
Soal Latihan Mandiri PPPK Pedagogik Pembelajaran 1 Kemdikbud dan Kunci Jawaban
Monday, April 26, 2021
Comment
Cendekiapedia.blogspot.com - Selamat sore sobat Cendekiapedia, nah kali ini mas Hakim akan membagikan soal latihan PPPK official dari kemdikbud. Soal ini bisa kamu dapat dari portal belajar mandiri tetapi kalau sudah selesai tidak bisa dilihat lagi.
Nah sebab itu, mas Hakim membagikan soal ini agar bisa dipelajari ulang sendiri di rumah. Semoga hal ini bermanfaat bagi guru-guru dimanapun, maka selamat belajar dan semoga guru-guru sukses seleksi ujian PPPK 2021 nantinya.
Kunci jawaban soal latihan mandiri PPPK pedagogik pembelajaran 1
Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1
1. Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali ….
a. Belajar konsep
b. Belajar teknis
c. Belajar emansipatoris
d. Belajar praktis
e. Belajar aktif
2. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan(hipotesis), mencoba – coba(trial and error), mencari dan menemukan keteraturan(pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum , membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
a. Humanistic
b. Konstruktivistik
c. Sibernetik
d. Kognitivistik
e. Behavioristik
3. Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar….
a. Konstruktivistik
b. Behavioristik
c. Kognitivistik
d. Humanistik
e. Rekonstruktivistik
4. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
a. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri
b. Kemampuan berinteraksi
c. Kemampuan untuk memecahkan masalah
d. Kemampuan mengemukakan pendapat
e. Kemampuan berkomunikasi
5. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah…..
a. Mampu mengalami sebuah kejadian
b. Mampu memahami permasalahan
c. Mampu memahami sebuah kejadian
d. Mampu membuat peraturan
e. Mampu memecahkan masalah
6. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari ….
a. Konseptualisasi
b. Conditioning
c. Trial and error
d. Stimulus respon
e. Shaping
7. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah….
a. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut
b. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru
c. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar
d. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya
e. Memberikan penjelasan pengetahuan baru
8. Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal- hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori ….
a.Humanistik
b. Behavioristik
c. Sibernetik
d. Kognitivistik
e. Konstruktivistik
9. Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari teori ….
a. Sibernetik
b. Kognitivistik
c. Behavioristik
d. Humanistik
e. Konstruktivistik
10. Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari……
a. Konflik
b. Ikonik
c. Intuitif
d. Simbolik
e. Enaktif
![]() |
Soal seri pppk dan kunci |
Kunci jawaban soal latihan mandiri PPPK pedagogik pembelajaran 1
Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1
1. Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali ….
a. Belajar konsep
b. Belajar teknis
c. Belajar emansipatoris
d. Belajar praktis
e. Belajar aktif
2. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan(hipotesis), mencoba – coba(trial and error), mencari dan menemukan keteraturan(pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum , membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
a. Humanistic
b. Konstruktivistik
c. Sibernetik
d. Kognitivistik
e. Behavioristik
3. Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar….
a. Konstruktivistik
b. Behavioristik
c. Kognitivistik
d. Humanistik
e. Rekonstruktivistik
4. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
a. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri
b. Kemampuan berinteraksi
c. Kemampuan untuk memecahkan masalah
d. Kemampuan mengemukakan pendapat
e. Kemampuan berkomunikasi
5. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah…..
a. Mampu mengalami sebuah kejadian
b. Mampu memahami permasalahan
c. Mampu memahami sebuah kejadian
d. Mampu membuat peraturan
e. Mampu memecahkan masalah
6. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari ….
a. Konseptualisasi
b. Conditioning
c. Trial and error
d. Stimulus respon
e. Shaping
7. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah….
a. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut
b. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru
c. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar
d. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya
e. Memberikan penjelasan pengetahuan baru
8. Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal- hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori ….
a.Humanistik
b. Behavioristik
c. Sibernetik
d. Kognitivistik
e. Konstruktivistik
9. Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari teori ….
a. Sibernetik
b. Kognitivistik
c. Behavioristik
d. Humanistik
e. Konstruktivistik
10. Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari……
a. Konflik
b. Ikonik
c. Intuitif
d. Simbolik
e. Enaktif
Penulis @hakimlfc13
0 Response to "Soal Latihan Mandiri PPPK Pedagogik Pembelajaran 1 Kemdikbud dan Kunci Jawaban"
Post a Comment
PERHATIAN
- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.
- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.
Semoga selalu bahagia.