaitu bulan September, Oktober, November. Dimana iklan yang ada disemua situs terkaut akun adsense kamu akan men jadi blank atau kosong, tentunya ini akan sangat merugikan baik bagi kamu yang baru keterima adsense dan menunggu payout pertama kali atau bahkan kamu yang sudah bertahun payout disetiap bulannya.

Secara jelas dan terperinci pihak google adsense sampai saat ini belum merilis terkait topik epidemik pembatasan iklan adsense ini. Pembatasan iklan ini memang tidak secara jelas atau gamblang menyebutkan bahwa akan melakukan pelanggaran sehingga iklan tidak ditayangkan, atau bahkan akun disuspend atau paling parah dibanned.

Tetapi notifikasi yang didapat adalah peninjuan ulang sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan. Dari yang saya ketahui sobat cendekiapedia, hal ini terjadi karena beberapa 2 hal pokok. Pertama akun adsense baru, kedua trafik yang dianggap tidak valid.

Untuk yang pertama, akun yang baru keterima adsense dan mendapat notifikasi ini, dari saya menyimak bisa saya simpulan bahwa pihak google adsense ingin meninjau ulang secara keseluruhan dari layak atau tidaknya situs tersebut untuk menayangkan iklan.

Hal ini untuk kasus pertama bisa dikatakan bahwa akun kamu akan ditinjau dari awal mulai dari konten hingga trafik, bila google adsense menganggap kamu situs kamu layak maka otomatis iklan akan kembali tayang seperti semula.

Untuk kasus kedua, epidemik ini mewabah kepada akun adsense lama yang sudah terhitung tahunan. Dengan notifikasi trafik tidak valid maka saya rasa pihak adsense sedang meninjau ulang trafik pada situs kamu.

Lalu apa yang bisa dilakukan saat akun adsense kita terkena pembatasan iklan disemua situs?

Secara khusus saya sendiri sampai saat ini tidak melakukan hal khusus untuk mengatasinya, sebab secara terbukti sampai saat ini saya rasa belum ada obatnya terkecuali satu hal yaitu menunggu pihak google adsense sendiri selesai melakukan peninjuan ulang.

Bahkan sampai saat ini sendiri pihak google adsense juga belum merilis apa, kenapa, bagaimana terkait topik pembatasan iklan ini secara terperinci. Ada sih topiknya tetapi masih secara global saja dan setelah saya membacanya tidak menemukan obat konkretnya.

Tetapi tenang saja, dari hasil saya menyimak akan saya tuliskan beberapa hal yang musti dilakukan saat ada notifikasi penayangan iklan dibatasi, tetapi perlu diingat! Bahwa cara ini bukan serta merta membuat iklan kamu seketika kembali normal seperti semula.

1. Tautkan akun adsense kamu ke google analitik
Hal pertama yang saya dapat dari forum terkait epidemik ini adalah menautkan akun adsense ke google analitik, hm kalau saya nalar memang hal ini bisa jadi salah satu cara untuk wabah ini, walaupun tidak menjamin seketika itu iklan akan muncul kembali.

Tetapi karena sebab kecurigaan pihak google terkait trafik kita yang dianggap tidak wajar, maka menautkan ke google analitik menurut saya menjadi salah satu jawaban. Sebab selain pihak google bisa meninjau trafik situs kamu, kamu sendiri juga bisa meninjau trafik situsmu juga, wajar apa tidak? Bila tidak wajar maka bisa sesegera kamu atasi dengan harapan pembatasan iklan segera berakhir.

Sedikit cerita, saya sendiri juga salah satu yang trafiknya dianggap mencurigakan, setelah usut saya usut ternyata beberapa hari belakangan yang secara tepat entah berapa hari itu situs saya tidak terdeteksi oleh pihak googel alias hilang dari pencaharian.

Hal ini saya ketahui terbilang telat, pada saat saya sudah mendapatkan notifikasi pembatasan iklan karena trafik tidak wajar, baru saya cari permasalahannya. Ternyata template saya ada kata “noindex” sehingga robot google tidak bisa mendeteksi blog saya, hal ini saya ketahui setelah selalu gagal crawl baik di google console dan crawl di google adsense.

Setelah saya perbaiki dan berhasil crawl memang tidak serta merta iklan langsung muncul, sebab sampai saat ini tanggl 30 Desember 2019 yang berarti sudah 15 hari tetap saya iklan kosong. Tetapi dengan berhasil crawl ini situs saya kembali ada dipencaharian google, semua tautan valid statusnya pada google console, jumlah klik juga meningkat drastis. Dan tentunya trafik dari google yang dikata organik itu mulai tumbuh kembali bahkan sudah melebihi trafik dari sosial media.

2. Menghapus kode iklan pada situs kita
Nah untuk cara kedua adalah menghapus kode iklan lama kita dan menggantinya dengan kode iklan baru. Memang hal ini belum terbukti besar tingkat keberhasilannya. Tetapi argumen salah satu orang yang juga terkena dan memberi saran ini juga masuk akal, dia mengatakan bahwa kode iklan lama yang terkena pembatasan dicopot untuk diganti baru agar pihak google adsense memulai dari awal perhitung pada slot iklan kamu.

Tetapi saya sendiri sampai saat ini tidak melakukan cara ini, sebab perlu diketahui memang benar iklan disitus saya kosong, tetapi entah kenapa, tayangan, tampilan halaman, klik, dan taksiran pendapatan tetap terhitung. Dan tambah anehnya bila iklan yang saya lihat selalu kosong, tetapi kenapa jumlah klik dan taksiran pendapatan tetap terhitung?

Pendapatan tetap berjalan

Walau tidak besar seperti biasanya, tetapi hal ini memandakan bahwa pembatasan iklan kemungkinan tidak secara keseluruh pengunjung situs kamu tidak melihat iklan, ada beberapa yang tetap melihat iklan sehingga iklan masih bisa terklik walau jumlahnya sangat sedikit tidak sampai 1 persen.

Tetapi cara kedua ini dicoba tidak ada salahnya.

3. Hanya pasang iklan otomatis
Selain dua cara diatas, adalah cara lagi yang juga disarankan oleh seseorang pada sebuah forum yaitu hanya memasang iklan otomatis pada situs kamu. Yang berarti semua kode iklan harus kamu hapus kecuali hanya iklan otomatis saja.

Hal ini mendasari pada kenyamanan penunjung blog kamu, sebab bila ada slot kosong bisa saja mengurangi kenyamanan pengujung dan menyebabkan trafik turun tidak bisa dipertahankan. Maka oleh sebab itu dia menganjurkan untuk mengahapus semua kode iklan kecuali iklan otomtais.

Dengan harapannya, kenyamanan pengujung tetap terjadi sehingga trafik tidak turun pada situs kamu dan saat pembatasan iklan dihentikan maka otomatis iklan akan muncul sendiri tanpa harus mengganggu para penunjung pada saat pembatasan masih berlaku.

4. Hanya pasang 3 slot iklan saja disitus
Cara keempat ini juga belum terbukti validnya, tetapi cara ini juga perlu dicoba juga. Kebanyakan kode iklan bisa saja menjadi sebab iklan disitusmu tidak muncul. Maka hal ini perlu untuk sesekali dicoba terlebih dahulu.

Berapa lama masa pembatasan iklan adsense berlaku?

Secara jelas pihak google adsense sendiri tidak menjabarkan berapa lama pambatasan iklan dihentikan, tetapi ada beberapa orang yang menyebutkan iklannya kembali aktif setelah 7 hari masa berlaku iklan dihentikan berhenti, ada juga yang sampai 10 hari juga, dan ada juga yang setelah 15 hari iklan baru kembali keluar.

Notifikasi pembatasan iklan

Bahkan yang sedang nulis ini sudah 15 hari juga belum kembali tayang juga. Maka secara jelas sampai kapan maka jawabnya bisa dikatakan relatif, jadi tunggu saja paling lama satu bulan.

Kesimpulan

Epidemik pembatasan iklan oleh pihak adsense memang saat ini sedang banyak melanda banyak orang, tidak memulu hanya para pengguna baru adsense saja, tetapi juga terjadi pada para mereka yang tahunan sudah menggunakan adsense. Hal ini juga terjadi pada situs dengan trafik relatif rendah hingga relatif tinggi juga.

Sampai saat ini obat untuk masalah ini juga belum secara valid ditemukan, bahkan pihak google sendiri belum juga merilis secara rinci dan kontrek terkait pembatasan iklan ini. Bagi kamu yang sedang mengalami kejadian bisa mengikuti satu-satunya cara dari pihak google untuk tetap berkontribusi seperti biasa pada situs kamu.

Tetapi tidak ada salahnya mencoba empat cara yang sudah saya rangkum berdasarkan informasi dari beberapa forum, mulai dari menautkan ke google analitik, menganti kode iklan lama ke baru, hanya memasang iklan otomatis dan hanya memasang 3 slot iklan saja.

Untuk lama masa pembatasan iklan sampai saat ini belum juga secara jelas diketahui, jadi bisa saja kamu tunggu maksimal 1 bulan sebab penulis sendiri tertanggal 30 Desember 2019 ini juga belum juga tayang kembali, bahkan kalau sampai tanggal 1 Januari 2020 besok sudah sampai 16 hari lamanya.

Jadi saat epidemik pembatasan ini sedang terjadi pada akun adsensemu, kamu hanya perlu untuk tetap berkonstribusi seperti biasa, jaga terus trafikmu.

Bagi yang mempunyai pengalaman dan solusi atas permasalahan ini, bisa kamu tuliskan dikolom komentar, mari berdiskusi untuk menemukan jawaban atas masalah ini.

UPDATE Selasa 31 Desember 2019

Dini hari ini iklan sudah mulai muncul, setalah lebih dari 15 hari iklan muncul dengan sendirinya dan tampaknya sudah kembali normal. Tapi sayang notifikasi pada akun adsense belum hilang begitu saja, nampaknya mungkin satu hari setelahnya, semoga.

Iklan kembali

UPDATE Selasa 7 Januari 2020

Oke selamat malam semua, nah baru bisa nulis dirabu malamnya. Ada update nih terkait pembatasan iklan adsense diseluruh situs terbaru 2019, nah beberapa minggu kemarin yang mas Hakim kira notifnya tidak bisa hilang walau iklan sudah kembali tayang, ternyata tidak begitu.

Dimana ternyata notif didasbor akun adsense pemberitahuan pembatasan iklan bisa hilang juga, dan alhamdillillah punya mas Hakim sekarang sudah kembali normal bersih tanpa notif warning apapun. Dan ternyata setelah selesai masa pembatasan itu tidak ada email yang masuk tapi otomatis saja.

Semoga kawan-kawan dimanapun yang sedang terkena ini, bisa tenang dan menunggu saja, tapi tetap ngeblog seperti biasa saja ya.

Untuk bagaimana caranya, saya sendiri juga tidak terlalu tahu bagaimana untuk menjelaskannya, sepertinya memang google adsense berminat kembali untuk benar-benar menyeleksi para mitra publishernya. Jadi buat kamu yang sedang masa pembatasan iklan oleh google adsense alangkah baiknya tetap kontributif seperti biasanya ya.

Penulis @hakimlfc13

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

6 Responses to "Epidemik Penayangan Iklan telah Dibatasi Adsense Topik Mari Diskusi"

  1. Wah google adsense ada kebijakan baru yah, waspada-waspada nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah tanggal 31 ini iklan sudah mulai muncul lagi kok, tetap kontributif saja gan

      Delete
  2. Kesini gara-gara membaca diblog celotehan hakim, semoga iklan blogku segera kembali, termasuk punya masnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwwkw, gimana sudah mulai kembali? Saya alhamdulillah ini 🤣🤣

      Delete
  3. Masih bertanya2 gimana cara mengaktifkan googe adsense, dan blog seperti apa yang bisa pasang itu 🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung saja mbak login adsense, nanti disuruh masukin data termasuk blog mbaknya. Setelah itu tinggal nunggu review pihak google adsense, kalau dirasa syarat terpenuhi maka akan iklan bisa diaktifkan.

      Kalau masih bingung bisa kontak twitter saya twitter.com/hakimlfc13

      Delete

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel