MODUL PEMBELAJARAN PJJ SMP MTS SEMESTER GANJIL DAN GENAP TAHUN 2020/2021 - Cendekiapedia -->
MODUL PEMBELAJARAN PJJ SMP MTS SEMESTER GANJIL DAN GENAP TAHUN 2020/2021

MODUL PEMBELAJARAN PJJ SMP MTS SEMESTER GANJIL DAN GENAP TAHUN 2020/2021

cendekiapedia.blogspot.com - Kumpulan Modul PJJ SMP MTs Semester Ganjil (Gasal) dan Genap Tahun 2020/2021. Sebagaimana diketahui Modul punyai bermacam kegunaaan didalam sistem pembelajaran. 

Modul PJJ SMP MTS

Menurut Andriani didalam Prastowo (2011:109), manfaat modul didalam kesibukan belajar mengajar yakni sebagai penyedia Info dasar, karena didalam modul ditampilkan bermacam materi pokok yang bisa dikembangkan lebih didalam ; sebagai bahan instruksi atau saran bagi peserta didik, serta bahan instruksi atau saran bagi peserta didik ; serta sebagai bahan pelengkap dengan ilustrasi dan foto yang komunikatif. 

Di samping itu, manfaat lainnya adalah menjadi saran mengajar yang efisien bagi peserta didik serta menjadi bahan untuk berlatih bagi peserta didik didalam jalankan penilaian sendiri (self assesment).

Lebih lanjut Prastowo (2011:107) tunjukkan bahwa  modul sebagai bahan ajar punyai manfaat sebagai selanjutnya : 
  • 1)  Bahan ajar mandiri. Maksudnya, penggunaan modul didalam sistem pembelajaran berfungsi menambah kapabilitas peserta didik untuk belajar sendiri tanpa bergantung kepada kehadiran guru. 
  • 2) Pengganti manfaat guru. Maksudnya, modul sebagai bahan ajar perlu bisa materi pembelajaran dengan baik dan enteng dipahami oleh peserta didik sesuai dengan tingkat pengetahuan dan usia mereka. Sementara manfaat penjelas sesuatu selanjutnya termasuk melakat pada pendidik. Sebagai alat evaluasi. Maksunya dengan modul, peserta didik dituntt untuk bisa mengukur dan menilai sendiri tingkat penguasaanya pada materi yang udah dipelajari. 
  • 3) Sebagai bahan rujukan bagi peserta didik. Maksudnya, karena modul punya kandungan bermacam materi yang perlu dipelajari oleh peserta didik, maka modul termasuk memilih manfaat sebagai bahan rujukan bagi peserta didik.

Sebelum mas Hakim share Kumpulan Modul Pembelajaran  PJJ SMP MTs Semester Ganjil (Gasal) dan Kumpulan Modul PJJ SMP MTs Semester Genap selanjutnya ini sedikit penjelasan mengenai target umum penyusunan modul pembelajaran. Menurut Prastowo (2011:108) target penyusunan modul pembelajaran antara lain : 
  • 1) Agar siswa bisa belajar berdiri sendiri tanpa atau dengan bimbingan dari guru. 
  • 2) Agar peran guru tidak benar-benar otoriter dan dominan didalam kesibukan belajar mengajar. 
  • 3) Malatih kejujuran siswa. 
  • 4) Mengakomodasi bermacam tingkat serta kecepatan belajar siswa. Bagi siswa yang kecepatan belajarnya tinggi, maka mereka bisa belajar lebih cepat serta selesaikan modul dengan lebih cepat pula. Dan sebaliknya bagi peserta didik yang lambat, maka mereka dipersilahkan untuk mengulanginya. 
  • 5) Agar siswa bisa mengukur sendiri tingkat penguasaan materi yang udah dipelajari.

Modul pembelajaran bisa dipelajari oleh siswa sendiri secara perseorangan atau diajarkan oleh siswa kepada dirinya sendiri. Selain itu, termasuk dikemas secara sistematis dan menarik dengan cakupan materi, metode, dan evaluasi yang bisa dipakai secara berdiri sendiri sehingga tercapai komptensi yang diharapkan.

Ciri-ciri Modul antara lain: 
  • bisa dipelajari secara berdiri sendiri oleh siswa; 
  • tujuan pelajaaran dirumuskan secara khusus, bersumber pada tingkah laku; 
  • membuka kesempatan kepada siswa untuk maju konsisten menurut kemampuannya masing-masing; 
  • paket pengajaran yang berwujud self- mengakses kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan dirinya secara optimal; 
  • memiliki energi info yang cukup kuat. 

Unsur asosiasi, struktur, dan kronologis bahan pelajaran terbentuk sedemikian rupa sehingga siswa secara spontan mempelajarinya; Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbuat aktif.

Isi Modul pembelajaran pada umumnya meliputi pembuatan seluruh unsur modul, yakni saran guru, lembar kesibukan murid, lembar kerja murid, lembar jawaban, lembar penilaian (tes), dan lembar jawaban tes. Secara garis besarnya, penyusunan modul atau pengembangan menurut S. Nasution (1987:217-218) bisa mengikuti langkah-langkah berikut: 
  • 1) Merumuskan sejumlah target secara jelas, spesifik, didalam wujud perbuatan siswa yang bisa dicermati dan diukur. 
  • 2) Urutan target itu yang memilih langkah-langkah yang diikuti didalam modul itu. 
  • 3) Tes diagnostik untuk mengukur latar belakang siswa, pengetahuan, dan kapabilitas yang udah dimilikinya sebagai pra-syarat untuk menempuh modul itu (Entry Behaviour atau Entering Behaviour). 
  • 4) Menyusun alasan atau rasional pentingnya bagi siswa. Ia perlu mengetahui apa gunanya ia mempelajari modul ini, siswa perlu percaya akan manfaat sehingga ia bersedia mempelajarinya dengan sepenuh tenaga. 
  • 5) Kegiatan-kegiatan belajar direncanakan untuk membantu dan membimbing siswa sehingga raih kompetensi-kompetensi layaknya dirumuskan didalam tujuan. Kegiatan itu bisa berwujud mendengarkan rekaman, lihat film, mengadakan percobaan didalam laboratorium, mengadakan bacaan menyebabkan soal, dan sebagainya.
  • 6) Menyusun post-tes untuk mengukur hasil belajar murid, sampai manakah ia menguasai tujuan-tujuan modul. Dapat pula disusun lebih dari satu wujud tes yang pararel. Butir-butir tes perlu bertalian erat dengan tujuan-tujuan. 
  • 7) Menyiapkan pusat sumber-sumber berwujud bacaan yang terbuka bagi siswa tiap-tiap selagi ia memerlukannya. 
  • 8) Secara teoritis penyusunan dimulai dengan perumusan tujuan, akan tetapi didalam prakteknya kerap dimulai dengan penentuan topik dan bahan pelajarannya bisa dipecahkan didalam bagian-bagian yang lebih kecil yang akan dikembangkan menjadi modul. Baru sebagai langkah kedua, dirumuskan tujuan-tujuan modul yang mengenai dengan bahan yang perlu dikuasai itu.

Untuk yang perlu Modul PJJ SMP MTs Semester Genap Tahun 2021 ini. Berikut ini Kumpulan Modul PJJ SMP MTs  Semester Genap. Modul ini merupakan Modul SMP Berbasis Aktivitas Pada Masa Pandemi Produk Direktorat Jenderal GTK.

A. Kelas 7 SMP - MTS Semester Genap

B. Kelas 8 SMP - MTS Semester Genap

Berikut ini Kumpulan Modul PJJ SMP MTs Semester Gasal / Ganjil. Modul ini merupakan Modul SMP Berbasis Aktivitas Pada Masa Pandemi Produk Direktorat Jenderal GTK

A. Kelas VII SMP MTS Semester Gasal

B. Kelas VIII SMP MTS Semester Gasal

C. Kelas IX SMP - MTS Semester Gasal SMP MTS Semester Gasal

Berikut ini Kumpulan Modul PJJ SMP Semester Ganjil dan Genap Tahun Pelajaran 2020/2021, Produk Direktorat Jenderal Dikdasmen untuk SMP Terbuka, Tetapi Dapat Juga Utk SMP Reguler. Jadi Link download di bawah ini ada modul pemeblajaran untuk SMP Terbuka.

KELAS VII SMP/MTS

A. BAHASA INDONESIA KELAS VII

B. IPA KELAS VII SMP/MTS

C. IPS KELAS VII SMP/MTS

D. PJOK KELAS VII SMP/MTS

E. SENI BUDAYA KELAS VII SMP/MTS

F. PRAKARYA KELAS VII SMP/MTS

G. MATEMATIKA KELAS VII SMP/MTS

H. PPKN KELAS VII SMP/MTS

I. BAHASA INGGRIS KELAS VII SMP/MTS

Baca Juga: Modul Pembelajaran PJJ SMA MA Semester Ganjil Dan Genap Tahun 2020/2021

Demikian informasi tentang Kumpulan Modul PJJ SMP MTs Semester Ganjil (Gasal) dan Kumpulan Modul PJJ SMP MTs Semester Genap. Semoga ada manfaatnya. Selamat belajar semoga sukses.

Penulis @hakimlfc13

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "MODUL PEMBELAJARAN PJJ SMP MTS SEMESTER GANJIL DAN GENAP TAHUN 2020/2021"

Post a Comment

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel