Keluhan Guru: Honorer Kerja Setara dengan Guru PNS, tetapi Harga Beda - Cendekiapedia -->
Keluhan Guru: Honorer Kerja Setara dengan Guru PNS, tetapi Harga Beda

Keluhan Guru: Honorer Kerja Setara dengan Guru PNS, tetapi Harga Beda

cendekiapedia.blogspot.com - Memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh terhadap 25 November, Forum Guru di Jabar menyampaikan keluhan mengenai suasana terkini. Keluhan yang dimaksud terutama tentang kedaruratan guru berstatus Pegawai Negeri Sipil atau PNS. 

Masih ada di sejumlah sekolah yang jumlah guru berstatus PNS-nya minim.


"Beberapa sekolah di SD hanya satu orang guru PNS-nya dan terhitung sebagian SMP dan di SMA kurang lebih hanya 50 % guru PNS-nya, sisanya adalah honorer," kata Ketua Forum Guru Aksi Indonesia (FAGI) Jabar Iwan Hermawan lewat keterangannya, Rabu (25/11).

Iwan mencatat telah 20 tahun pemerintah melakukan moratorium. Kalaupun dilaksanakan pengangkatan guru berstatus PNS, maka jumlahnya sering kali terbatas. 

Di segi lain, marak guru yang dapat pensiun massal terhadap tahun 2022 mendatang agar nanti diperkirakan hanya lebih kurang 10 % guru berstatus PNS di Jabar.

"Guru angkatan diploma atau guru inpres yang era Orde Baru lebih kurang tahun 80-an serentak terasa tahun 2018, 2019, dan tahun 2022, itu dapat habis pensiun secara massal," ucap dia.

Maka dari itu, kata Iwan, pemerintah segera melakukan pengangkatan guru PNS ataupun CPNS terutama di sekolah negeri. 

Jika pun belum sanggup diangkat, maka sebaiknya diangkat sebagai guru PPPK atau diberikan sertifikasi. Iwan berharap agar upah guru honorer sesuai dengan upah regional atau kabupaten dan kota.

"Harapan kami ke depan segera pengangkatan guru PNS atau CPNS di sekolah negeri. Ya kalau tidak sanggup angkat sebagai guru PPPK. Kalau sebenarnya masih belum sanggup PPPK maka beri mereka sertifikasi dengan pemberian SK dari gubernur," tutur dia.

"Harapan kami layaknya ini lah dikarenakan guru honor PNS itu pekerjaannya sama beratnya dengan PNS, tetapi harganya berbeda, agar tahun sekarang guru honorer belum sejahtera. Itu tema yang mengidamkan diusung oleh FAGI Jabar terhadap tahun ini," pungkas dia.

Sumber kumparan
Edit @hakimlfc13

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "Keluhan Guru: Honorer Kerja Setara dengan Guru PNS, tetapi Harga Beda"

Post a Comment

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel