Jokowi: Guru Tak Fokus Kegiatan Belajar Mengajar, Lebih Banyak Urus Administrasi - Cendekiapedia -->
Jokowi: Guru Tak Fokus Kegiatan Belajar Mengajar, Lebih Banyak Urus Administrasi

Jokowi: Guru Tak Fokus Kegiatan Belajar Mengajar, Lebih Banyak Urus Administrasi

cendekiapedia.blogspot.com - Presiden Jokowi menilai pas ini guru tidak amat fokus didalam kesibukan belajar mengajar. Hal itu dikarenakan mereka lumayan disibukkan dengan kesibukan administrasi di sekolah.

Guru fokus mengajar

Penilaian ini didasarkan terhadap survei Program For International Student Assessment atau Program Penilaian Pelajar Internasional.

"Ini beberapa kali saya tekankan, tentang beban administrasi guru. Guru tidak fokus kesibukan belajar mengajar tetapi lebih banyak dipakai untuk hal-hal yang mengenai dengan administrasi. Ini tolong digarisbawahi," ujar Jokowi didalam ratas virtual tentang pendidikan, Jumat (3/4).

Selain itu, Jokowi terhitung menyoroti rendahnya Kedatangan siswa di sekolah. Menurut Jokowi kudu ada cara perbaikan untuk menangani dua kasus ini.

"Mengacu survei PISA kudu langkah-langkah perbaikan menyeluruh baik segi peraturan, regulasi, anggaran infrastruktur, manajemen sekolah, mutu guru dan beban administrasi guru," lanjut Jokowi.

Lebih lanjut, kembali merujuk terhadap hasil Survei PISA, Jokowi terhitung menyoroti terdapatnya penurunan kompetensi pelajar Indonesia di 3 bidang yaitu membaca, matematika, dan sains.

"Namun laporan yang saya terima skor biasanya PISA 2018 alami penurunan di 3 bidang kompetensi dengan penurunan paling besar di bidang membaca," ujarnya. 

CPNS 2021

"Kemampuan membaca siswa Indonesia dengan skor 371 di posisi 74, kekuatan Matematika skor 379 di posisi 73, kekuatan sains skor 396 posisi 71," lanjutnya.

Diketahui, Program PISA merupakan survei penilaian global yang diselenggarakan tiga-tahunan untuk menguji performa akademis anak-anak sekolah yang berusia 15 tahun di beraneka negara terhitung Indonesia. Indonesia telah mengikuti program ini dari tahun 2000.

"Indonesia telah ikut survei PISA sepanjang 7 putaran sejak tahun 2000-2018 dan menunjukkan proses pendidikan Indonesia beralih jadi lebih inklusif, terbuka, dan meluas aksesnya sepanjang 18 tahun terakhir," pungkasnya.

Sumber kumparan
Edit @hakimlfc13

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "Jokowi: Guru Tak Fokus Kegiatan Belajar Mengajar, Lebih Banyak Urus Administrasi"

Post a Comment

PERHATIAN

- Mohon untuk tidak berkomentar dengan bahasa yang kasar, menyebarkan spam dan berbau konten dewasa.
- Berkomentarlah sesuai pembahasan yang terkait konten saja.

- Kalau pun ada keluhan, semisal kesulitan mengunduh file yang ada, maka kamu bisa membaca dahulu step by step caranya.
- Kalau ada link mati/broken link, bisa segera melapor admin dengan kontak media sosial yang dicantumkan (wasap, twitter or fb).
- Semua file yang tersedia gratis tidak diperjual belikan oleh admin.

Semoga selalu bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel